Asinan Bogor dan Tempat-Tempat Terbaik untuk Menikmati Hidangan Ini di Bogor

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner ikonik khas Kota Hujan, asinan Bogor? Rasanya yang segar, asam, asin dan pedas membuat kuliner ini digemari oleh masyarakat Indonesia.

Tidak sulit menemukan warung yang menjual asinan Bogor di kota ini. Di setiap sudut kota pasti menjualnya mulai dari pedagang kaki lima hingga warung. Beberapa di antaranya telah dikelola secara turun temurun dan menyediakan pilihan paket yang sudah disegel rapi agar bisa dibawa pulang oleh para wisatawan.

Mengenal Asinan Bogor, Street Food Ikonik Kota Bogor

Jika dilihat dari bahan utama, asinan Bogor bisa dikategorikan menjadi tiga varian yaitu asinan sayur, asinan buah dan asinan perpaduan sayur-buah. Umumnya buah yang sering digunakan menjadi bahan asinan adalah bengkuang, nanas, jambu, salak, dan mangga. Sedangkan untuk sayur, paling banyak menggunakan kol, mentimun, dan taoge.

Awal mula munculnya kuliner ini diperkirakan pada abad ke-17 atau 18. Semua bermula dari makanan yang dibawa oleh pedagang etnis Tionghoa yang berjualan di daerah Bogor. Di awal, makanan ini dikenal dengan nama rujak Bogor dengan isian campuran buah dan sayur serta bumbu kacang. Tapi seiring berjalannya waktu, asinan ini mulai beradaptasi dengan lidah masyarakat lokal. Yang dulunya bumbu kacang, menjadi kuah segar.

Konon nama asinan ini diambil dari proses yang digunakan untuk menghasilkan kuliner ini. Yaitu dengan cara mengasinkan atau mengendapkan kuah yang telah dicampur garam, cuka ke dalam sayuran dan buah.

Prosesnya terbilang gampang. Dimulai dengan cara merebus cabai sebagai bahan untuk kuah asinan, kemudian dihaluskan lalu dicampur dengan ebi (udang kering), cuka, garam dan gula pasir yang disesuaikan dengan selera.

Campuran tersebut ditambahkan dengan air, sehingga menghasilkan kuah yang segar dengan perpaduan rasa asam, asin, manis dan pedas. Setelah kuahnya jadi, cara terakhir adalah menuangkannya ke dalam buah dan sayuran, diaduk kemudian didiamkan beberapa menit agar meresap.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Bogor yang Bisa Dikunjungi dengan Bujet Terbatas

5 Warung Asinan Bogor yang Terkenal di Bogor

Berlibur ke Kota Bogor, tentunya wajib mencicipi kudapan ini. Berikut ini rekomendasi beberapa warung asinan Bogor yang populer dan legendaris. Bahkan menjadi favorit wisatawan lokal dan mancanegara. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Asinan Bogor Street Food

1. Asinan Jagung Bakar Bpk. Sabur

Asinan yang dijual oleh Bapak Sabur ini membuktikan bahwa tidak perlu warung mewah untuk menjual kudapan ini, tapi soal kualitas rasa. Bermodalkan gerobak dan telah berjualan puluhan tahun, asinan jagung khas Bapak Sabur ini selalu laris manis.

Kepemilikan jualan ini telah berlangsung turun temurun, tetapi cita rasa dan kesegarannya tetap dipertahankan. Inilah yang menjadi kunci asinan ini terus diminati.

Seporsi asinan ini bahan utamanya jagung yang dibakar terlebih dulu dengan arang, kemudian dipipil dan diberikan irisan timun, garam dan gula. Lalu, disiram dengan kuah yang terbuat dari fermentasi gula aren, sehingga menghasilkan rasa segar yang alami. Ingin rasa pedas? Pembeli bisa menambahkan sambal.

Lokasi: Jl. Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Buka mulai dari pukul 10.00-17.00 WIB.

2. Asinan “Asli Bogor”

Warung Asinan “Asli Bogor” terletak di seberang Museum Zoologi Bogor. Kudapan dari warung ini termasuk populer dan legendaris di Kota Hujan karena sudah ada sejak tahun 1967. Ciri khas asinan di warung ini adalah kuah cuka yang segar dengan cita rasa sedikit pedas dan asam.

Seporsi asinan di warung Asinan “Asli Bogor” terdiri dari potongan buah seperti salak, kedondong, pepaya, mangga, nanas, bengkuang dan sayuran kubis, taoge, timun. Kemudian potongan tersebut disiram dengan kuah berwarna merah yang terbuat dari cuka, cabai, garam, gula dan air. Lebih lengkap, tambahkan taburan kacang goreng dan kerupuk mie.

Lokasi: Jl. Ir H Juanda Nomor 90, Gudang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Buka mulai pukul 08.00-19.00 WIB.

3. Asinan Ahauw Gang Aut

Berikutnya ada Asinan Ahauw Gang Aut. Warung ini telah dikelola oleh tiga generasi. Tidak mengherankan apabila warung asinan Bogor ini terkenal di kalangan wisatawan. Bahkan, majalah panduan wisata terkenal asal Kroasia, Taste Atlas, merekomendasikan Asinan Ahauw Gang Aut sebagai makanan yang enak di Kota Bogor.

Di sini pengunjung bisa menikmati asinan buah dan sayur. Seporsi asinan buah berisi potongan buah mangga, jambu, salak, bengkuang, pepaya, kedondong, nanas. Sedangkan untuk asinan sayur berisi lokio, kol, taoge, sayur asin, tahu, timun, oncom, daun antanan, wortel, lobak. Sangat lengkap!

Ciri khas dari Asinan Ahauw Gang Aut adalah kuah merah yang terbuat dari sedikit campuran ebi, cabai merah, cuka aren, garam.

Lokasi: Jl. Suryakencana Nomor 303b, Babakan Pasar, Sukasari, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

4. Asinan Sedap Gedung Dalam

Satu lagi warung asinan yang masuk ke dalam rekomendasi Taste Atlas yaitu Asinan Sedap Gedung Dalam. Asinan yang dijual di warung ini ada dua varian yaitu asinan sayur dan asinan buah.

Seporsi asinan buah berisi potongan pepaya, bengkuang, jambu, ubi, salak, kedondong yang sebelumnya telah direndam terlebih dulu di air gula. Yang membuat kualitas asinan buah dari Asinan Sedang Gedung Dalam ini fenomenal karena pemiliknya menggunakan buah kualitas impor sehingga kesegarannya tetap terjaga.

Untuk seporsi asinan sayur berisi kol, timun, wortel, taoge yang tidak direndam dengan air. Setelah lengkap, disiram dengan kuah asinan

Lokasi: Jl. Siliwangi No.27C, Kota Bogor, Jawa Barat.

Buka mulai dari pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

5. Asinan Ny. Yenny

Asinan Ny. Yenny juga salah satu warung asinan Bogor yang populer di Kota Bogor. Ada dua pilihan menu yaitu asinan buah dan asinan sayur. Seporsi asinan sayur terdiri dari campuran taoge, wortel, sawi yang disiram dengan kuah merah segar.

Untuk asinan buah terdiri dari potongan jambu air, mangga, nanas, kedondong, bengkuang dan pepaya. Setelah disiram kuah merah, ditabur kacang goreng dan kerupuk mie kuning yang menambah kelezatan dari seporsi asinan ini.

Lokasi: Jl. Raya Bina Marga No.1, RT.04/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim, Kota Bogor, Jawa Barat.

Buka mulai dari pukul 08.00 sampai 20.00 WIB.

Baca juga: Taman Safari Bogor: 5 Alasan untuk Dikunjungi bersama Keluarga

Kesegaran dari kuah asinan Bogor yang memunculkan rasa asam dari cuka dan ditambah beberapa bahan alami lainnya membuatnya istimewa dan berbeda dari asinan kota lain.

Exit mobile version