Bolu Meranti: Sejarah, Perbedaannya dengan Bolu Biasa, dan Lokasi Membelinya

Bolu Meranti adalah oleh-oleh legendaris dari Medan, Sumatra Utara, yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke kota itu. Pesanan bolu gulung ini tidak tergoyahkan di tengah gempuran bolu-bolu hasil kreasi dan inovasi terbaru. Meski ada banyak jenis bolu dan semua memiliki penggemarnya masing-masing, Bolu Meranti tetap banyak dicari terutama untuk oleh-oleh. Hal ini karena Bolu Meranti dan Medan seolah sudah menjadi satu kesatuan.

Bolu Meranti adalah sebuah merek top of mind. Dimulai sebagai usaha rumah tangga, bolu ini telah berkembang jauh, baik dari pengelolaan, kemasan, promosi, hingga gedung toko. Pembeli sudah bisa membayangkan kelezatan bolu ini hanya dari melihat foto-fotonya di laman resmi Bolu Meranti.

Sejarah Bolu Meranti

Bolu Meranti: Sejarah, Perbedaannya dengan Bolu Biasa, dan Lokasi Membelinya

Bolu gulung ini diciptakan oleh Ai Ling, seorang ibu dengan 4 orang anak. Ai Ling yang hobi memasak ini mencoba mambuat kue bolu untuk dijual.

Karena masih percobaan, Ai Ling tidak menjualnya sendiri, melainkan menitipkan bolu tersebut di toko tantenya di Jalan Meranti. Tak disangka, pembeli bolu tersebut tak putus-putus sehingga menjadi produk terlaris di toko tersebut.

Pada tahun 2005, Ai Ling memutuskan membuka toko sendiri di Jalan Kruing 2K agar lebih mudah memastikan ketersediaan bolu tersebut. Bolu tersebut diberi nama Bolu Meranti. Dengan demikian, merek itu tidak berhubungan dengan letak toko milik Ai Ling yang baru, tetapi justru merupakan letak toko pertama tempatnya menitipkan bolu yang bukan merupakan miliknya.

Meski penamaan itu terdengar tidak biasa, tetapi hal ini cukup masuk akal, yaitu agar pelanggan lama tetap punya ikatan batin dengan asal-usul bolu tersebut. Dengan begitu, Ai Ling tidak perlu membangun kepercayaan pelanggan dari awal lagi.

Selain produk dengan premium, salah satu kunci sukses Ai Ling adalah dengan melibatkan anak-anaknya sejak skala bisnisnya masih kecil. Mereka tidak sekadar terlibat, tetapi diberi tanggung jawab yang berbeda-beda. Keempat anak Ai Ling masing-masing diberi tanggung jawab untuk memegang keuangan, produksi, penjualan, dan manajemen perusahaan.

Sejak awal Ai Ling sudah menyadari bahwa untuk menjadi besar, usaha tersebut tidak bisa ditangani sendiri, melainkan harus ada pembagian tugas dan tanggung jawab. Kemasan pertama bolu ini yang bertuliskan nomor telepon toko merupakan ide dari salah satu anak Ai Ling.

Untuk menjaga mutu dan kekompakan, Ai Ling tidak begitu saja mengizinkan anak-anaknya membuka cabang. Perlu waktu yang sangat lama hingga Ai Ling memperbolehkan anaknya membuka cabang.

Baca juga: Croffle Mania: Sejarah dan Rekomendasi Tempat Kuliner Croffle Terbaik di Jakarta

Perbedaan Bolu Meranti dengan Bolu Biasa

Apa hebatnya bolu gulung ini dibandingkan dengan bolu lain? Bolu ini diklaim memiliki tekstur cake yang lembut, bahkan setelah dimasukkan ke dalam kulkas selama beberapa hari.

Hal ini berbeda, lantaran umumnya kue bolu yang dimasukkan ke lemari pendingin akan berubah kering. Namun, tidak dengan bolu ini yang tetap moist. Aroma cake yang lembut dan after taste yang creamy merupakan hasil dari penggunaan butter dan margarin berkualitas tinggi.

Dahulu bolu ini hanya memiliki 4 varian bolu gulung, yaitu keju, moka, nanas, dan stroberi. Sekarang telah banyak dilakukan inovasi sehingga terdapat lebih banyak pilihan, antara lain:

  1. Bolu gulung standar rasa keju, moka, nanas, stroberi, bluberi, cappuccino, dan kacang. Bolu standar rasa keju dihargai Rp80.000. Selebihnya berharga Rp70.000.
  2. Bolu gulung spesial rasa double cokelat berharga Rp90.000 dan rasa abon ayam berharga Rp80.000.
  3. Bolu gulung topping cokelat rasa keju dengan harga Rp100.000 dan rasa moka, nanas, stroberi, bluberi, cappuccino, dan kacang dengan harga Rp90.000.
  4. Bolu gulung topping keju rasa keju dengan harga Rp105.000 dan rasa moka, nanas, stroberi, bluberi, cappuccino, dan kacang dengan harga Rp95.000.
  5. Bolu gulung topping kacang rasa keju dengan harga Rp105.000 dan rasa moka, nanas, stroberi, bluberi, cappuccino, dan kacang dengan harga Rp95.000.
  6. Bolu gulung 3 in 1, yaitu dalam satu kemasan terdapat 3 buah bolu gulung rasa keju, cokelat dan bluberi. Harga satu pak adalah Rp115.000.
  7. Bolu gulung gift pack, yaitu dalam satu kemasan terdapat 4 buah bolu gulung mini rasa keju, nanas, moka dan cappuccino.

Untuk memberikan pilihan lebih banyak kepada para pelanggan dan untuk mengisi etalase toko yang telah berkembang lebih luas, di sini juga ada lapis prunes, lapis legit, lapis Surabaya, bika ambon, bika ubi, pancake durian, dan banyak sekali variasi bolu lainnya.

Lokasi Pembelian Bolu Meranti

Ada beberapa cara pembelian Bolu Meranti yang cukup mudah, yaitu:

  1. Datang langsung ke toko pusat di Jl. Kruing Simpang Razak No. 7C Medan. Jam buka 07.00 – 20.00 setiap hari. Sedangkan produk baru keluar dari produksi tiap jam 08.00.
  2. Datang langsung ke toko cabang SM Raja di Jl. Sisingamangaraja No. 19B Medan. Jam buka 10.00 – 20.00.
  3. Datang langsung ke toko cabang Ringroad di Komplek OCBC, Jl. Gagak Hitam No. 16 Medan.
  4. Beli di bandara Medan dengan harga Rp7.000 atau Rp10.000 lebih tinggi.
  5. Beli melalui reseller atau jastip. Pilih reseller dengan sistem dropship. Jika melalui jastip atau jasa titipan, perhatikan waktu pengantaran karena bolu ini hanya bertahan 3 hari dan dapat bertahan lebih lama jika disimpan di lemari pendingin.
  6. Beli dengan bantuan ojek online.

Baca juga: Nasi Bakar sebagai Makanan Jalanan yang Populer: Warung dan Penjual Terkenal

Demikianlah fakta-fakta tentang Bolu Meranti yang khas sebagai oleh-oleh dari Kota Medan. Bolu merupakan jenis kue yang ada di mana-mana. Namun bolu yang satu ini berbeda dengan bolu lain sehingga menjadi legenda Medan dan terkenal senusantara.

Exit mobile version