Cara Aktivasi Fitur Keamanan di Media Sosial

Pencuri digital atau hacker bisa menjadi mimpi buruk bagi keamanan media sosial. Salah satu cara untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan mengaktifkan Autentikasi Dua Langkah (two factor authentication).

Ibaratnya, Autentikasi Dua Langkah ini seperti alarm rumah yang melengkapi fungsi kunci gembok. Fitur ini memberikan pengamanan ganda pada akun media sosial, agar terhindar dari pembobolan oleh pelaku penipuan

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan fitur ini?

BACA JUGA : Produk Khas Tarakan yang Mendunia dan Tetap Eksis Saat Pandemic Covid-19

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi media sosial Anda.

Facebook

Instagram

WhatsApp

Aplikasi Facebook juga memberikan fitur Pemeriksaan Keamanan untuk mengetahui apakah akun Anda terlindungi dengan baik dan fitur-fitur keamanan sudah diaktifkan. Facebook Security Checkup dapat dilakukan dengan langkah yang mudah:

Buka menu Pengaturan pada aplikasi Facebook, lalu pilih Keamanan dan Login. Pilih Periksa Pengaturan Keamanan Penting Anda.

BACA JUGA : Asyik, Bantuan Gaji Rp 1 Juta Cair Pekan Ini

Lakukan secara rutin pemeriksaan keamanan pada akun media sosial Anda. Seperti mengganti kata sandi secara rutin, dan mengaktifkan Autentikasi Dua Langkah adalah cara-cara sederhana yang dapat membantu Anda terhindar dari modus hacking.

Selain itu lakukan lapisan perlindungan ganda agar tetap aman dan nyaman di ranah online. Jika ada hal yang mencurigakan, beritahu juga teman atau kerabat Anda, agar mereka lebih berhati-hati dan terhindar dari jebakan penipu.

Panduan lengkap seputar menjaga keamanan dan privasi di ranah online dapat dilihat pada buku Panduan Konsumen ‘Anti-Ribet’, hasil kolaborasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Buku ini gratis, dan dapat diunduh (download) oleh siapapun melalui tautan:

Exit mobile version