Bikin Makanan Busuk, Kenali 4 Penyebab Kulkas Tidak Dingin

ilustrasi tips untuk mengatasi kulkas tidak dingin

Kulkas tidak dingin dapat membuat bahan makanan yang disimpan rusak bahkan busuk. Padahal salah satu fungsi kulkas atau lemari pendingin adalah untuk menyimpan bahan makanan agar lebih awet.

Karena itu, kulkas harus dipastikan selalu dingin agar tidak merusak makanan yang disimpan. Namun, ada sejumlah hal yang dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin.

Baca juga:  5 Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Ingin Berbisnis Kuliner

Berikut empat penyebab di antaranya:

1. Tidak Mengatur Suhu Kulkas

Suhu ideal lemari es berkisar 4 derajat celcius atau lebih rendah. Sebab itu, pastikan kamu sudah mengatur suhu kulkas dengan benar.

2. Kumparan Kondensor Kotor

Penyebab berikutnya adalah adanya tumpukan kotoran pada bagian kumparan kondensor kulkas. Pastikan kamu rutin membersihkan kumparan kondensor setiap 6 bulan sekali.

Baca juga: Mumpung Libur, Singkirkan Bau Tak Sedap pada Freezer

3. Karet Pintu Kulkas Kotor dan Rusak

Selain suhu dan kondisi kumparan, penyebab kulkas tidak dingin lainnya adalah kotornya karet pintu lemari es. Seiring waktu, karet pintu kulkas akan kotor karena bekas makanan dan sidik jari.

Inilah yang membuat pintu kulkas jadi tidak dapat tertutup dengan rapat.Untuk itu, kamu perlu membersihkannya memakai spons dan air sabun. Kalau sudah dibersihkan tetapi pintu masih belum tertutup, bisa jadi karet sudah rusak dan perlu diganti.

4. Salah Posisi

Posisi kulkas diletakkan juga dapat mempengaruhi kinerjanya. Pastikan kulkas jauh dari sumber panas, seperti kompor dan oven. Soalnya, kulkas perlu bekerja keras untuk menghilangkan udara panas di sekitarnya tersebut.

Baca juga: Terapkan Pedoman Gizi Seimbang untuk Jaga Kesehatan

Exit mobile version