5 Aplikasi Bulan Puasa untuk Menunjang Ibadah

JNEWS – Bulan puasa tinggal menghitung hari. Di bulan suci penuh berkah ini, umat muslim akan menjalankan puasa sebulan penuh. Menyambut Ramadan, ada sejumlah aktivitas yang kerap dilakukan untuk menambah amalan seperti salat tarawih, membaca Alquran, zikir, berdoa, sedekah dan lain-lain.

Untuk menunjang semua aktivitas tersebut, ada sejumlah aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Kehadiran aplikasi tersebut sangat membantu mobilitas umat muslim untuk beribadah. Contohnya jadwal imsakiyah, aplikasi ini akan menampilkan waktu salat serta imsakiyah sehingga umat muslim tidak akan telat untuk beribadah dan sahur.

Agar bisa menjalankan ibadah bulan puasa lebih baik lagi, berikut ini rekomendasi aplikasi untuk menunjang ibadah yang bisa dipilih menyesuaikan kebutuhan.

5 Aplikasi Bulan Puasa untuk Ibadah Lebih Maksimal

5 Aplikasi Bulan Puasa untuk Menunjang Ibadah

1. Muslim Pro

Muslim Pro adalah aplikasi besutan Bitsmedia Pte Ltd yang dirilis pada tahun 2010. Aplikasi bisa diunduh baik di smartphone Android dan iOS. Hingga saat ini sudah ada 100 juta lebih unduhan dari seluruh dunia. Untuk memudahkan penggunaan aplikasi ini, tersedia lebih dari 21 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Aplikasi bulan puasa ini termasuk super lengkap dengan beragam fitur yang memudahkan umat muslim beribadah mulai dari notifikasi imsak dan buka puasa, azan, Alquran digital, audio bacaan Alquran oleh salah satu imam besar yakni Sheikh Bandar Baleela, waktu salat dari berbagai waktu di seluruh dunia, pendeteksi arah kiblat, kalkulator zakat, digital tasbih, artikel edukasi, panduan umrah & haji, pencari halal food, pencari masjid hingga Makkah live.

Menariknya di Ramadan 2024 ada tiga fitur yang dirilis yaitu membaca dan menghafal Alquran, Ask AiDeen yang merupakan Islamic AI Bot, dan Ramandan specials on Qalbox.

Baca juga: 5 Doa Buka Puasa Ramadhan yang Bisa Kamu Pilih untuk Dibaca

2. Qara’a Belajar Ngaji Quran

Qara’a Belajar Ngaji Quran adalah aplikasi besutan anak bangsa yakni PT Kreasi Putra Hotama. Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS, tapi untuk pengguna ada premium subscription per bulannya $3.99, $16.49 per 6 bulan dan $19.99 per tahun. Harga tersebut relatif murah untuk bisa mengakses seluruh fiturnya.

Bisa dikatakan aplikasi ini termasuk lengkap untuk umat muslim yang ingin belajar Alquran dengan menggunakan teknologi artificial intelligence. Jadi, pengguna bisa belajar kapan pun dan di mana pun.

Beberapa fitur unggulan dari Qara’a seperti mushaf Alquran yang telah ditashih oleh lajnah Kementerian Agama RI, Alquran per ayat yang memudahkan untuk tafsir dan muhasabah, tajwid berwarna di setiap ayat, mencari ayat atau surah cukup mudah dengan nomor surah, menandai posisi terakhir membaca Alquran, menandai lebih dari 5 ayat, berbagi ayat-ayat Alquran dengan desain yang estetik, mencari hadis dari kitab yang sahih, sunan dan musnad, cari hadis berdasarkan topik.

3. Dhikr & Dua – Life with Allah

Aplikasi Dhikr & Dua – Life with Allah bisa diunduh baik di smartphone Android dan iOS secara gratis. Hingga saat ini aplikasi Dhikr & Dua – Life with Allah telah diunduh lebih dari 500.000 pengguna dari seluruh dunia. Ratingnya pun sangat baik untuk Android dan iOS yakni 4.9.

Fitur di aplikasi ini menampilkan koleksi lebih dari 500+ doa dan zikir, terjemahan untuk doa serta zikir juga penjelasannya, audio untuk memudahkan pelafalan bahasa Arab, ada lebih dari 100 artikel tentang zikir-doa-Alquran yang bisa dibaca, apabila merasa cemas atau emosi bisa melafalkan doa untuk meredakannya, pengingat harian, membagikan doa atau zikir dalam bentuk teks maupun gambar, memiliki penghitung khusus serta kustomisasi kecepatan audio.

Selain fitur yang lengkap, navigasi aplikasi ini sangat mudah. Cukup geser ke kiri dan ke kanan untuk menuju zikir dan doa berikutnya atau sebelumnya. Tak hanya itu saja, selain bebas biaya, aplikasi ini juga bebas iklan.

4. Panduan Sholat Tarawih

Panduan Sholat Tarawih adalah aplikasi besutan Limang Milyar Apps yang telah diunduh lebih dari 100 pengguna serta ratingnya 4,6. Sayangnya aplikasi yang dirilis pada tahun 2023 hanya bisa diunduh di Android saja.

Beberapa fitur yang ada di aplikasi ini yaitu:

5. Pillars: Prayer Times & Qibla

Pillars: Prayer Times & Qibla dirilis pada tahun 2021 oleh developer The Pillars Group Ltd. Sudah ada 100.000 lebih unduhan dari seluruh dunia dan bisa diakses melalui Android maupun iOS.

Aplikasi bulan puasa ini bertujuan agar umat muslim di seluruh dunia bisa melaksanakan salat 5 waktu dan fokus pada privasi. Mengunduh aplikasi ini tidak dikenakan biaya dan bebas iklan juga.

Fitur yang bisa digunakan di aplikasi ini antara lain:

Baca juga: Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Tubuh

Bulan puasa adalah waktu untuk mendapatkan banyak berkah dari Allah Swt. Manfaatkan waktu sebulan ini untuk meningkatkan ibadah dengan dibantu sejumlah aplikasi di atas.

Exit mobile version