Panduan Praktis: Tips Memilih dan Beli Hadiah Online yang Tepat

Beli hadiah online sudah jamak dilakukan. Memilih hadiah secara online bisa dilakukan dengan tenang sesuai dengan minat penerima dan anggaran yang tersedia. Toko online juga bisa mengirimkan hadiah langsung ke alamat penerima.

Ada yang berpendapat bahwa hadiah akan lebih berkesan jika ada sentuhan personal. Apakah toko online bisa melakukannya? Berikut beberapa tips memilih dan membeli hadiah secara online yang mungkin bisa menjadi inspirasi dalam memberikan hadiah yang mengesankan penerima.

Tips Memilih dan Beli Hadiah Online

Masih banyak yang meragukan kemampuan toko online untuk mewujudkan hadiah yang diinginkan pemesan. Padahal, cukup banyak toko online bisa melayani request khusus, seperti misalnya ketika pelanggan meminta barang pesanannya dipacking secara cantik untuk dikirim sebagai hadiah.

Membeli  hadiah secara online akan lebih praktis daripada harus mencari hadiah dengan pergi ke toko fisik. Pilihannya lebih banyak—dan kalau beruntung, bisa mendapatkan berbagai promo, diskon, sampaii penawaran gratis ongkos kirim. Tak perlu bermacet-macet, berpanas-panas, hadiah juga bisa langsung diterima oleh yang bersangkutan.

Dari Data Indonesia diketahui bahwa Indonesia termasuk dalam 8 negara yang paling gemar belanja online pada kuartal III tahun 2022. Tentu saja ini termasuk belanja hadiah secara online. Berikut adalah tips memilih dan beli hadiah online yang mungkin bisa membantu mengatasi rasa ragu dalam memesan hadiah di toko online.

1. Ketahui Minat Penerima Hadiah

Yang pertama harus dipertimbangkan dalam membeli hadiah adalah minat penerima hadiah. Setelah memahami minat penerima hadiah, barulah disesuaikan dengan anggaran.

Contohnya, meskipun hobi penerima hadiah adalah jalan-jalan ke luar negeri, tetap akan ada pilihan hadiah yang sesuai dengan anggaran. Contohnya hadiah berupa sampul paspor, ada yang harganya hanya Rp15.000, ada pula yang berharga Rp500.000 untuk merek terkenal.

Minat penerima hadiah bisa diketahui dari topik pembicaraan yang sering dibahasnya atau dari unggahan media sosialnya.

Baca juga: Boneka Kelinci hingga Buku Cerita, Ini 5 Ide Hadiah Paskah untuk Si Kecil

2. Beli Hadiah Online yang Praktis

Panduan Praktis: Tips Memilih dan Beli Hadiah Online yang Tepat

Foto: tokopedia.com/lillegifts

Banyak toko online yang menyediakan hadiah dalam bentuk paket, termasuk packing yang menarik. Pembeli tahu beres saja, cukup memberikan alamat penerima dan membayar pesanan tersebut.

Cara mencari hadiah online yang praktis ini adalah dengan membuka marketplace, lalu ketik kata kunci “hamper” atau “hantaran” di kolom pencarian. Jika melalui toko online di media sosial gunakan tagar #hamper atau #hantaran.

Foto di atas menggunakan kata kunci “hamper” di Tokopedia. Dengan kata kunci tersebut, akan muncul hadiah-hadiah dalam bentuk paket. Pembeli dapat menambahkan kata lain agar pencarian lebih fokus, misalnya “hamper pernikahan” atau “hamper wisuda”.

Umumnya hadiah dalam bentuk paket lebih murah daripada menyatukan sendiri. Contohnya dengan harga Rp50.000 sudah bisa mendapatkan hamper untuk hadiah wisuda yang berisi mug, boneka kecil, kotak kado, pita dan kartu ucapan.

3. Beli Hadiah Online yang Spesial

Kadang, pilihan hadiah dalam bentuk paket tidak bisa memenuhi keinginan. Misalnya karena kombinasi isi kurang menarik atau kemasan yang ditawarkan penjual kurang heboh. Jika itu terjadi, hadiah dapat dicari dengan cara terpisah.

Pembelian hadiah dapat dilakukan dari marketplace yang sama dalam bentuk satuan lalu meminta mereka membungkusnya menjadi satu atau membeli dari marketplace yang berbeda lalu dikemas sendiri. Pembeli juga bisa mencari hadiah tersebut di luar marketplace. Biasanya toko online di luar marketplace lebih fleksibel dalam memenuhi keinginan pelanggan.

Namun pesanan spesial seperti ini biasanya akan lebih mahal karena biaya pengemasan yang terpisah. Membungkus sendiri juga membutuhkan biaya yang lebih banyak karena harus membeli kertas pembungkus atau kardus, dan aksesorinya jika perlu. Harga kotak kemasan ukuran sedang sekitar Rp10.000, belum termasuk pita, kartu dan sebagainya.

4. Beli Hadiah Online di Marketplace

Keuntungan beli hadiah secara online di marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan sebagainya adalah pembeli dapat menyortir pencarian berdasarkan range harga untuk menyesuaikan dengan anggaran, tanda bintang toko online untuk mendapatkan toko yang terpercaya, dan kota asal pengiriman untuk menghemat biaya kirim.

Demi keamanan dan kenyamanan, sebaiknya pengirim memberi tahu penerima jika jejak kurir sudah mendekati alamat penerima. Kejutan itu tak selalu menyenangkan bagi semua orang, terlebih buat kurir dan penerima. Penerima yang tidak mengenal pengirim, bisa menolak kiriman tersebut.

Ada 3 cara beli hadiah online di marketplace, yaitu:

  1. Membeli hadiah dalam bentuk paket.
  2. Memilih beberapa produk dalam satu marketplace, lalu meminta pengelola membungkus sesuai keinginan melalui fitur Pesan atau Chat. Pengelola akan mengunggah pesanan tersebut di tokonya dengan kode atau kata-kata yang dipahami kedua belah pihak. Dengan demikian, transaksi atau pembayaran bisa dilakukan dengan cara normal seperti umumnya marketplace.
  3. Membeli hadiah dari toko online yang berbeda-beda, lalu dibungkus dan dikirim sendiri. Keuntungannya, pengirim dapat menambahkan banyak sentuhan pribadi, misalnya ucapan dengan tulisan tangan dan bisa mengantarnya sendiri. Namun jika pemesan tidak mengantarkan hadiahnya sendiri, maka akan terkena dua kali biaya kirim.

Baca juga: 4 Cara Mengecek Resi JNE dengan Mudah untuk Pelanggan Online Shop

5. Beli Hadiah Online di Luar Marketplace

Hadiah dapat dibeli di toko-toko online di luar marketplace, yaitu melalui media sosial. Umumnya cara memesan hadiah tersebut melalui WhatsApp. Kebanyakan toko-toko seperti ini akan mengirim pesanan lebih lama karena komunikasi yang panjang dan banyak produk yang harus dibuat dulu.

Meski  perlu waktu lebih lama, penjual tetap harus bisa menyebutkan tanggal pengiriman. Apalagi jika hadiah yang dipesan berupa makanan yang bisa basi, maka penjual harus bisa menyebutkan jam pengiriman. Urungkan pesanan jika penjual menjawab dengan tidak pasti, misalnya setelah Dhuhur, siang, sore dan sejenisnya.

Karena reputasi toko online di luar marketplace tidak ada rating, maka perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Kapan terakhir mengunggah konten?
  2. Apakah kolom komentar dikunci?
  3. Apakah harganya terlalu murah?

Hindari untuk memilih toko online yang sudah lama tidak ada aktivitas.

Toko online tidak akan mau mengirimkan pesanan jika pembayaran belum lunas. Jadi harus berhati-hati. Usahakan mendapat ulasan pembeli, bukan testimoni yang dikumpulkan penjual. Masukkan nama toko online tersebut di pencarian Google untuk mengetahui apakah mempunyai sejarah yang tidak baik.

Itulah panduan praktis tentang tips memilih dan beli hadiah online yang tepat. Dalam memberi hadiah, yang utama memang harus ikhlas dari hati, berapa pun nominalnya. Namun memberikan hadiah yang membuat menerima terkesan akan menjadikan keikhlasan tersebut terbayar.

Exit mobile version