Belanja Online Naik Daun, Masyarakat Wajib Pintar Pilih Metode Pembayaran

Tampilan Belanja Online/ Lazada

Tampilan Belanja Online/ Lazada

 

Belanja Online –  Meningkatnya pola belanja online belakangan ini, Lazada mengandeng Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), beberapa wakut menggelar webinar mengenai edukasi untuk konsumen soal “Belanja Hemat, Bayar Dengan Cata Tepat”.

Secara garis besarnya, pembahasan lebih mengenai tips & trik belanja online yang aman denga metode pembayaran yang tepat sehingga cash flow keuangan tetap sehat.

Adapun pembahasan soal ini mengingat ternyata tren belanja secara online mengalami kenaikan yang drastis. Hal ini tak lepas dari adanya dampak pandemi Covid-19, yang membuat sebagian konsumen bergeser.

Hasil studi yang dilakukan oleh Bain & Company bersama Facebook menunjukkan bahwa di 2020 terjadi perubahan tren yang membentuk kebiasaan normal baru. Adopsi pembelanjaan online di Asia Tenggara, yang semula diprediksi akan mencapai 310 juta di 2025, kini dikoreksi menjadi mencapai 310 juta di akhir tahun ini.

Untuk Indonesia sendiri juga terjadi peningkatan yang cukup tinggi, yakni hampir 10%, dari 119 juta penduduk yang merupakan konsumen digital di 2019 menjadi 137 juta pada 2020 ini.

BACA JUGA : Aman Saat Pandemi, Dagangan UMKM Banyak Beralih ke Pembayaran Nirsentuh

Sawitri Hertoto, Vice President (VP) Marketing Lazada Indonesia mengatakan, dengan meningkatnya minat konsumen Indonesia berbelanja online, sangat penting bagi konsumen selalu bijak dan waspada saat bertransaksi secara online. Karena itu, Lazada Indonesia berkomitmen untuk selalu mengedukasi masyarakat akan perilaku berbelanja online yang aman.

“Hal ini sejalan dengan peningkatan layanan yang terus dilakukan di platform kami agar dapat selalu memberikan pengalaman berbelanja online nyaman dan aman. Di antaranya dengan menawarkan berbagai opsi pembayaran sehingga konsumen dapat memilih cara pembayaran yang nyaman untuk mereka,” ucap Sawi.

Sementara Steve Saerang, Vice President (VP) Corporate Communications DANA Indonesia menjelaskan, keamanan dalam bertransaksi, terutama terkait pembayaran menjadi sangat penting, baik untuk transaksi online dan offline.

Keamanan dan kemudahan pembayaran menjadi salah satu prioritas tertinggi DANA. Pengguna DANA kini dapat dengan tenang melakukan pembayaran di gerai dengan QRIS, maupun di platform e-Commerce seperti Lazada, dengan pilihan menggunakan saldo DANA yang tersedia, kartu debit atau kartu kredit dari bank manapun yang tersimpan di dalam aplikasi.

“Berbagai opsi yang kami tawarkan merupakan upaya DANA untuk dapat mengakomodir kebutuhan pengguna dan utamanya menggerakkan pengguna agar semakin adaptif dalam bertransaksi digital,” katanya.

BACA JUGA : Bisnis Bibit Tanaman Via Online, UKM Ini Raup Untung di Tengah Pandemi

Kaukabus Syarqiyah, Financial Planner Kikau Talk, menambahkan bila ada hal lain yang harus diperhatikan konsumen selain keamanan bertransaksi, yakni memahami perbedaan masing-masing metode pembayaran, baik dari segi bunga, biaya admin, dan lainnya.

“Dengan memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan, para konsumen pun juga dapat mengatur cashflow agar tetap sehat dan menata keuangan keluarga dengan lebih baik lagi,” kata Kau.

Menyadari bahwa opsi pembayaran yang beragam dan lengkap menjadi salah satu faktor pendukung konsumen untuk berbelanja online, juga memiliki ragam platform pembayaran. Mulai dengan DANA, bayar di tempat (COD), kartu kredit/debit, Lazada Credit, debit instan (berbagai bank mitra), transfer via bank, cicilan, dan masih banyak cara lainnya.

Exit mobile version