Alternate Universe: Pengertian, Cara Membaca, dan Cara Membuatnya

AU adalah sebuah kreasi unik yang populer di Twitter. Warga Twitter sering menciptakan tren yang hanya dimengerti oleh sirkel mereka sendiri. Jika dibawa ke platform lain, tren tersebut konon tidak mengasyikkan, atau bahkan penghuni platform tersebut tidak paham sama sekali. AU adalah tren yang semacam itu.

Kebanyakan AU dimainkan anak muda. Kreativitas anak muda memang seolah tanpa batas. Dalam pembuatan AU, mereka menggunakan beberapa aplikasi agar tampilan AU mereka tidak biasa-biasa saja. Buat yang ingin membaur dengan warga Twitter melalui jalur AU, di bawah ini ada panduan cara membaca dan membuatnya.

AU adalah Alternate Universe

AU adalah alternate universe

AU adalah semesta alternatif. Artinya sebuah semesta yang merupakan alternatif dari semesta yang sudah ada. Baik semesta asli maupun semesta alternatifnya sama-sama fiksi. Contohnya cerita asli tersebut adalah Naruto dengan latar belakang dunia ninja. Semesta alternatifnya bisa saja Naruto berada di dunia anak sekolah SMP.

Menariknya, AU di Twitter berkembang dengan menggabungkan fanfiction. Para penggemar K-Pop menggunakan foto-foto idola mereka sebagai gambaran tokoh AU yang mereka buat. Nama-nama anggota K-Pop tersebut diganti dengan nama-nama Indonesia. Latar belakang kisahnya juga diarahkan ke suasana lokal.

Contoh penggabungan itu antara lain mengambil salah satu anggota NCT untuk dijadikan mas-mas yang sedang belanja di minimarket. Tidak hanya dari satu grup idol, bisa saja 2 grup K-Pop, yaitu girl band dan boy band digabungkan dalam satu AU.

Para pembuat AU melambungkan imajinasinya tanpa tanggung-tanggung, yaitu seluruh semesta yang mengelilingi tokoh utama. Jika mengira bahwa modal untuk membuat AU adalah berkhayal saja, itu jauh dari kebenaran. AU membutuhkan kegigihan dan ketekunan untuk menata cerita fiksi, lengkap dengan perangkat-perangkat pendukungnya.

AU adalah Alternate Universe, sebuah cerita fiksi yang terdiri atas utas-utas tweet di Twitter. Tertarik membaca atau membuatnya? Simak di sini penjelasannya.

Baca juga: Ini Cara Download Video Twitter di HP yang Paling Mudah

Cara Membaca AU

Penyusunan AU mirip dengan thread, tetapi isi kontennya berbeda. Jika thread berisi kata-kata, maka AU mayoritas berisi tangkapan layar dari platform lain atau rekayasa foto. Berikut cara membaca AU:

  1. Login ke aplikasi Twitter. Dahulu jika sebuah akun tidak digembok, bisa dicari dan dibaca melalui pencarian Google. Belakangan banyak pembatasan baru dari Twitter sehingga cara terbaik untuk membaca AU adalah dengan login langsung ke aplikasi Twitter.
  2. Cari AU yang diinginkan di kolom pencarian. Misalnya AU BTS, AU Twice, AU NCT dan sebagainya. Bisa juga langsung ke akun-akun yang sudah terkenal sebagai pembuat AU, misalnya @snowday, @SNYTANDE, @softheniv, @taekoolv, dan sebagainya.
  3. Jika pertama kali mengenal AU, cari yang thread-nya sudah panjang, lalu coba memahami karena kreativitasnya tidak terikat aturan tertentu. Misalnya ada yang berupa cuplikan percakapan WhatsApp, tangkapan layar status Instagram, tangkapan layar DM Twitter, petunjuk berupa satu atau dua buah kata, bersahut-sahutan seolah percakapan dengan akun lain, dan sebagainya.
  4. Istilah-istilah yang sering muncul di AU antara lain one tweet (AU satu tweet), few tweets (AU panjang), timestamp (menandai event penting), Y/N Y/L/N ( Your Name, Your Long Name).
  5. Sering kali thread terus bersambung tapi tidak sekaligus, melainkan diperbaharui dalam periode waktu tertentu. Pembaca bisa membaca AU lain sambil menunggu AU favoritnya memperbaharui cerita.

Cara Membuat AU

Cara membuat AU itu sebenarnya mudah. Pada dasarnya, pembuat AU seperti sedang curhat, membuat pengakuan, mengadukan sesuatu, dan sebagainya. Semua itu didukung bukti yang seolah-olah autentik. Namun berhubung yang disukai warga Twitter adalah yang super unik, maka membuatnya perlu proses panjang. Itulah sebabnya, beberapa AU terkenal butuh waktu untuk memperbaharui cerita.

Pada dasarnya, cara membuat AU mirip cara membuat thread atau utas, yaitu sebagai berikut:

  1. Tekan “Tweet” untuk memulai thread atau utas.
  2. Tulis judul AU. Pemeran utama bisa diperkenalkan sekalian atau diperkenalkan satu per satu dalam bentuk utas. Lalu tekan “Tweet” lagi untuk mempublikasikannya.
  3. Tekan “Add Another Tweet” untuk melanjutkan tweet pertama menjadi sebuah thread.
  4. Cara lain adalah tekan “Add Another Tweet” sebelum tweet pertama dipublikasikan jika sudah mempersiapkan alur cerita. Setelah semua tertata, baru kemudian tekan “Tweet All”.

Baca juga: Tip Agar Tak Oversharing di Media Sosial dan Terhindar dari Penyalahgunaan Data Pribadi

Tips Membuat AU

Ada beberapa tips membuat AU seperti yang dilakukan oleh akun-akun terkenal sebagai berikut:

  1. Siapkan karakter yang kuat dan menarik. Gunakan foto-foto idol untuk membantu visualiasi pembaca. Beri nama Indonesia yang sedang digemari, misalnya Dikta, Andin, Sabiru dan sebagainya.
  2. Tidak perlu banyak narasi, kecuali memang diniatkan dalam bentuk teks.
  3. Jika AU berupa teks, kata ganti orang pertama, seperti aku atau gue akan lebih menarik perhatian.
  4. Jika ingin interaksi, gunakan kalimat yang menggantung. Bisa juga berupa pertanyaan. Hebatnya warga Twitter adalah bisa mengimbangi fantasi pembuat AU.
  5. Gunakan fake chat. Aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat fake chat antara lain TalkMaker, Fake Teks Imes, iFake, WhatsMock, MeMiMessage dan sebagainya.
  6. Gunakan fake social media. Aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat fake social media antara lain TwiNote, Twee Creator, TikJoke, Fake It Fb Post Maker, Fauxy App, TweeMockPrank, Pranksta dan sebagainya.
  7. Gunakan aplikasi seolah tulisan tangan, misalnya ibis paint.
  8. Gunakan poster dengan warna-warna pastel atau warna lain sesuai dengan nuansa cerita. Poster bisa dibuat menggunakan Canva.
  9. As fake as you can. Karena misi pembuat AU adalah menciptakan semesta yang benar-benar berbeda, sehingga jangan tanggung ketika membuat cerita.

Demikianlah penjelasan seputar AU, tren unik di semesta Twitter. AU adalah salah satu bukti kreativitas tanpa batas warga Twitter.  Alternate Universe membawa warga Twitter ke alam raya baru. Tertarik untuk ikut mencoba?

Exit mobile version