Cara Hapus Cache, Tumpukan File yang Bikin Laptop Lemot

Ilustrasi cleare Cache/dok. https://sea.pcmag.com/

 

Salah satu kontributor penyebab laptop menjadi lemot, lantaran banyaknya file sementara yang digunakan oleh program atau sistem operasi atau sering disebut cache. Karena itu, pemilik laptop harus tahu cara menghapusnya.

Penting diketahui, makin banyak cache dibiarkan di dalam penyimpanan laptop, otomatis akan makin membuatnya menumpuk, Kondisi tersebut membuat ruang penyimpanan makin sedikit dan dampaknya kerja laptop pun menjadi lemot.

BACA JUGA : Laptop Mulai Lemot, Kenali Biang Keroknya

Cache sendiri biasanya terdapat di riwayat File Explorer hingga browser, untuk menghapusnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik laptop. Sekali lagi, ini penting untuk dilakukan secara rutin agar kerja laptop Anda tetap prima.

Facebook tingkatkan literasi

1. Hapus Cache di Firefox

Bila suka menggunakan browser Firefox, Anda cukup membuka History yang ada di sudut kanan atas. Setelah itu klik Clear Recent History, dan biasanya akan muncul opsi pilihan waktu yang akan dihapus.

Anda bisa memilih mau menghapus semua atau menyesuaikan yang masih dibutuhkan. Selain itu, berbagai jensi file lain juga dapat dihapus, seperti riwayat penelusuran dan lainnya.

2. Hapus Cache di Safari

Bagi pengguna Mac, tentu Safari menjadi browser andalan. Namun demikian, masalah cache tetap sama, makin menumpuk makin membuat kerja laptor melemat alias lemot.

BACA JUGA : 3 Peluang Bisnis yang Diprediksi Ngetren di 2021

Untuk menghapusnya, cukuk kllik menu Safari dan pilih Clear History and Website Data. Namun Anda tidak diberikan banyak opsi selain menghapus semuanya.

3. Hapus Cache di Chrome

Untuk menghapus cache via Google Chrome, caranya tinggal klik tiga batis pada bagian pojok kanan atas dan pilih History. Dari sini, Anda bisa melihat riwayat kunjungan web Anda dalam beberapa waktu yang tergolong baru.

Anda dapat menghapus semua kunjungan individu dengan mecentang semua kotak pilihan, lalu dilanjutkan dengan hapus semua item yang dipilih. Anda juga dimungkinkan menghapuskan semua riwayat yang memang tak lagi diperlukan.

BACA JUGA : Beberapa Alternatif WhatsApp Buat yang Mau ‘Hijrah’

Caranya, pilih Hapus dara penjelajahan yang ada pada bagian atas layar History. Pastikan semua kota di samping diklik, lalu tinggal lakukan pemusnahan.

Exit mobile version