Berburu Uang Kuno di Indonesia Numismatic Show 2024

pameran uang kuno

Para pengunjung pameran sedang melihat-lihat dan membeli uang kuno yang dipamerkan.

JNEWS – Numismatic merupakan sebuah hobi atau kegiatan mengumpulkan benda-benda terkait uang, seperti uang kertas, uang koin, token dan benda-benda terkait lainnya yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat sebagai alat tukar atau pembayaran di masa dulu.

Bekerjasama dengan Mal Ciputra Jakarta, Masyarakat Numismatik Indonesia (MNI) menggelar pameran ‘Indonesia Numismatic Show (INS)’ ke-3 yang didukung oleh 62 peserta yang di antaranya 14 dari mancanegara. Pameran ini berlangsung pada 23 – 26 Mei 2024 lalu di Center Court Mal Ciputra Jakarta lantai lower ground (LG).

Pameran ini hadir untuk memperkenalkan keanekaragaman koleksi numismatik Indonesia sehingga mampu menjadi rujukan bagi para pencinta mumismatic. Dalam pameran ini juga diisi talkshow dan pameran sejarah uang Republik Indonesia.

Dalam pameran, sekitar 14 peserta dari luar negeri di antaranya berasal dari Amerika Serikat, Hong Kong, Singapura, Inggris, Kanada, China, Rusia, Uni Emirat Arab, Belanda, Ukraina dan Filipina. Semakin lengkap hadir pula PT Antam Tbk., UBPP Logam Mulia, PERURI dan Bank Indonesia.

“Kami terus berupaya menyelenggarakan event-event untuk mempelajari, meneliti, melestarikan sejarah budaya bangsa berupa uang kertas, koin, token, medali dan barang-barang sejenis yang merupakan peninggalan sejarah. Pada INS ke-3 ini kami lebih fokus ke kegiatan jual beli. Kami sangat senang dan bangga dapat kembali menggelar pameran Idonesia Numismatic Show di tahun 2024 ini,” ujar Ketua Umum MNI, Sunardji.

Baca juga: 10 Tempat Terbaik untuk Museum Date Romantis di Jakarta, dari Seni hingga Sejarah

Sementara itu pihak Mal Ciputra sangat senang kembali bisa menggelar pameran INS yang ke-3. “Untuk ketiga kalinya Mal Ciputra Jakarta terpilih sebagai tempat penyelenggaraan acara bergengsi Indonesia Numismatic Show. Diharapkan dapat menjadi sarana edukasi sejarah bagi para pengunjung dan masyarakat pada umumnya sehingga bisa lebih mengenal cerita di balik uang koin maupun uang kertas yang beredar baik di Indonesia dan dunia,” ujar Ferry Irianto selaku GM Mal Ciputra Jakarta.

Di sekitar area pameran juga disediakan panel edukasi untuk mengedukasi pengunjung tentang sejarah numismatic di Indonesia dengan menghadirkan beragam alat tukar di Indonesia, baik berupa koin logam hingga uang kertas, mulai dari zaman kerajaan hingga emisi terbaru. Pengunjung pun dapat membeli uang logam maupun kertas kuno sebagai koleksi. *

Exit mobile version