Cara Cek Penyekatan Jalan dengan Google Maps

cek penyekatan jalan selama ppkm darurat dengan Google Maps

Dengan diterapkannya kebijaka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di Jawa dan Bali, masyarakat pun dihimbau untuk tetap berdiam diri di rumah. Sejumlah penyekatan jalan pun dilakukan di sejumlah ruas jalan di Jakarta dan sekitarnya.

Langkah penyekatan jalan ini dilakukan guna meminimalisir mobilitas penduduk. Harapannya tentu saja untuk menekan angka penyebaran dan penularan virus Covid-19.

Meski demikian, tidak semua orang harus berdiam diri di rumah. Mungkin ada sebagian dari masyarakat yang masih ada kebutuhan mendesak lainnya yang mengharuskan ia untuk pergi ke luar rumah.

Baca Juga: Titik Penyekatan PPKM Darurat di Jalan Tol Ditambah

Namun, ketika kamu pergi ke luar rumah, pastikan kamu tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dengan menerapkan 5M, yakni memakai masker berlapis, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak aman, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Nah, buat kamu yang terpaksa pergi ke luar rumah, kamu bisa mengecek jalan mana saja yang disekat dengan menggunakan Google Maps. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak lama diluncurkan. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Maps
  2. Klik fitur Layers yang ada di sebelah kanan layar
  3. Pilih Traffic pada Maps Details

Jika sudah mengaktifkan Maps Details nantinya akan muncul simbol berupa lingkaran warna merah dengan garis putih di tengahnya. Simbol ini mirip dengan palang dilarang masuk yang ada di jalan-jalan.

Baca Juga: Cara Share Tweet ke Instagram Stories, Gampang Banget!

Artinya jika kamu melihat ada simbol tersebut berarti jalan tersebut sedang dilakukan penutupan atau penyekatan jalan. Google pun akan memperbarui laporan penyekatan jalan di Google Maps ini secara berkala dengan mengambil data dari penggunanya sendiri.

Nah, buat kamu pengguna Google Maps, kamu bisa lho berkontribusi memberi tahu jalan mana saja yang disekat. Berikut ini akan kamu beri tahu cara memberikan kontribusi laporan di Google Maps berdasarkan tipe HP, yakni Android dan iPhone.

Smartphone iPhone

Smartphone Android

Baca Juga: Jangan Melanggar, Ini Aturan PPKM Darurat di DKI Jakarta

Exit mobile version