Cara Menggunakan Bing AI untuk Membuat Karakter Disney Pixar dan Contoh Prompt

JNEWS – Belakangan, beredar gambar atau foto orang-orang di media sosial yang tampak seperti poster film Disney, dibuat dengan gaya visual khas menggunakan AI. Itulah hasil dari Bing AI.

Banyak orang lantas menjadi penasaran tentang cara membuat gambar AI dengan tema Disney tersebut. Untuk menciptakan poster bergaya Disney yang sedang tren ini dengan AI, Bing Image Creator, alat pembuat gambar berbasis AI dari Microsoft, pun sering digunakan. Alat ini memudahkan pengguna dalam membuat gambar atau poster bergaya Disney.

Bing Image Creator menawarkan proses sederhana untuk menghasilkan gambar menggunakan AI. Ingin juga membuat gambar yang sama?

Apa Itu Bing AI?

Bing AI, atau Bing Image Creator, merupakan alat yang memungkinkan pembuatan gambar atau pencarian inspirasi gambar dengan teknologi DALL-E dari Open AI. Pengguna cukup memasukkan prompt dan hasilnya akan muncul dengan cepat.

Alat canggih buatan Microsoft ini tersedia melalui browser Microsoft Edge, fiturnya bisa ditemukan pada sidebar. Proses pembuatan gambar dengan Bing Image Creator AI terasa menarik dan sederhana, sehingga banyak orang jadi penasaran untuk mencobanya.

Namun, sebelum mulai, ada beberapa aspek penting yang perlu diketahui.

Pertama, untuk menggunakan Bing Image Creator AI, diperlukan laptop atau komputer dengan Windows 10 atau Windows 11 dan akun Microsoft. Saat artikel ini ditulis, fitur ini hanya tersedia pada platform tersebut, tetapi rencananya akan diperluas ke platform lain.

Kedua, Bing Image Creator AI saat ini hanya mendukung permintaan prompt dalam bahasa Inggris, meskipun dukungan bahasa lain akan ditambahkan secara bertahap. Lalu, bagaimana cara menggunakan Bing AI ini?

Baca juga: Digital Nomad: Pengertian, Keuntungan, dan Tantangan yang Harus Dihadapi

Cara Menggunakan Bing AI di Laptop dan HP

Perlu diketahui juga bahwa Bing AI Chat tidak tersedia sebagai platform mandiri seperti ChatGPT, melainkan diintegrasikan ke dalam browser Microsoft Edge dan mesin pencari Bing oleh Microsoft.

Oleh karena itu, untuk mengaksesnya, pengguna memerlukan aplikasi Microsoft Edge di laptop atau aplikasi Microsoft Bing di ponsel. Bagi yang ingin mencobanya, berikut ini adalah uraian tentang bagaimana cara menggunakan Bing AI Chat pada ponsel dan laptop.

Untuk mulai menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi Microsoft Bing dari Google Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasi tersebut dan pastikan sudah masuk dengan akun Microsoft yang sudah dimiliki.
  3. Cari dan tekan tombol Bing AI yang terletak di tab menu aplikasi.
  4. Setelah jendela chat terbuka, pengguna dapat memasukkan perintah atau bertanya sesuai dengan yang diinginkan.
  5. AI akan merespons pertanyaan yang diajukan.

Sementara, untuk menggunakan Bing AI di laptop melalui Microsoft Edge, berikut langkah yang harus dilakukan:

  1. Unduh aplikasi Microsoft Bing untuk desktop (baik laptop maupun komputer).
  2. Setelah aplikasi terpasang, buka browser Microsoft Edge dan pastikan sudah masuk dengan akun Microsoft yang sudah dimiliki.
  3. Klik tombol AI yang terletak di sudut kanan atas tab menu Microsoft Edge.
  4. Tab khusus akan muncul, berisi ruang obrolan Chat.
  5. Dalam menu “Chat”, pengguna dapat memasukkan perintah atau mengajukan pertanyaan sesuai keinginan, dan Bing AI akan merespons.
  6. Di menu “Compose”, pengguna dapat meminta Bing AI untuk menyusun teks dengan topik dan gaya tertentu, yang dapat diunggah ke berbagai platform seperti e-mail, Facebook, dan X.

Membuat Karakter Disney Pixar dengan Bing AI

Bing AI disney pixar character
Hasil Bing AI dengan prompt: An elderly female scientist with short grey hair and sharp glasses, wearing a white lab coat, surrounded by bubbling test tubes and inventions, smiling wisely, in a Disney Pixar style.

Bing Image Creator dapat digunakan untuk membuat gambar dengan berbagai desain, termasuk gaya Disney Pixar, seperti yang viral belakangan ini.

Untuk membuat karakter Disney Pixar, lakukan beberapa hal berikut:

  1. Buka situs Bing, dan masuk dengan akun Microsoft.
  2. Tulis prompt atau perintah, termasuk di dalamnya ada frasa seperti “Disney Pixar style” atau “Disney Pixar art”.
  3. Tambahkan deskripsi foto sesuai yang diinginkan.
  4. Klik tombol “Create” untuk memulai proses.

Bing Image Creator akan memproses permintaan, dan sebentar saja poster Disney AI akan siap. Alat ini menawarkan empat variasi gambar yang sesuai dengan perintah yang diberikan. Setelah gambar ditampilkan, poster Disney AI yang telah dibuat dengan karakter mirip foto yang diproses dapat diunduh.

Umumnya yang paling berat dari proses ini adalah penulisan prompt yang harus dilakukan dalam bahasa Inggris. Pengguna harus mampu mendeskripsikan foto secara rinci untuk memastikan hasil poster Disney Pixar sesuai dengan harapan.

Untuk memudahkan, berikut disajikan beberapa contoh prompt yang bisa disontek untuk membuat karakter Disney Pixar dengan Bing AI.

Hasil Bing AI dengan prompt: A 10-year-old girl with curly brown hair and big green eyes, wearing a light blue lace dress, posing cheerfully and energetically in a Disney Pixar style.
  1. “A 10-year-old girl with curly brown hair and big green eyes, wearing a light blue lace dress, posing cheerfully and energetically in a Disney Pixar style.”
  2. “An adult man with a thin beard, short black hair, and brown eyes. Wearing a plaid shirt and jeans, standing confidently with a wide smile, in a Disney Pixar style.”
  3. “A golden retriever dog, with shiny golden fur and soft brown eyes, sitting friendly with its tongue out, in a Disney Pixar style.”
  4. “A teenage girl with long wavy purple hair and blue eyes, wearing a black hoodie and jeans, posing with a skateboard, her face full of adventure and freedom, in a Disney Pixar style.”
  5. “An elderly man with white hair and a thick mustache, blue eyes, wearing a knitted sweater and a hat, sitting in a rocking chair with a book in his hand, a warm smile on his face, in a Disney Pixar style.”
  6. “A young woman with long, wavy red hair and green eyes, wearing a long golden dress, standing gracefully with a flower crown, her expression soft and wise, in a Disney Pixar style.”
  7. “A young boy with spiky black hair and playful blue eyes, wearing a red superhero cape and sneakers, striking a heroic pose with a big grin, in a Disney Pixar style.”
  8. “An adventurous cat with sleek, striped fur, piercing green eyes, wearing a tiny explorer’s hat, perched atop a pile of books, looking curious and daring, in a Disney Pixar style.”
  9. “A teenage robot with a shiny metallic body, glowing blue eyes, and an array of colorful buttons, standing proudly with a backdrop of futuristic city, in a Disney Pixar style.”
  10. “An elderly female scientist with short grey hair and sharp glasses, wearing a white lab coat, surrounded by bubbling test tubes and inventions, smiling wisely, in a Disney Pixar style.”
  11. “A mischievous fairy with delicate wings that shimmer in rainbow colors, long flowing blonde hair, holding a magic wand, surrounded by twinkling lights, in a Disney Pixar style.”
  12. “A brave knight with polished armor and a gleaming sword, sporting a determined look with piercing brown eyes under his helmet, riding a noble steed, in a Disney Pixar style.”

Masing-masih prompt di atas bisa disesuaikan dengan keinginan dan kondisi masing-masing, hingga menjadi gambar yang paling pas.

Baca juga: Fakta Unik Google Doodles: Mengungkap Kisah-kisah Unik di Balik Logo Google yang Kreatif

Perlu diingat bahwa deskripsi untuk sebuah foto mungkin tidak selalu akurat 100% bisa diinterpretasikan. Kadang hasilnya bisa aneh, seperti ada bagian yang terpotong, bagian yang tidak simetris, atau tidak cocok dengan deskripsi yang diberikan.

Jika hasilnya tidak memuaskan, pengguna dapat meminta Bing AI untuk memproses ulang dengan perintah yang sama atau menambahkan instruksi lebih spesifik untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas.

Perlu diingat juga, bahwa pembuatan gambar ala-ala Disney Pixar dengan Bing AI ini bisa menimbulkan potensi pelanggaran hak cipta. Jadi, sebaiknya tidak digunakan untuk tujuan komersial dan lebih baik hanya untuk hiburan.

Exit mobile version