Buat UMKM, Gini Cara Singkat Pasarkan Produk via Facebook Marketplace

 

Saat ini ada banyak cara untuk memasarkan produk UMKM. Apalagi di era digital yang mana pemasarannya jauh lebih signifikan karena punya jangkauan jauh lebih luas dari cara-cara konvensional.

Contohnya menggunakan media marketplace yang saat ini cukup menjamur, atau bisa juga memanfatkan media sosial yang kini sudah menyediakan wadah atau platform bagi pelaku UMKM, seperti Facebook Marketplace.

Meski lebih familiar karena berbasis media sosial, sayangnya untuk fitur Facebook Marketplace tak sedikit pelaku UMKM yang belum mengetahui tata cara penjualannya.

Perlu diketahui, Facebook Marketplace merupakan sebuah tambahan fitur yang dirancang oleh Facebook guna menjadi tempat pebisnis dan UMKM untuk memasarkan, mempromosikan, dan menjual produk-produknya.

BACA JUGA : Catat Keuntungan yang Bisa Kamu Dapat di Pesta Diskon Marketplace Ini

Ilustrasi aplikasi facebook
Ilustrasi aplikasi facebook/pic. www.zeebiz.com

Secara sederhana, Facebook Marketplace memiliki basis seperti marketplace lain pada umumnya. Dengan demikian, pelaku UMKM bisa menampilkan foto dari produk yang ingin dipasarkan lengkap bersama keterangannya.

Tapi agar lebih optimal memang perlu diolah lagi, seperti soal penempatan foto yang harus proporsional dengan baik, jelas, dan tak kalah penting penjabaran soal deskripsi produk bersama harganya.

Secara singkat, berikut langkah sederhana memasarkan produk UMKM via Facebook Marketplace yang bisa dipraktikkan ;

– Masuk atau buat akun Facebook
– Pilih dan Klik Marketplace dengan ikon toko yang terletak di menu bar bagian atas
– Klik pilihan Jual Barang
– Lanjutkan dengan memilih jenis penawaran.
– Isi informasi detail produk yang ingin dipasarkan seperti : foto, nama produk, surat keterangan usaha (SKU), kategori, hingga lokasi.

Exit mobile version