Buat Ojol dan Kurir, Ini 7 Langkah Sehat Naik Motor di Tengah Pandemi

BBM Naik, Ini 3 Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Matik

BBM Naik, Ini 3 Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Matik

 

Tingginya penularan Covid-19, membuat pemerintah masih melanjutkan pembatasan PPKM Level 4 di Jakarta, termasuk beberapa daerah lainnya yang berada di wilayah Pulau Jawa dan Bali.

Beberapa syarat perjalanan pun diperketat, termasuk ketika riding mengendari motor. Namun lebih dari itu, bila terpaksa harus tetap beraktivitas di tengah kondisi penularan yang masih ganas, maka pengendara motor harus lebih ekstra hati-hati.

Karena seperti diketahui, ada beberapa sektor yang masih diizinkan untuk beroperasi, salah satunya seperti logistik dan jasa transportasi layaknya ojek online. Nah, kedua profesi ini sangat rentan, karena selalu berada di lapangan, belum lagi bertemu dengan banyak orang.

BACA JUGA : SIM Motor Dibagi 3 Golongan, Ngga Bisa Sembarangan Naik Moge

Dengan demikian, bagi pengendara motor yang berprofesi sebagai jasa pengantaran barang atau ojol, ada baiknya melakukan beberapa persiapan lebih dulu untuk memastikan kondisi kesehatan badan dan, tentunya motor.

Beikut ada 7 tips langkah berkendara sehat selama pandemi yang diberikan oleh Yamaha Indonesia ;

1. Pastikan kondisi badan dalam keadaan fit dan sehat, untuk memastikannya gunakan thermometer untuk mengecek suhu tubuh atau oximeter untuk mengecek saturasi kadar oksigen

2. Pastikan kondisi motor dalam keadaan baik dengan memperhatikan dasar pengecekan motor seperti tekanan ban, system pengereman, kopling, lampu depan dan belakang motor.

3. Gunakan dua masker sesuai dengan anjuran Pemerintah. Pengendara yang menggunakan buff sebaiknya juga tetap menggunakan masker agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik.

4. Gunakan safety gear helm, sepatu, sarung tangan dan jaket. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya jangan yang setengah, tapi yang bisa menutupi seluruh bagian tangan (full cover).

5. Pastikan kaca helm (visor) selalu tertutup saat berkendara dan hindari penggunaan helm secara bergantian dengan orang lain.Kaca helm selalu tertutup saat berkendara guna mencegah masuknya benda asing serta mengusap mata saat dalam perjalanan.

6. Pastikan selalu membawa cadangan masker dan hand sanitizer. Para pengendara motor perlu membawa masker cadangan sebagai antisipasi jika masker kotor atau basah saat berkendara.

BACA JUGA : Ketika Mitra dan Karyawan Perusahaan Jasa Pengiriman Mengikuti Vaksin Massal JNE

7. Setelah tiba di tujuan, pastikan selalu mencuci tangan dan sempatkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang telah digunakan, sehingga mengurangi potensi terpapar bakteri ataupun virus.

Motor Custom Ridwan Kamil buat Istri garapan UMKM/@ridwankamil

“Masyarakat Indonesia harus tetap menjaga protokol kesehatan agar tetap sehat selama menghadapi pandemi, khususnya para pengguna sepeda motor. Selain mengecek kondisi motor sebelum berkendara, selalu gunakan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sepatu, sarung tangan dan jaket. Kami harap masyarakat Indonesia bisa semakin peduli akan pentingnya keselamatan berkendara dimulai dari diri sendiri,” ujar Frengky Rusli selaku Koordinator Chief Yamaha DDS Jabodetabek.

 

Exit mobile version