Apa Itu Gatal Selangkangan? Ketahui Penyebabnya!

Gejala gatal selangkangan

Kamu paham kan bagaimana rasanya gatal di tubuh? Rasanya tuh memang menyebalkan. Kalau enggak digaruk gatal, tapi kalau terus-terusan digaruk bisa luka. Salah satu gatal yang paling mengganggu mungkin kamu semua sepakat adalah gatal selangkangan.

Bukan cuma bikin ganggu. Gatal selangkangan juga bisa bikin kita tidak percaya diri sampai malu. Seperti misalnya ketika kamu sedang berada di tempat umum dan tiba-tiba rasa gatal datang, kamu tentu malu kan mau menggaruknya?

Apa sih penyebabnya? Nah, oleh karena itu kami akan berikan informasi mengenai apa itu gatal selangkangan?  Bagaimana mengobatinya? Simak terus artikel di bawah ini!

Apa itu gatal selangkangan?

Sebelum membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi, ada baiknya kita mengenal dulu gatal selangkangan. Gatal selangkangan (jock itch) atau juga bisa disebut sebagai tinea cruris adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur (fungi) di bagian terluar kulit.

Infeksi ini biasanya terjadi di sekitar kelamin, paha bagian dalam, dan bokong. Hal ini karena biasanya daerah yang dimaksud rentan lembab dan hangat. Adapun orang-orang yang biasa terkena penyakit tersebut adalah orang-orang yang mudah berkeringat, seperti salah satunya atlet. Tak heran tinea cruris juga bisa disebut dengan nama lain gatal atlet.

Bukan cuma orang yang mudah berkeringat, penyakit ini juga biasanya menjangkit orang yang obesitas atau kelebihan berat badan atau bagi mereka yang memiliki kondisi kulit bernama eczema.

Baca Juga: Upaya Skincare Asal Bogor Hadapi Pandemi yang Berbuah Manis

Gejala Jock Itch

Gejalanya biasanya ditandai dengan dimulainya area kulit yang memerah yang menyebar dari lipatan di pangkal paha yang berbentuk setengah lingkaran menuju paha bagian atas. Pada tahap awal biasanya akan timbul rasa sedikit gatal, tapi kalau tidak segera ditangani dapat menimbulkan rasa gatal berlebih.

Berikut ini adalah beberapa gejala selangkangan gatal:

Nah, lalu bagaimana mengobati gatal selangkangan? Kalau rasa gatal tak kunjung sembuh, sebaiknya jangan dibiarkan. Pastikan kamu mengunjungi dokter untuk meminta obat. Biasanya dokter akan memberikan salep, bubuk, atau semprotan antijamur yang dapat dibeli di apotek. Penggunaan obat sendiri berlangsung selama kurang lebih satu sampai dua minggu, walaupun ruam-ruam karena gatal sudah hilang.

Baca Juga: Mengenal Bahaya Kolesterol Jahat, Waspada!

Lho, mengapa tidak langsung ke apotek? Perlu diperhatikan bahwa jangan sembarang memilih obat jock itch. Hal ini karena jenis obat harus disesuaikan dengan penyebab gatal yang kamu alami.

Misalnya, obat gatal selangkangan yang efektif untuk mengatasi infeksi jamur adalah miconazole, clotrimazole, oxiconazole, dan ketoconazole. Namun, bila obat ini tidak ampuh, kamu bisa menggunakan obat antijamur yang diminum sesuai resep dokter.

Exit mobile version