Cara Hapus Game Steam Biar PC Nggak Lemot

Kamu ngerasa PC kamu sudah lemot? Mungkin kapasitas harddisk kamu sudah penuh tuh. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan ‘sampah’ yang ada di dalam harddisk PC, termasuk meng-uninstall sejumlah game yang ada di dalam PC, tak ketinggalan di Steam.

Steam adalah platform gaming yang paling terkenal di kalangan gamer PC. Dengan menggunakan Steam, gamer bisa membeli game digital dan memainkannya kapan pun dia mau. Salah satu kelebihan dari Steam adalah kamu tidak perlu menyimpan game secara fisik dan juga tentu saja banyak sekali diskonan, apalagi menjelang akhir tahun seperti ini.

Namun, secara tidak sadar karena bentuknya game digital, maka otomatis kapasitas penyimpanan di PC akan terkuras habis. Mau tidak mau, gamer harus pintar-pintar dalam mengelola kapasitas penyimpanan agar PC atau laptopnya tidak lemot.

Nah, buat kamu yang penasaran gimana cara uninstall game Steam agar PC bisa normal kembali, simak tips atau langkahnya di bawah ini ya!

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Mudah

Uninstall lewat Steam Library

PC lemot hapus game di Steam Library

Sekadar informasi, game-game yang sudah dibeli di Steam biasanya akan muncul di Steam Library. Makanya, banyak dari gamer yang tidak sadar game hasil belinya menumpuk di Steam Library yang mengakibatkan PC-nya jadi lemot. Cara uninstall-nya sendiri sangat sederhana dan mudah kok, di antaranya:

  1. Buka program Steam
  2. Pergi ke Library > Games
  3. Klik kanan game yang ingin kamu uninstall dari sidebar di sebelah kiri
  4. Pilih Uninstall
  5. Kemudikan kamu klik Delete untuk mengkonfirmasi bahwa game dihapus

Itu dia tadi cara uninstall game Steam lewat Steam Library. Perlu diingat, bahwa meski kamu sudah uninstall, bukan berarti game tersebut tidak bisa kamu mainkan lagi ya. Kalau kamu mau mainin lagi, kamu tinggal download ulang dan install deh.

Baca Juga: Cara Main Mobile Legends di PC, Nggak Pakai Ribet

Uninstall game Steam dari Windows

Selain dari Steam Library, kamu juga bisa uninstall dari sistem Windows atau dari PC langsung. Caranya kamu ke menu Remove Programs. Untuk langkah-langkahnya, silahkan ikuti instruksi di bawah ini:

  1. Pencet tombol Windows dan ketik Add or Remove Programs
  2. Buka tools yang dimaksud
  3. Geser ke bawah dan cari game yang ingin kamu uninstall
  4. Klik dan pilih Uninstall, lalu ikuti instruksi yang ada di layar

Jangan lupa hapus berkas

Game sudah dihapus, tapi perlu diingat bahwa masih ada tuh sisa-sisa file dari game tersebut. Memang sih ukuran file-nya biasanya kecil. Tapi, kalau dibiarkan lama-lama kan menumpuk. Untuk menghapusnya, berikut caranya!

  1. Langkah pertama pergi ke folder Steam di komputermu. Biasanya sih folder ini tergantung dari di mana kamu menyimpannya. Namun, seharusnya jika mengikuti default kamu bisa menemukan folder tersebut di C:\Program Files\Steam\.
  2. Kemudian kamu pergi ke steamapps > common
  3. Klik kanan di folder dan pilh Delete

Gimana? Gampang banget bukan? Dengan uninstall game Steam akan sangat membantu PC atau laptopmu bernapas lega. Kamu pun bisa install game baru deh. Selamat mencoba!

Baca Juga: HUAWEI MateBook D15 Laptop Ringan, Layar Besar dengan Harga Terjangkau

Exit mobile version