Catat! Ini 10 Bengkel Konversi Motor Listrik Bersertifikasi

Daftar Bengkel konversi motor listrik

Memiliki motor listrik tidak harus membeli dari baru. Kamu pun bisa lho mengubah motor lama kesayanganmu menjadi motor listrik dengan menyambangi sejumlah bengkel konversi motor listrik.

Ya, pemerintah semakin gencar mempercepat tren penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, salah satunya yang paling masal adalah motor listrik. Konversi motor bensin ke listrik pun digadang-gadang menjadi salah satu upaya untuk mempercepat program elektrifikasi kendaraan listrik dari pemerintah.

Upaya pemerintah mendukung konversi motor bensin menjadi listrik ini pun telah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

Baca Juga: Simak Syarat Konversi Motor Bensin ke Listrik Beserta Harganya

Meski mendukung konversi motor bensin ke listrik, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak sembarangan menyambangi bengkel motor untuk mengubah motor mesin miliknya menjadi listrik. Sebab, jika salah mendatangi bengkel, bisa-bisa motor akan malfungsi dan berbahaya bagi pengendaranya.

Setidaknya saat ini sudah ada 10 bengkel konversi yang tersebar di wilayah Bogor, Jakarta, Banten, Surabaya, dan Bali. Berikut ini daftar bengkel konversi motor listrik yang sudah tersertifikasi per September 2022.

Rekomendasi Bengkel Listrik Bersertifikasi

1. Jakarta

  1. PT Handhika Garda Parama: Jl. Raya Mabes Hankam No. 28, Setu, Cipayung, Jakarta Timur
  2. PT Nagara Sains Konversi: Treasury Tower Lantai 7, District 8, SCBD, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan
  3. Elders Garage: Smesco indonesia UG, Jl. Gatot Subroto No.94, RT.11/RW.3, Pancoran, Jakarta Selatan

2. Bogor

  1. Litbang ESDM: Jl. Pendidikan, Pengasihan, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  2. Bintang Racing Team (BRT), PT Tri Mentari Niaga: Jl. Raya Sirkuit Sentul No.84, Sentul, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

3. Banten

  1. Juara Bike (Selis): Jl. Raya Serang Km 14,2, Pasir Gadung, Cikupa, Tangerang, Banten

4. Surabaya

  1. PT Braja Elektrik Motor: Jl. Keputih Tegal No. 28, Keputih, Sukolilo, Surabaya
  2. Kampus ITS Surabaya: Jl. Teknik Kimia, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya

5. Bali

  1. PT Percik Daya Nusantara: Jl. Dewi Sri No.5, Legian, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
  2. Electric Wheel, PT Roda Elektrik Gemilang: Jl Antasura No 50, Peguyangan Kangin, Denpasar, Bali.

Biaya Konversi Motor Listrik

Sekarang ini biaya konversi motor listrik masih terbilang mahal. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menjelaskan bahwa dibutuhkan biaya sekitar Rp15 juta untuk melakukan konversi satu unit motor bensin menjadi listrik.

Meski demikian, biaya tersebut masih menjadi biaya tahap awal. Sejauh ini tercata baru ada 120 unit yang dikonversi secara resmi dengan uji coba jarak 10.000 kilometer. Arifin pun mengatakan bakal ada penurunan biaya jika sudah masif.

Tidak jauh berbeda dengan ucapan Arifin, Hendro Sutono dari Komunitas Sepeda Motor Listrik (KOSMIK) menjelaskan untuk mengkonversi, penggunanya harus tahu spesifikasi apa yang diinginkan. Dia pun menyebut bahwa masing-masing bengkel memiliki harga yang bervariasi.

Baca Juga: Tips Beli Motor Listrik, Nomor 4 Penting Banget!

Semisal bengkel Elders masih masuk ke segemen menengah ke atas karena memang bengkel tersebut masih menargetkan penghobi. Biayanya pun mulai dari Rp15 juta.

“Kalau biaya sebenarnya tergantung spesifikasi yang diinginkan konsumen, karena ini sifatnya kustom,” ujar Hendro dikutip dari Motor Plus.

Exit mobile version