Rekomendasi Aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik

rekomendasi kalkulator zakat untuk lebaran Idulfitri 1442 Hijriah zakat fitrah

Jelang lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, semua umat muslim di seluruh dunia pastinya sedang mempersiapkan pembayaran zakat fitrah. Sebelumnya kami sudah membahas cara bayar zakat fitrah online, baik melalui aplikasi maupun website. Nah, kali ini akan kami ajak kamu untuk mengetahui cara menghitung zakat fitrah dan zakat lainnya menggunakan kalkulator zakat.

Zakat fitrah wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan, besar maupun kecil, tua maupun muda. Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan jika telah mencapai nisabnya.

“Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim).

Menurut hukum di dalam agama Islam, umat muslim dapat membayarkan zakat fitrah dengan dua cara, yakni menggunakan makanan pokoko, seperti beras dan gandum atau uang seharga bahan pokok tersebut.

Selain zakat fitrah, ada juga zakat lainnya, seperti zakat maal, profesi, dan penghasilan. Berikut aplikasi kalkulator zakat yang bisa memudahkan kamu dalam menunaikan kewajiban umat muslim.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Smartphone Xiaomi untuk Lebaran

1. KitaBisa

Berawal dari situs penggalangan dana, KitaBisa juga kini merambah ke aplikasi. Di dalam aplikasi tersebut, selain diperuntukkan membantu masyarakat yang membutuhkan, juga ada fitur Kalkulator Zakat yang telah diperbarui sejak April 2021. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk menghitung segala jenis zakat.

2. Kalkulator Zakat Terbaik

Aplikasi yang satu ini termasuk cukup baru. Namun, di Google Play Store, aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik sudah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna Android. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah tampilan antarmukanya yang mudah untuk dipakai. Di dalamnya ada fitur penghitung zakat yang lengkap, mulai penghasilan, tabungan, perdagangan, dan emas. Tak ketinggalan terdapat fitur kajian zakat yang dikhususkan untuk membahas segala sesuatu terkait zakat.

3. Zakatpedia

Zakatpedia merupakan aplikasi pembayaran untuk penggalangan dana, infaq, sedekah, dan zakat secara online yang diurus langsung oleh LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia. Di dalam aplikasi ini banyak pilihan pembayaran zakat, seperti zakat emas, zakat aset, zakat hadiah, zakat pendapatan, zakat perternakan, tabungan zakat, sampai fidyah, infaq dan sedekah. Kamu juga bisa mencari informasi mengenai hukum, ketentuan, dan cara perhitungan.

Baca Juga: Tips Cerdas Beli HP Baru Pakai THR

4. ZakatPal

Butuh aplikasi yang punya tampilan mudah? Kalau begitu, cobain aplikasi ZakatPal. Di dalamnya terdapat kalkulator zakat emas, zakat perak, zakat perniagaan, zakat hasil bumi, zakat hewan ternak, sampai barang temuan (rikaz).

5. Aplikasi Zakat (IsiZakat)

IsiZakat menyediakan tiga fitur unggulan, di antaranya Zakat Fitrah, Zakat Maal, dan Info Zakat. Pada fitur Zakat Fitrah, pengguna disuguhkan perhitungan Zakat seperti Harga Beras Saat Ini, Zakat Fitrah Per Jiwa, Total Jiwa Yang Membayar Zakat, dan tombol Lihat Zakat Anda.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Bayar Zakat Fitrah Online

Exit mobile version