Top 9 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

JNEWS – Anime adalah animasi buatan Jepang yang dalam perkembangannya telah menjadi budaya populer di masyarakat dunia, dan memiliki jumlah penggemar yang banyak. Ada berbagai genre animasi yang disukai oleh penggemar, salah satunya anime romance.

Tak hanya dipandang sebagai media hiburan, anime telah menjadi tontonan sehari-hari dan memiliki cerita yang sarat akan pesan moral. Umumnya serial anime adalah adaptasi dari komik. Namun, kini sudah banyak anime yang dibuat tanpa harus berdasarkan cerita dari komik.

Dari sekian banyak kategori cerita, anime romance yang paling diminati dan memiliki penggemar tersendiri. Hal ini disebabkan karena ceritanya yang tidak terlalu berbelit-belit, alur yang ringan, ada selipan humor hingga pelajaran tentang kehidupan.

Berikut ini rekomendasi anime romance terbaik sepanjang masa, yang bisa dijadikan bahan tontonan di akhir pekan.

Rekomendasi Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

10 Anime Keren yang Wajib Ditonton Setidaknya Sekali Seumur Hidup

1. Your Lie in April (2014)

Mengantongi rating IMDb 8,5, serial dengan judul berbahasa Jepang Shigatsu wa Kimi no Uso ini patut untuk dijadikan tontonan pecinta genre romance. Serial ini diadaptasi dari manga yang dibuat oleh Naoshi Arakawa, tayang selama 24 episode dengan durasi 23 menit. Alur ceritanya ringan dan ada selipan humor yang membuat anime ini tidak membosankan.

Serial ini mengisahkan seorang pianis bernama Kousei Arima yang mengalami trauma setelah kehilangan ibunya yang juga pelatih pianonya. Semuanya berubah ketika Kousei bertemu dengan seorang gadis berusia 14 tahun, Kaori Miyazono, seorang pemain biola. Kaori membantunya bangkit dan menemukan cinta. Mereka berdua pun sama-sama berjuang di dalam persaingan musik yang berat, sambil memahami perasaan satu sama lain.

Baca juga: 8 Platform Streaming Anime Terbaik untuk Penggemar di Tahun 2024

2. After The Rain (2018)

Serial anime romance dengan durasi 22 menit per episode ini memiliki judul bahasa Jepang Koi wa Ameagari no You ni. Serial ini diadaptasi dari manga yang berjudul sama dan ditulis oleh Jun Mayazuki.

After The Rain bercerita tentang Akira Tachibana, seorang siswi SMA yang pendiam dan mantan pelari trek. Akira tidak bisa berlomba lagi sejak mengalami cedera kaki yang parah. Ketika dia bekerja paruh waktu di Garden Cafe, Akira menaruh rasa suka pada sang manajer, Masami Kondou, yang berusia 45 tahun.

Masami seorang manajer yang sangat peduli dan tulus melayani setiap pelanggannya. Sering menghabiskan waktu bersama di restoran, keduanya pun menjadi semakin dekat.

3. Tsuki Ga Kirei (2017)

Anime romance ini tayang saat musim semi tahun 2017. Salah satu serial yang bukan adaptasi dari cerita manga ini memiliki jumlah episode sebanyak 12 dengan durasi penayangan 22 menit per episode.

Serial ini mengisahkan tentang Akane Mizuno dan Kotarou Azumi yang satu kelas di tahun terakhir mereka di SMP. Keduanya sama-sama pendiam, tetapi akhirnya mulai saling mengenal ketika terlibat di klub sastra. Bibit-bibit cinta pun mulai muncul di antara keduanya. Mereka menjadi terikat satu sama lain kendati banyak halangan yang merintangi hubungan tersebut.

4. Kaguya-sama: Love is War (2019)

Love is War tayang selama 4 musim. Jumlah episode per musim sebanyak 12 dengan durasi 25 menit per episode.

Anime ini menceritakan tentang kisah cinta antara Miyuki Shirogane dengan Kaguya Shinomiya yang tidak berjalan seperti cerita romantis pada umumnya. Mereka berdua adalah rival yang sama-sama enggan menyatakan rasa cintanya. Padahal, mereka berdua sama-sama saling suka.

Rasa suka yang mereka rasakan dipendam begitu saja, karena mereka berpikir akan tampak lemah apabila menyatakan perasaannya terlebih dulu.

5. Golden Time (2013)

Golden Time tayang di musim gugur tahun 2013 ini diadaptasi dari light novel Jepang dengan judul yang sama. Serial ini tayang sebanyak 24 episode dengan durasi per episode 24 menit.

Anime ini berkisah tentang Banri Tada, seorang mahasiswa baru di Universitas Chuo, yang amnesia pasca kecelakaan ketika SMA. Di universitas tersebut, Banri bertemu dengan teman baru bernama Mitsuo. Selama menjadi mahasiswa baru, banyak hal menarik yang terjadi. Namun, ketika Banri berusaha mengembalikan ingatannya, dia justru terlibat hubungan rumit penuh emosi bersama teman dekatnya, Kaga Kouko.

6. Tamako Love Story (2014)

Tamako Love Story bukanlah serial tapi film yang tayang pada tahun 2014 silam. Film dengan durasi 1 jam 23 menit ini mengisahkan cerita cinta dan kehidupan Tamako.

Tamako Kitashirakawa adalah seorang gadis manis yang bercita-cita untuk bisa tampil memukau di sebuah festival. Ketika Tamako telah mempersiapkan diri untuk bisa tampil, ternyata festival itu dibatalkan.

Karakter lain adalah Mochizou, seorang laki-laki yang telah lama memendam rasa suka pada Tamako. Sayangnya, karena Mochizou orangnya pemalu, rasa sukanya pun tidak pernah diungkapkannya.

Cerita ini memiliki alur ringan dan bikin penonton baper dengan interaksi manis antara Tamako dan Mochizou.

7. Toradora! (2008)

Toradora! adalah serial anime romance yang diangkat dari cerita light novel Jepang berjudul sama. Tayang pada musim gugur tahun 2008, serial ini memiliki 25 episode dengan durasi 23 menit per episode.

Anime ini bercerita tentang dua tokoh utama yaitu Taiga Aisaka dan Ryuji Yusaku. Diceritakan tokoh Ryuji memiliki wajah menakutkan tetapi jiwanya lembut, sedangkan Taiga, seorang gadis kecil tapi memiliki temperamen yang meledak-ledak. Keduanya akhirnya berbicara dan menemukan bahwa mereka naksir sahabat satu sama lain. Akhirnya, mereka berdua saling membantu untuk kehidupan cinta mereka.

8. Your Name (2016)

Your Name adalah film anime dengan judul bahasa Jepang yaitu Kimi no Nawa. Film ini berdurasi 1 jam 46 menit memiliki genre campuran romantis dan supranatural.

Awal film ini menampilkan dua cerita anak SMA dengan latar belakang berbeda. Lalu, pertemuan terjadi antara Mitsuha Miyamizu dengan Taki Tachibana. Mereka berdua tidak saling mengenal, tetapi secara ajaib, mereka bisa bertukar tubuh dan muncul benih cinta di antara keduanya. Penonton akan dibawa ke dalam sebuah petualangan yang bikin baper.

9. Violet Evergarden: Eternity and the Auto Memory Doll (2018)

Violet Evergarden diadaptasi dari light novel Jepang dengan judul yang sama. Tayang pada musim dingin tahun 2018, serial ini memiliki 13 episode.

Serial ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Violet yang dikenal sebagai mantan prajurit di medan perang. Selepas dari medan perang, Violet harus kehilangan kedua tangan dan diganti dengan tangan buatan.

Violet memulai hidup baru dengan bekerja di CH Postal Service. Kemudian, dia bekerja sebagai penulis surat bagi orang-orang yang tidak bisa menulis atau membaca. Memulai pekerjaan ini, Violet dibawa ke dalam sebuah petualangan yang akan membentuk kembali kehidupan para kliennya. Bagi diri Violet, dia pun berusaha untuk memahami dan mengatasi traumanya serta menemukan arti dari ‘cinta’ yang dulu tidak pernah dimilikinya.

Baca juga: 10 Anime Keren yang Wajib Ditonton Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Deretan anime romance di atas bisa ditonton di berbagai layanan streaming online seperti Netflix dan iQiyi. Selamat menonton!

Exit mobile version