Lemot, Ini 3 Cara Cek Speed Internet Paling Mudah dari Laptop

Cek speed internet selalu ingin dilakukan jika jaringan yang sedang digunakan terasa lemot. Umumnya orang menggunakan laptop untuk keperluan penting, misalnya bekerja, seminar, kuliah, dan sebagainya.

Jaringan yang lemot bisa terjadi sewaktu-waktu, dan pasti akan sangat mengganggu. Jika sedang menggunakan laptop, tidak perlu beralih ke HP dulu untuk memeriksa kecepatan internet. Pemeriksaan bisa dilakukan melalui laptop itu juga.

Bagi yang bekerja secara online, memeriksa kecepatan internet penting untuk dilakukan demi kelancaran pekerjaan. Jika jaringan yang yang sedang digunakan tidak memuaskan, bisa berganti ke provider lain. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek speed internet melalui laptop yang sedang digunakan tersebut.

3 Cara Cek Speed Internet dari Laptop

Ada banyak sekali cara untuk memeriksa speed internet dari laptop. Namun secara garis besar ada 3 cara yang bisa dicoba dan cukup mudah, tanpa perlu mengunduh apa pun. Berikut 3 cara cek speed internet dari laptop.

1. Menggunakan Google Search di browser laptop

Ini merupakan cara termudah yang bisa dilakukan untuk cek speed internet, yaitu menggunakan browser di laptop. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka browser menggunakan Chrome yang merupakan produk dari Google.
  2. Ketik “speed test” pada kolom pencarian atau search.
  3. Akan terbuka hasil pencarian seperti biasa.
  4. Pada bagian paling atas ada kotak dengan judul Uji Kecepatan Internet. Di bawahnya ada tulisan: Periksa kecepatan internet Anda dalam 30 detik. Di bawahnya lagi ada banyak penjelasan seputar uji kecepatan internet tersebut.
  5. Di sebelah kanan bawah kotak tersebut ada kotak biru dengan tulisan Jalankan Uji Kecepatan. Klik tulisan tersebut untuk membuka alat pengujinya.
  6. Setelah pengujian selama 30 detik, akan diperolah informasi tentang kecepatan mengunggah dan mengunduh. Di bawahnya ada kesimpulan apakah jaringan yang diuji itu termasuk cepat atau lambat. Di bawah kesimpulan tersebut ada keterangan tentang konten seperti apa yang bisa dilihat dengan lancar menggunakan kecepatan tersebut.

Baca juga: UC Browser Web: Pengertian, Keunggulan, dan Cara Instalnya

2. Menggunakan CMD atau Command Prompt

Cara ini sebenarnya mudah, tetapi banyak yang takut melakukannya karena menggunakan CMD atau Command prompt. Bagi orang-orang yang tidak paham coding, memasukkan kode-kode seperti itu cukup mencemaskan karena takut merusak laptop. Takutnya, dari laptop yang lemot menjadi laptop yang tidak bisa dipakai sama sekali.

CMD adalah software pengoperasian Windows yang sudah ada di laptop. Untuk dapat menggunakannya, tak perlu khawatir. Gampang sekali, berikut caranya.

  1. Untuk membuka CMD, ada beberapa cara tergantung tipe Windows. Pertama, klik kanan lambang jendela atau Windows di pojok kiri layar laptop. Gulir ke bawah, lalu klik Command prompt. Kedua, klik lambang jendela atau Windows lalu ketik CMD di kolom search. Klik Command prompt.
  2. Ketik 8.8.8.8 –t, lalu tekan enter.
  3. Setelah itu akan keluar aliran baris kalimat. Perhatikan tulisan times. Jika angkanya makin besar, maka jaringan melambat. Jika ada frasa time out, berarti koneksi lambat.

Dikutip dari laman MyOrbit, angka 8.8.8.8 adalah DNS Google yang sering digunakan untuk cek speed internet. Selain angka tersebut, bisa juga dengan melakukan ping menggunakan google.co.id –t.

3. Menggunakan laman pengecekan speed internet

Cara cek speed internet berikutnya adalah menggunakan fasilitas yang disediakan oleh beberapa situs pengecekan jaringan internet. Biasanya laman-laman tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk mengetes kecepatan internet rumah, tetapi juga bisa untuk memeriksa masalah teknis lainnya.

Beberapa website yang bisa digunakan untuk cek speed internet adalah:

  1. Fast.com. Ini merupakan situs dengan cara pengecekan jaringan internet paling praktis. Cukup ketik fast.com di browser maka akan terbuka tab baru dan langsung menghitung kecepatan jaringan yang digunakan laptop tersebut tanpa perlu mengetik atau memencet apa-apa lagi.
  2. Meter.net. Laman ini bisa digunakan untuk memeriksa kecepatan internet dalam jaringan Wi-Fi. Waktu pengecekaan adalah 30 detik. Informasi yang diperoleh meliputi kecepatan internet, Ping, kecepatan upload, dan kecepatan download.
  3. Speedtest.net. Situs yang dikembangkan oleh Ookla ini sudah cukup dikenal dan juga tersedia dalam bentuk aplikasi. Kecepatan internet ditunjukkan dengan angka dalam lingkaran besar. Makin besar angkanya, makin cepat koneksi internetnya.
  4. Speedsmart.net. Speedsmart juga menyediakan aplikasi pengecekan jaringan internet untuk iOS dan Android. Untuk pengecekan di laptop, pengguna akan mendapatkan hasil berupa kecepatan download, kecepatan upload, IP server dan nama provider.
  5. Bandwithplace.com. Hasil pengecekan jaringan internet yang diperoleh dari laman ini cukup lengkap, meliputi kecepatan download, kecepatan upload, Ping dan nama provider.

Baca juga: Mengulik Google Adsense untuk Mendapatkan Penghasilan

Demikianlah cara cek speed internet yang bisa dilakukan dengan mudah dari laptop. Jaringan yang lemot akan mengganggu pekerjaan sehingga perlu diperiksa untuk dicarikan solusi.

Exit mobile version