5 Bisnis Franchise di Bawah Rp50 Juta

Rekomendasi Bisnis Makanan dan Minuman Murah – Sekarang ini sudah banyak sekali bisnis franchise atau waralaba yang beredar di masyarakat. Bisnis seperti ini pun memiliki modal usaha yang beragam, mulai dari bisnis franchise minuman dan makanan dengan modal yang murah sampai yang mahal sekalipun ada. Tergantung dari budget yang kamu punya tentunya.

Salah satu keuntungan dari menjalankan bisnis franchise atau waralaba adalah kamu tidak perlu repot-repot untuk branding atau berpromosi. Bukan cuma itu, kamu juga tidak perlu repot untuk mencari berbagai macam perlengkapan usaha, karena biasanya semua itu sudah disiapkan oleh pemilik franchise.

Memang, memulai bisnis sendiri bikin hati kita puas memuaskan. Kamu bisa mengatur bisnis yang kamu ingin jalankan sesuai dengan yang kamu mau. Akan tetapi, buat kamu yang masih awam atau pemula, ada baiknya untuk mengambil franchise.

Baca Juga: Pengelolaan Dana Kas Operasional Makin Moncer dengan Aplikasi Ini

Tips Bisnis Franchise

Sebelum kami memberikan informasi mengenai deretan bisnis franchise murah, sebaiknya kamu baca terlebih dahulu nih beberapa tips singkat memulai bisnis waralaba.

1. Sesuaikan dengan modal

Yang pertama tentu saja sesuaikan dengan modal yang kamu punya. Mahal atau tidaknya suatu waralaba itu tergantung dari modal yang kamu punya. Selain menyiapkan dana untuk franchise, kamu juga perlu menyiapkan dana operasional minimal untuk 6 bulan ke depan ya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana darurat.

2. Ikuti minat yang kamu inginkan

Memang ada yang berkata jika kita mau memulai usaha, cari yang pangsa pasarnya banuyak. Akan tetapi, kamu juga harus memperhatikan minat yang kamu inginkan atau sesuai dengan passion. Karena kalau tidak, takutnya nanti kamu malah setengah hati menjalankannya. Selain itu, pilih waralaba yang kamu kuasai sebisa mungkin, atau minimal kamu paham.

3. Lokasi strategis itu penting

Kalau sudah menentukan franchise mana yang mau kamu ambil, tips bisnis franchise berikutnya adalah tentukan lokasi yang strategis. Cari tempat yang ramai dilalui orang, misalnya. Atau kamu juga bisa cari lokasi yang menyesuaikan dengan pangsa pasar. Contoh, kamu mau jualan jajanan atau snack, kalau gitu cari yang dekat dengan sekolahan.

4. Baca perjanjian dengan benar

Yang namanya bisnis, berapapun itu tetap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Tips franchise berikutnya adalah baca perjanjian dengan pemilik waralaba dengan baik dan benar. Pastikan kamu mengetahui semua perjanjiannya dengan baik.

Rekomendasi Bisnis Franchise Murah

1. Sabana

Sebagian dari kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan bisnis franchise yang satu ini. Ya, Sabana merupakan bisnis yang bergerak di bidang kuliner dengan menjual ayam goreng tepung (fried chicken). Melihat di situs resmi, biaya waralaba untuk Sabana sendiri sekitar Rp22.500.000. Kamu pun bisa membuka usaha ini di lingkungan rumahan atau menebeng dengan Indomaret/Alfamart. Omzet yang ditawarkan pun bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulannya.

2. Tahu Jeletot Taisi

Bisnis franchise murah berikutnya adalah Tahu Jeletot Taisi. Bisnis yang bermula sejak tahun 2012 ini pertama kali membuka gerainya di kawasan Perumnas Depok 1, Jawa Barat. Sesuai namanya, Tahu Jeletot Taisi menjual gorengan tahu jeletot yang pedas dengan berbagai macam varian isi, mulai dari yang original, ayam, jamur, sosis, dan lainnya. Harga waralaba Tahu Jeletot Taisi sendiri mulai dari Rp20 juta, tergantung vairan gerobak. Omzetnya pun bisa mencapai Rp30 jutaan dalam sebulan.

3. Daddys Takoyaki

Bisnis franchise makanan murah berikutnya yang bisa kamu coba adalah Daddys Takoyaki. Tak perlu keluar biaya mahal untuk dapat berjualan makanan khas Jepang, yakni takoyaki. Daddys Takoyaki menawarkan biaya franchise Rp24 juta. Tapi, ketika berita ini ditulis, biaya waralabanya lagi diskon lho, jadi Rp18 juta. Keuntungan tertinggi Daddys Takoyaki bisa mencapai Rp14 jutaan per bulan, kalau jualannya 70 pack/hari.

Baca Juga: Bisnis Bibit Tanaman Via Online, UKM Ini Raup Untung di Tengah Pandemi

4. Say Story

Bicara bisnis franchise murah, maka tidak lepas dari yang namanya minuman kekinian. Salah satu minuman kekinian yang bisa kamu coba adalah Say Story. Say Story menjual berbagai macam minuman kekinian, mulai dari yang kopi sampai non-kopi. Harga franchise Say Story mulai dari Rp18 juta dengan omzet per bulan mencapai Rp6 jutaan (perhitungan 26 hari).

5. Ayam Bebek Pak Boss

Ayam Bebek Pak Boss (foto: Gigieeatcake)

Mau coba bisnis franchise makanan murah milik artis? Coba deh Ayam Bebek Pak Boss milik YouTuber sekaligus penyanyi Anji. Waralaba Ayam Bebek Pak Boss ini kalau tidak salah bisa kamu minang dengan biaya Rp40 jutaan. Menurut situsnya, omzet harian Ayam Bebek Pak Boss ini bisa mencapai Rp1,5 jutaan. Jadi, hitung sendiri aja ya per bulannya kira-kira berapa.

Baca Juga: Banting Setir Wariskan Budaya Kuliner, Jimmy Otodidak Rintis UKM Pempek

Exit mobile version