Apa Itu Dress Code, dan Apa Saja Jenisnya?

Dress code akan membantu seseorang dalam memahami aturan berpakaian yang akan digunakan dalam situasi apa pun dan bisa meningkatkan kepercayaan diri. Arti dress code adalah tata cara berpakaian yang ditentukan dalam sebuah undangan baik formal maupun non formal.

Sayangnya masih banyak orang yang bingung ketika menerima undangan yang mempunyai aturan dalam menentukan dress code. Seringnya yang menjadi masalah adalah tidak tahu seperti apa busana akan dipakai dan mengartikan aturan dress code itu sendiri.

Agar lebih memahami apa arti dress code untuk menghindari kesalahan saat datang ke suatu acara, berikut ini ulasannya yang bisa dijadikan panduan.

Arti Dress Code

Arti dress code adalah aturan berpakaian yang harus ditaati ketika menghadiri undangan. Tujuan dari aturan dress code ini agar tamu undangan menyesuaikan busana yang akan dikenakan dengan tema acara.

Jadi secara ringkas, aturan dari dress code ini penting diikuti untuk menghindari salah kostum dan bisa meningkatkan rasa percaya diri dari tamu undangan saat berada di keramaian.

Apa sih pentingnya memahami dress code?

Poin-poin di atas menunjukkan bahwa ketika menerima undangan dengan ketentuan dress code bukan berarti membatasi tapi untuk membuat acara lebih menarik dan terkesan intimate. Aturan dress code juga tidak mesti membuat tamu undangan membeli pakaian baru. Tamu undangan bisa memadupadankan pakaian yang ada di lemari disesuaikan dengan tema acara.

Baca juga: 5 Tips Menghadiri Pesta Pernikahan Kala Pandemi

Jenis-Jenis Dress Code

Ada jenis-jenis dress code yang sering digunakan dalam tiap acara baik formal dan informal. Berikut ini penjelasan tiap jenis dan arti dress code masing-masing supaya jika nanti mendapatkan undangan dengan salah satunya, tamu tidak bingung lagi mau memakai busana apa.

1.    Black tie optional

Jenis  dan arti dress code black tie optional ini memberikan pilihan bagi kaum pria untuk bisa tampil santai dengan mengenakan tuksedo atau setelan yang berwarna gelap. Sedangkan untuk perempuan, apabila mendapat undangan dengan dress code black tie optional bisa menggunakan gaun malam.

Sebagai tip untuk jenis dress code ini, pria disarankan untuk menggunakan setelan jas lengkap berwarna gelap yang dikombinasikan dengan dasi. Tidak ada aturan khusus mau pakai dasi kupu-kupu atau dasi panjang.

2.    Black tie

Selain black tie optional, ada juga jenis dress code black tie. Undangan yang menuliskan dress code jenis ini berarti tamu undangan pria diminta untuk menggunakan setelan tuksedo, kemeja putih dipadukan dengan celana hitam dan dilengkapi dasi kupu-kupu berwarna senada.

Untuk tamu undangan perempuan bisa menggunakan setelan gaun malam dengan bahan dari satin velvet, sifon hingga sutra dengan panjang yang bervariasi dari bawah lutut sampai batas mata kaki.

3.    White tie

Umumnya dress code white tie ini diperuntukkan bagi pesta di kalangan bangsawan maupun pertunjukan opera. Arti dress code dengan jenis ini tamu undangan diundang ke acara dengan konsep ultra formal.

Jika mendapatkan undangan dengan jenis dress code ini, pria sebaiknya menggunakan setelan jas pria yang lengkap dengan kemeja, rompi dan dasi putih. Sedangkan untuk perempuan, sebaiknya menggunakan gaun malam panjang atau gaun dengan model rok lebar ala putri bangsawan yang menjuntai ke lantai.

4.    Creative black tie

Apabila jenis dress code ini tercantum dalam undangan, ini berarti yang mengundang mengajak tamu undangan agar bebas berkreasi dengan ragam busana yang dimiliki. Sedikit tip agar bisa tampil memukau dengan dress code ini, gunakan busana yang menurut kamu layak dikenakan di acara tersebut tapi tetap sopan.

5.    Dress code formal

Jenis dress code ini kurang lebih mirip dengan black tie. Umumnya digunakan dalam acara resmi.

Untuk gaya western, dress code ini terbagi dua yaitu siang dan malam. Pakaian malam bagi pria sebaiknya menggunakan tuksedo hitam, rompi putih, dasi kupu-kupu dan kemeja putih. Untuk siang hari, kurang lebih sama dengan malam hanya warna dasi saja menjadi pembeda yaitu hitam. Sedangkan perempuan busana siang dan malam tetap sama, bisa mengenakan gaun atau dress.

Bagaimana dengan gaya Indonesia?

Dress code formal biasanya yang digunakan adalah pakaian nasional. Bagi laki-laki umumnya mengenakan kemeja batik lengan panjang, sedangkan perempuan mengenakan kebaya atau baju muslim lengkap.

6.    Cocktail attire

Arti dress code ini adalah busana yang diatur untuk acara pesta dengan konsep semi formal. Di acara ini, tamu undangan bisa menggunakan berbagai busana trendi tapi tanpa terlihat kasual.

Untuk pria bisa menggunakan setelan blazer atau jas berwarna gelap. Sedangkan perempuan sebaiknya mengenakan gaun mini dengan panjang selutut atau sedikit ke bawah.

7.    Casual

Jenis dress code satu ini adalah yang difavoritkan oleh banyak orang karena tidak mesti menggunakan jas atau gaun. Jika ingin hadir di acara dengan konsep dress code casual, tamu undangan bebas mengenakan busana apa saja selama nyaman dan sopan.

Beberapa contoh busana casual yaitu sweater, kaus, hoodie jumper atau celana training model flare maupun boot cut.

8.    Business formal

Dress code business formal digunakan di acara semi formal pada siang hari baik itu di makan siang maupun konferensi. Sebagai referensi, pria bisa menggunakan celana chino panjang dengan kemeja berkerah. Sedangkan untuk perempuan bisa menggunakan blazer yang dipadukan dengan celana atau rok pensi beserta blus.

9.    Semi formal

Cara berpakaian untuk menghadiri acara dengan dress code semi formal ini lebih ke kesan kasual daripada formal, tapi menampilkan kesan sopan, rapi dan glamor perlu ada. Umumnya dress code ini untuk pesta atau acara bisnis.

Referensi busana untuk pria di dress code semi formal adalah jas pria berwarna gelap dan perempuan mengenakan gaun dengan warna gelap juga. Tidak ada perbedaan besar antara dress code formal dan semi formal ini.

Baca juga: 9 Model Baju Batik Wanita untuk Segala Suasana

Bagaimana? Sekarang sudah tahu ya, apa arti dress code beserta jenis-jenisnya. Jadi, tidak ada halangan lagi menghindari untuk menghadiri acara yang mencantumkan dress code di undangannya.

Exit mobile version