Cara Cek RAM Laptop Mudah, Biar Tahu Berapa Sisa Kapasitasnya

cara cek RAM laptop mudah

Kamu lupa berapa kapasitas RAM laptopmu? Bingung cara cek RAM laptop? Ikutin terus artikel ini supaya kamu bisa tahu berapa sih kapasitas RAM yang dimiliki laptopmu.

RAM adalah salah satu komponen yang penting di laptop. RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memoryn memiliki fungsi untuk menyimpan aplikasi dan sistem operasi dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Survei: Konsumen Ketagihan Smartphone dengan RAM Besar!

Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin lancar laptopmu dalam mengoperasikan sebuah aplikasi. Namun, jika kapasitas RAM semakin terkikis, maka besar kemungkinan laptopmu menjadi lemot. Oleh karenanya, penting untuk mengecek secara berkala kapasitas RAM yang tersisa di laptop. Nah, berikut ini adalah cara cek RAM laptop yang mudah versi Jnews.

Cek Kapasitas RAM Laptop dengan Mudah

1. Pakai shortcut

Tidak semua yang berkaitan dengan komputasi itu rumit. Kamu yang bukan sarjana IT pun bisa lho cek RAM laptop mudah. Salah satu caranya adalah menggunakan shortcut. Shortcut bisa diakses dengan menekak tombol tertentu di keyboard. Berikut caranya:

Nantinya di jendela itu akan menampilkan informasi yang lengkap dari sistem laptop. Tidak hanya RAM, informasi juga menampilkan data-data lain, prosesor, dan sebagainya.

2. Cek RAM pakai Control Panel

Melihat berapa kapasitas RAM laptop bisa melalui menu Control Panel. Caranya adalah:

3. Cek RAM laptop pakai Task Manager

Cara mudah cek RAM laptop berikutnya bisa melalui Task Manager. Cara ini juga terbilang sederhana dan mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

Ada juga cara yang lebih sederhana, dimana kamu bisa klik kanan Windows dan pilih Task Manager. Selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah di atas. Selain RAM, ada juga informasi berupa grafik terkait CPU, harddisk, dan sebagainya.

Baca Juga: Laptop Mulai Lemot, Kenali Biang Keroknya

4. Cek RAM dengan dxdiag

Cara yang satu ini terbilang lawas dan banyak yang tahu juga lho. Namun, buat kamu yang belum tahu, berikut kami kasih informasinya!

5. Cek RAM di Windows 10

Cara cek RAM di Windows 10 memang agak berbeda dari sistem operasi yang lainnya. Caranya sebagai berikut:

Nah, itu dia tadi informasi cara cek RAM laptop. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version