Arti Kata Spill di Media Sosial, Bahasa Gaul Saat Ini

arti kata spill di dalam bahasa gaul

Buat kamu yang sering main media sosial, pasti sudah tidak asing dengan kata ‘spill’ dengan contoh kalimat: ‘Spill dong sepatunya‘. Lantas apa sih arti kata spill itu sendiri?

Spill sendiri merupakan kata dalam bahasa Inggris yang apabila diterjemahkan secara harfiah memiliki arti tumpah atau tumpahan. Namun, spill dalam bahasa gaul yang sering dipakai oleh netizen di media sosial saat ini memiliki arti yang lain.

Spill artinya mengacu pada tindakan untuk memberitahukan, membocorkan, atau menunjukkan. Seperti yang dicontohkan pada kalimat sebelumnya, maka diambil kesimpulan bahwa seseorang ingin diberitahukan sepatu yang dipakai di dalam postingan tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Berhemat di Jakarta dengan Gaji Pas-Pasan

Atau kamu juga bisa nih menggunakan kata spill untuk kalimat lain. Namun, sekali lagi, konteksnya ingin agar kamu mengetahui hal yang ingin kamu tahu. Contohnya:

Spill harga bajunya dong (ketika kamu ingin tahu harga sebuah baju

Spill akun Instagram-nya dong (ketika kamu ingin tahu apa akun Instagram seseorang)

Bisa juga lho kalimat ini dipakai untuk beberapa pernyataan, semisal:

Dokter Kecantikan Ini Spill Tips Perawatan Wajah yang Ampuh

Selebgram Ternama Spill Dress yang Cocok untuk Idul Fitri

Asal Istilah Spill

Sampai sini sudah paham kan apa arti kata spill itu sendiri? Lalu asal-usul kata spill itu dari mana sih?

Seperti dikutip dari berbagai sumber, spill bahasa gaul berasal dari idiom atau ungkapan modern ‘Spill the Tea’. Spill the Tea sendiri merupakan pernyataan yang dipakai untuk memberitahukan seseorang untuk mengatakan yang sebenarnya. Istilah ini berasal dari buku Midnight the Garden of Good and Evil oleh John Berendt yang diterbitkan pada 1994 silam.

Di dalam buku tersebut, salah seorang tokoh bernama lady Chablis sering menggunakan istilah tersebut untuk meminta orang lain mengungkap hal yang sebenarnya. Tea sendiri bukan berarti teh, melainkan hurut ‘T’ yang dimaksud Truth atau kebenaran.

Baca Juga: 5 Tempat Nongkrong di Bandung Instagramable dan Hits

Dari sinilah, frase itu pun kemudian berkembang dan dipakai untuk bahasa gaul di media sosial yang kita kenal saat ini. Namun, alih-alih dipakai untuk mengungkap kebenaran, spill sering dipakai untuk mengajak orang lain untuk bergosip.

Jadi, saat kata spill the tea dipakai, kamu berusaha untuk membongkar aib seseorang. Walaupun memang selain dipakai untuk bergosip, kebutuhan kata spill sendiri juga bisa untuk kepo akan benda atau produk yang dipakai seseorang.

Exit mobile version