Beberapa Alternatif WhatsApp Buat yang Mau ‘Hijrah’

alternatif WhatsApp

Di awal Januari 2021 lalu, WhatsApp tiba-tiba mengirimkan sebuah pesan pop-up kepada pengguna berisikan ketentuan dan kebijakan privasi terbarunya. Sontak kebijakan terbaru yang dikeluarkan WhatsApp tersebut bikin semua pengguna WhatsApp meradang dan tak sedikit di antara pengguna tersebut yang mencari alternatif WhatsApp.

Dalam notifikasi tersebut, setidaknya ada tiga poin utama terkait kebijakan privasi tersebut, di mana kebijakan tersebut berfokus pada pengguna dengan akun bisnis. Ketiga poin terbaru ini berpengaruh terhadap bagaimana WhatsApp memproses data pengguna, bagaimana bisnis menggunakan layanan yang dihosting Facebook untuk menyimpan dan mengelola isi percakapan, serta bagaimana WhatsApp akan bermitra dengan Facebook untuk menawarkan integrasi yang lebih dalam di produk-produk mereka.

Kebijakan ini awalnya akan diterapkan pada 8 Februari 2021, di mana apabila pengguna setuju dengan kebijakan tersebut, maka bisa melanjutkan menggunakan aplikasi. Namun, apabila tidak setuju maka pengguna bisa menghapus akun mereka.

Akan tetapi, dengan serangkaian protes yang muncul akibat kebijakan tersebut, aplikasi pesan instan yang identik dengan warna hijau itu pun menunda kebijakan tersebut hingga 15 Mei 2021. Nah, kalau kamu memang keberatan dengan kebijakan tersebut, berikut ada beberapa alternatif pengganti WhatsApp yang bisa kamu pakai!

Baca Juga: Mengenal AirDrop, Fitur Apple yang Dipakai Gisel Berkirim Video

1. Signal

Sejatinya aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2014, namun mendadak ramai kala kebijakan privasi WhatsApp terbaru itu muncul. Signal bisa dibilang menjadi salah satu tempat ‘hijrah’ buat kamu yang ingin mencari pengganti WhatsApp. Signal mengklaim bahwa mereka tidak mengumpulkan data penggunanya. Semua pesan sampai stiker pun dienskripsi dengan aman. Sejumlah tokoh, seperti Elon Musk pun merekomendasikan Signal lho.

2. Telegram

Alternatif WhatsApp yang berikutnya tentu saja tak lain kalau bukan Telegram. Sebagian dari kamu di sini pasti sudah mengetahui apa itu Telegram, bukan? Popularitas Telegram bahkan sudah meningkat sebelum adanya kontroversi kebijakan WhatsApp. Sang pemilik, yakni Pavel Durov bahkan pernah berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Menteri Kominfo kala itu, yaitu Rudiantara. Salah satu keunggulan Telegram adalah fitur chat rahasia, di mana pesan terenkripsi secara baik dan tidak meninggalkan jejal, serta akan otomatis terhapus dalam periode yang ditentukan. Telegram juga menyediakan penyimpanan awan (cloud storage) yang tanpa batas.

3. LINE

Buat kamu yang suka dengan stiker-stiker lucu, kamu bisa nih menggunakan LINE. Bahkan, fitur stiker di LINE sudah ada lebih dulu lho dibanding di WhatsApp. Penggunaan aplikasi LINE memang sudah ada sejak dulu. Selain stiker-stiker lucu, LINE juga menyediakan berbagai macam fitur, seperti LINE Jobs, LINE Shop, berkirim broadcast, hingga menambah pertemanan lewat LINE People Nearby. Tidak sedikit juga pemilik online shop yang membuat akun official di LINE untuk berkomunikasi dengan pelanggannya.

Baca Juga: Benarkah Kebijakan Baru WhatsApp Berbumbu Ancaman Akun Dimatikan ?

4. Skype

Buat kamu yang hobi melakukan video call, Skype menjadi alternatif WhatsApp yang menarik. Ya, sebelum Zoom terkenal, Skype sering dijadikan sebagai platform untuk video conference. Namun, di luar fungsinya sebagai penyedia platform video conference, Skype juga mumpuni untuk dipakai berkirim pesan. Ada banyak fitur yang ditawarkan, mulai dari penggunaannya yang mudah, dukungan perekam panggilan, giphy (GIF), dan lainnya. Jadi, kalau kamu aktif menggunakan video call, mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Skype.

5. Viber

Tidak semua pengguna smartphone di Indonesia mengenal aplikasi yang satu ini. Meski demikian, alternatif WhatsApp ini memiliki beberapa fitur yang sama persis dengan WhatsApp, di antaranya fitur unsend pesan, panggilan suara, panggilan video, dan tentu saja semua pesan yang terkirim terenkripsi dengan baik secara end-to-end. Jadi, kamu tidak perlu khawatir percakapan kamu disadap atau diambil datanya.

Baca Juga: Cara Membuat Google Form Tanpa Ribet Terbaru

Exit mobile version