Arti 10 Mimpi Paling Umum dan Apa yang Dikatakannya tentang Kehidupan

JNEWS – Arti mimpi bagi masyarakat umum bermacam-macam, antara lain bunga tidur, kangen seseorang, terlalu ingin sesuatu, terlalu takut sesuatu, akan terjadi peristiwa sebaliknya, pertanda buruk, firasat, dan sebagainya. Namun secara ilmiah, mimpi dipelajari dalam oneirologi. Oneirologi merupakan cabang ilmu psikologi yang mempelajari hubungan antara mimpi dan fungsi otak.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mimpi adalah sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur. Mimpi juga diartikan sebagai angan-angan. Dikutip dari Wikipedia, arti mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra dalam tidur.

10 Mimpi Paling Umum dan Artinya

Arti 10 Mimpi Paling Umum dan Apa yang Dikatakannya tentang Kehidupan

Mimpi itu personal karena tidak bisa dibagi ketika sedang mengalaminya. Namun ada beberapa mimpi yang sering dialami banyak orang sehingga selalu menjadi pembicaraan hangat. Mimpi dapat diartikan dari beberapa sudut pandang ilmu. Namun kebenaran terhadap sesuatu yang belum terjadi merupakan hak prerogatif Tuhan.

Berikut adalah beberapa arti mimpi yang paling umum, yang bisa dialami oleh banyak orang.

1. Mimpi Kiamat

Kiamat adalah mimpi yang paling mengerikan bagi manusia. Nonton film Siksa Kubur saja sudah menakutkan, apalagi seolah-olah berada dalam peristiwa itu.

Ditinjau dari sudut pandang agama, kiamat merupakan pengingat bahwa manusia itu tidak berdaya dan hanya hidup sementara. Selama masih hidup, manusia memiliki kesempatan untuk bertobat agar bisa menghadapi kematian dengan tenang.

Ditinjau dari ilmu psikologi, mimpi kiamat dapat merupakan perwujudan ketakutan yang berlebihan. Misalnya, sudah tahu takut film horor malah nonton film Siksa Kubur. Akhirnya tidak bisa tidur. Ketika bisa tidur, malah bermimpi kiamat.

Sedangkan menurut primbon Jawa, mimpi kiamat artinya ada keinginan bawah sadar untuk melakukan perubahan total dalam hidup.

Baca juga: Pengaruh Gadget pada Kualitas Tidur: Kenapa Susah Tidur Malam?

2. Mimpi Bertemu Seseorang

Bertemu seseorang dalam mimpi bisa berarti banyak hal. Jika bertemu orangtua atau saudara yang sudah meninggal, umumnya karena sangat kangen. Jika mimpi suami, bisa jadi memiliki 2 arti, yaitu firasat akan terjadi gonjang ganjing pernikahan atau kangen ingin memperbaiki hubungan yang sedang datar-datar saja. Jika mimpi bertemu anak yang sedang merantau, bisa jadi dia sedang ada masalah atau sedang sakit.

Jika mimpi bertemu mantan, itu bisa jadi masih mengharapkannya di bawah sadar sehingga harus cepat-cepat diselesaikan. Jika mimpi teman atau kenalan yang lama tidak bertemu, kemungkinan dia sedang sakit atau memikirkan si pemilik mimpi.

3. Mimpi Jalan Kaki

Kadang ketika bangun tidur ada perasaan sangat sedih sebagai akibat mimpi jalan kaki sendirian. Biasanya itu berasal dari perasaan kesepian sehingga harus menambah waktu untuk menghibur diri atau bertemu dengan orang-orang terdekat.

Kadang ketika bangun tidur merasa sangat capek karena habis mimpi jalan kaki jarak jauh atau mendaki gunung. Arti mimpi ini dapat dipengaruhi oleh banyaknya tenggat waktu pekerjaan dan kurang istirahat.

4. Mimpi Hamil

Hamil dalam agama dipandang sebagai hal yang baik. Maka arti mimpi hamil bisa jadi pertanda baik, antara lain dapat rezeki, pekerjaan atau jodoh. Namun ada pula yang artinya benar-benar tentang bayi. Misalnya, pasangan yang belum punya keturunan setelah menikah lama bermimpi hamil karena sudah sangat ingin punya anak.

5. Mimpi Perang

Ada yang pernah mimpi perang melawan kompeni atau ikut Perang Dunia II? Ternyata hal itu juga bisa terjadi pada beberapa orang.

Arti mimpi perang menandakan jiwa yang tidak tenang atau banyak pikiran. Di dalam diri orang yang bermimpi tersebut sedang terjadi pertentangan antara pikiran dan perasaan. Hasilnya tentu saja lelah jiwa raga ketika bangun.

Usahakan untuk menenangkan diri dulu atau melakukan kegiatan fisik. Setelah energi terkuras dan mandi, bisa dicoba untuk tidur lagi dengan nyenyak.

6. Mimpi Menikah

Menikah itu sesuatu yang baik sehingga berkaitan dengan keinginan mulia orang yang bermimpi tersebut. Arti mimpi menikah juga dipengaruhi oleh cinta yang mendalam pada seseorang. Jika memang sudah ada calon atau pandangan, segera saja lamaran dan menikah.

Sayangnya dalam kepercayaan suatu suku, jika yang menikah dalam mimpi tersebut bukan diri sendiri melainkan orang lain, itu bisa merupakan pertanda buruk bagi orang yang dimimpikan tersebut. Karena itu jika punya salah atau hubungan tidak baik dengan orang tersebut, segeralah minta maaf mumpung masih ada waktu.

7. Mimpi Gendong Bayi

Tiap bayi yang lahir membawa rezeki. Maka jika mimpi menggendong bayi, itu pertanda akan mendapat rezeki yang besar pula. Namun melahirkan bayi itu butuh pengorbanan jiwa dan raga. Jadi jika ingin rezeki tersebut benar-benar terwujud, maka harus mau bekerja keras. Arti mimpi seperti ini dapat menjadi penambah semangat dan motivasi untuk berjuang karena hasilnya akan sangat indah.

8. Mimpi Dikejar Orang Gila

Umumnya ini merupakan representasi rasa takut, tetapi bukan takut hantu. Takut dalam mimpi dikejar orang gila bisa saja takut pada seseorang atau takut pada suatu keadaan di dalam hidup.

Ketakutan tersebut sangat mencekam sehingga menguasai pikiran. Sebaiknya, keluarkan saja apa yang dirasakan atau dipikirkan pada keluarga atau orang yang benar-benar dapat dipercaya. Meski orang tersebut tidak bisa memberi solusi, tetapi setidaknya ketakutan berkurang. Jika sudah ada tempat untuk mengadu, solusi bisa pelan-pelan dicari sendiri atau minta tolong pada orang yang lebih tepat.

9. Mimpi Pindah Rumah

Mimpi pindah memiliki dua arti mimpi, yaitu pertanda optimis atau harapan dan pertanda pesimis.

Orang yang bermimpi pindah ke rumah bagus memiliki optimisme tinggi terhadap usahanya. Dia bahkan sudah memiliki proyeksi kesuksesan. Sedangkan orang yang bermimpi pindah ke rumah jelek merasa tidak yakin terhadap apa yang dilakukannya dan takut gagal.

10. Mimpi Ular

Banyak yang percaya bahwa mimpi ular itu tandanya jodoh sudah dekat, sebentar lagi lamaran. Bisa jadi hal itu benar karena jodoh adalah rezeki yang paling diidamkan oleh semua orang lajang. Sedangkan menurut agama dan primbon, ular itu pertanda rezeki. Wujud rezeki bisa bermacam-macam, termasuk jodoh.

Baca juga: Ramuan Anti Stres Alami Bantu Rileks untuk Sehari-hari

Masyarakat Indonesia sering mengaitkan arti mimpi dengan kehidupan sehari-hari. Faktanya, mimpi memang ada ilmunya dan dibahas di beberapa bidang. Namun, kehidupan nyata harus diletakkan di atas mimpi. Mimpi dapat dijadikan pengingat untuk lebih berhati-hati  dalam meniti hidup.

Exit mobile version