Blanja.com Tutup, Saham Telkom Justru Meroket

Keputusan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk dalam menutup platform e-commerce Blanja.com ternyata berbuah positif pada harga sahamnya. Tercatat pada hari Rabu (02/09) kemarin terjadi penguatan terhadap harga saham Telkom.

Seperti yang terpantau di lantai bursa Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pukul 10.25 WIB Rabu (02/09), saham Telkom menguat 1,38 persen ke posisi 2.940. Saham Telkom ini dibuka pada posisi 2.900 dan bergerak di rentang 2.900 s/d 2.940.

Sementara itu menurut pantauan CNBC Indonesia pada pukul 10.40 WIB, harga saham Telkom naik 1,72 persen ke level Rp2.950/saham. Nilai transaksi saham ini pun mencapai Rp115,76 miliar.

Kinerja saham Telkom tahun ini kurang menggembirakan, tercatat terkoreksi 25,69% secara year to date. Dalam tiga bulan terakhir, saat IHSG mulai positif, saham Telkom masih terkoreksi 6,94%.

Baca Juga: Selain Blanja.com, Ini 2 E-commerce yang Juga Tutup

Blanja.com Tutup

Blanja.com tutup Begini Cara Penarikan Saldonya

Kenaikan saham Telkom ini terjadi tak lama dari pengumuman tutupnya Blanja.com. Diluncurkan pada tahun 2014 silam, Blanja.com sendiri merupakan hasil joint venture antara Telkom dengan eBay. Tutupnya Blanja.com ini diumumkan secara langsung melalui halaman di situs resminya.

Fajrin Rasyid selaku Direktur Digital Business Telkom mengatakan, penutupan Blanja.com karena terjadi perubahan strategi bisnis, dan bagian dari transformasi Telkom Group mulai 1 Oktober yang fokus menyasar segmen Business to Business (B2B). “Ini sejalan dengan rencana strategi jangka panjang kami, dalam rangka meningkatkan profitabilitas perusahaan,” ujarnya.

Baca Juga: Pandemi COVID-19, Waktunya E-commerce untuk Bangkit

Perubahan fokus ini juga sejalan dengan rencana strategis jangka panjang perusahaan dalam meningkatkan profitabilitas, dan mengembangkan bisnis e-commerce ke arah yang lebih baik.

Untuk mewujudkan hal tersebut, saat ini Telkom bersama delapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain aktif menjalankan inisiatif Kementerian BUMN dalam mendukung pemberdayaan UMKM, melalui pengembangan program Pasar Digital (PaDi) UMKM.

PaDi UMKM merupakan instrumen penggerak ekonomi lokal melalui pemanfaatan aplikasi digital, untuk mengembangkan bisnis dan ekosistem UMKM, meningkatkan daya saing bangsa, serta mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Tak hanya itu, Telkom juga tengah mendukung pengadaan barang dan jasa sekolah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara daring, melalui Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah).

Tutupnya Blanja.com sendiri menambah panjang daftar e-commerce yang tutup selama masa pandemi. Sebelum Blanja.com, Sorabel dan Stoqo lebih dulu mengumumkan penutupan layanannya di bulan April dan Juli lalu.

Baca Juga: Blanja.com Ditutup! Begini Cara Penarikan Saldonya

Exit mobile version