Bagaimana Cara UKM Memanfaatkan Instagram untuk Mendukung Bisnis Mereka

Seharusnya memang UKM memanfaatkan semua tools sosial media yang bisa berdampak positif pada bisnis mereka. Salah satunya, Instagram. Menjadikan Instagram sebagai aset digital sudah banyak dilakukan para perintis usaha. Namun, kebanyakan hanya menggunakannya sebagai branding. Padahal, ada banyak fungsi Instagram yang bisa dioptimalkan untuk menunjang bisnis.

Caranya, dengan mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis. Ada banyak sekali fitur yang di dapat ketika UKM memiliki akun Instagram bisnis. Apa saja?

Mendapat Insight

Insight atau wawasan adalah fitur dimana kita bisa mengetahui statistik jumlah pengikut, kiriman, jumlah tayangan, jumlah klik situs, total klik surel dan telepon, impresi profil, hingga jangkauan sebuah posting. Bahkan, bisa juga mengecek siapa saja yang berkunjung ke profil berdasarkan jarak usia, gender, serta wilayah. Ini sangat penting untuk mengetahui efektifitas sebuah post.

Lebih Mudah Berpromosi

Memang UKM butuh investasi supaya efektif di Instagram bisnis. Tapi, sebenarnya tidak terlalu mahal dan bujetnya bisa disesuaikan. Kita bisa mempromosikan produk atau jasa sesuai target yang di sasar. Dampak positif beriklan adalah dapat menjangkau lebih banyak orang.

Tidak semua post harus diiklankan. Tapi, jika dibutuhkan, kita bisa memilih audiens seperti apa yang akan melihat iklan tersebut nantinya. Bahkan, jika usaha semakin berkembang, maka iklan bisa lebih masif.

Baca Juga: Tips Menguasai Instagram untuk Bisnis Online

Profil Berbeda

Di profil bisnis, UKM bisa menampilkan sejumlah informasi di bawah nama akun. Misalnya link ke website. Jelas, profil bisnis membuat sebuah usaha terlihat lebih profesional, dan mampu menjelaskan bisnis apa yang difokuskan. Ada pilihan seperti merek dan produk, perusahaan atau organisasi, bisnis lokal, musik, film, olahraga, profesi, hingga televisi.

Tersambung ke Facebook

Profil Instagram bisnis secara otomatis bisa tersambung laman Facebook UKM. Jadi, tidak repot saat posting di IG, postingan itu akan tampil juga di Facebook. Dampaknya, dapat memperluas jangkauan.

Ada Kontak dan Alamat

Jika ada calon konsumen yang tertarik dengan sebuah produk atau post, bisa langsung melihat informasi kontak dan alamat di bawah biodata profil. UKM bisa mengisinya dengan alamat surel, nomor telepon atau ponsel, alamat bisnis, dan tombol tindakan. Ini penting untuk mendapatkan leads. Pengunjung dapat dengan mudah melakukan transaksi langsung melalui profil Instagram.

Menciptakan Strategi

Dengan fitur-fitur Instagram bisnis, UKM bisa menentukan strategi kapan waktu terbaik untuk mengunggah sebuah konten. Lalu, konten mana yang relevan dan penting bagi konsumen mereka. Semua bisa dilihat secara detil dari hari hingga jam mana yang mendapatkan respons terbesar.

Baca Juga: Strategi Pertahankan Loyalitas Pelanggan di Instagram

Exit mobile version