Buat yang Insecure, Gini Tips Menghadapinya

 

Tak jarang istilah insecure sering didengar belakangan ini, baik dari oborlan sehari-hari, sampai pembahasan di beragam media. Lantas apa yang dimaksud dengan insecure.

Perlu diketahui, insecure merupakan perasaan tak mampu atau tidak cukup baik yang sering kali membuat seseorang merasa atau berada pada kondisi yang tak pasti.

Mengutip dari beragam sumber, insecure bisa membuat seseorang mengalami ragam kecemasan yang sifatnya berlebihan dalam segala hal. Mulai dari tujuan hidup, kemampuan beradaptasi dan mengatasi situasi, bahkan sampai hubungan.

Nah, bila ada yang merasa pada kondisi di atas, bisa jadi Anda sedang mengalamai masalah insecure. Tapi pada dasarnya situasi tersebut bisa terjadi pada siapa saja.

BACA JUGA : Sudah Tahu Fungsinya Mode Penyamaran Browser?

Lantas bagaimana mengatasinya? Ada beberapa cara untuk menanggulangi masalah insecure, tapi yang paling utama adalah mengetahui dulu apa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Setelah itu tinggal terapkan prosesnya secara berlahan-lahan. Mulai dengan memahami perasaan di diri, dan paling pentingnya lagi, coba memikirkan dari cara pandang yang logis sehingga akan cepat dipahami dengan baik.

Bagi yang memiliki masalah soal bersosialisasi, cara mudahnya dengan melawan kondisi diri atau keluar dari zona nyaman. Misal saat sudah merasa nyaman dengan berkomunikasi secara virtual, giliran terapkan cara sebaliknya.

Cara tersebut memang sedikit sulit, tapi percaya tidak percaya, bila sering dilakukan bakal bisa meningkatkan rasa percaya diri sehingga lama-lama akan terbangun pola yang terbiasa.

BACA JUGA : Benarkah Berkendara Motor Pakai Sandal Jepit Bakal Ditilang?

Tak kalah penting adalah mengubah cara pandang atau perspektif, terutama terkait masalah yang dihadapi sehingga membuat insecure itu muncul.

Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan perbandingan bagi diri sendiri dari sisi yang terbaik. Misal, bila kita memang bukan karyawan terbaik di kantor, tapi saat berada di rumah, diri kita yang paling terbaik untuk anak-anak dan lain sebagainya.

Exit mobile version