Langkah Mudah Mengirim Paket COD dengan JNE

JNEWS – Bagi yang sudah terbiasa berbelanja online, pasti istilah cash on delivery atau COD sudah tidak asing lagi. Sebagai perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia, JNE menyiapkan layanan ini. Jadi, sebelum menggunakannya, konsumen perlu tahu cara kirim paket COD JNE.

Sebenarnya, sistem pembayaran ini sudah ada sejak belanja online melalui marketplace belum booming seperti sekarang. Sistem ini mengharuskan adanya pertemuan antara penjual dan pembeli di satu tempat serta waktu yang telah disepakati.

Awalnya, transaksi terjadi setelah melihat unggahan jual barang baik di media sosial maupun aplikasi jual beli online. Lalu, penjual dan pembeli janjian bertemu di satu tempat. Penjual membawa barang fisik untuk ditunjukkan ke calon pembeli. Kemudian, calon pembeli akan mengecek fisik barang tersebut. Apabila sesuai, maka calon pembeli akan membayar sesuai harga yang telah disepakati. Di sinilah awal mula istilah COD muncul.

Seiring dengan berkembangnya belanja online, sistem pembayaran ini mulai diadopsi oleh berbagai perusahaan ekspedisi termasuk JNE. Bedanya dengan yang dulu, sekarang ini COD dilakukan oleh kurir bukan penjualnya langsung.

Mengenal Layanan COD

Memudahkan Bisnis UMKM, Ini Keunggulan Layanan Jemput Paket JNE

Layanan COD adalah metode pembayaran untuk pengiriman saat barang telah tiba di alamat tujuan. Dalam konteks jual beli secara daring baik di marketplace maupun e-commerce, COD menurut Shopee Indonesia adalah metode pembayaran yang dilakukan langsung di tempat setelah pesanan dari kurir diterima pembeli.

Dari Tokopedia didapatkan informasi bahwa COD atau pembayaran di tempat merupakan pilihan metode pembayaran yang disediakan marketplace ini, di mana mitra (pembeli) bisa melakukan pembayaran tunai ketika barang diterima.

Sayangnya, tidak semua marketplace menyediakan layanan cash on delivery, begitu juga dengan jasa ekspedisi untuk memfasilitasi transaksi penjual dan pembeli. Marketplace yang memberlakukan metode ini biasanya memiliki syarat khusus yang harus dipenuhi pembeli seperti jumlah minimum nominal belanja.

Baca juga: Memudahkan Bisnis UMKM, Ini Keunggulan Layanan Jemput Paket JNE

Syarat dan Cara Kirim Paket COD JNE

Dikutip dari laman resmi JNE, untuk cara kirim paket COD JNE, seller harus menjadi anggota JLC. Lebih jelasnya, untuk COD ongkir cukup menggunakan JLC (JNE loyalty card) sedangkan COD retail mesti daftar akun melalui sales counter.

Untuk memudahkan pelanggan menggunakan layanan ini, berikut syarat yang mesti dipenuhi.

Selain syarat di atas, ada juga ketentuan umum yang mesti dipenuhi yakni:

Setelah memenuhi syarat di atas, berikut cara kirim paket COD JNE:

  1. Kunjungi laman cs3.jne.co.id, lalu masukkan username dan password.
  2. Setelah login, masuk ke dashboard lalu klik ‘Create Order’.
  3. Pilih menu ‘Order Manually’ supaya lebih leluasa mengaturnya. Kemudian pilih apakah kamu dropshipper atau bukan.
  4. Masukkan informasi pembeli dan penerima, alamat penerima lengkap dan nomor ponsel. Kolom PIC bisa dikosongkan dan lanjut mengisi nama kota tujuan di kolom berikutnya.
  5. Lalu pilih ‘Create Reference’ untuk mendapatkan nomor referensi.
  6. Setelah mendapatkannya, lanjut ke menu ‘Good Type’ untuk pilih jenis barang. Ada dua pilihan yakni paket atau dokumen.
  7. Kemudian, masukkan informasi lengkap tentang barang, penanganan khusus, kategori serta estimasi harga. Lalu klik ‘Choose Service’, pilih JNE REG.
  8. Masukkan data berat barang dan jumlah. Setelah informasi diisi dengan benar, klik ‘Calculate’.
  9. Kemudian menu ‘Good Amount’ akan muncul menampilkan tarif ongkos kirim. Lanjut dengan klik ‘Process Now.’
  10. Setelah itu, akan muncul resi. Cetak resi tersebut dan tempel di atas paket yang telah dikemas.
  11. Datang ke agen JNE terdekat dan pastikan sudah membawa uang sesuai perhitungan tarif di atas.
  12. Setelah barang sampai di pembeli, uang tersebut akan ditransfer ke rekening yang didaftarkan. Maksimal 14 hari uang akan diterima.

Cara kirim paket COD JNE ini tidak terlalu sulit. Yang penting telah mendaftar untuk mendapatkan username dan password supaya bisa login ke website tersebut.

Tip Aman Kirim Paket COD JNE

Kadang kala metode pembayaran ini masih mendatangkan kerugian bagi salah satu pihak. Supaya tidak terjadi kerugian, ada beberapa cara kirim paket COD JNE dengan aman yang bisa dilakukan. Apa saja? Berikut tipnya.

Baca juga: Cek Paket JNE sebelum Pengiriman: Ceklis agar Kiriman Aman

Cara kirim paket COD JNE ini bisa menjadi andalan masyarakat untuk berbelanja online. JNE merupakan perusahaan ekspedisi terbesar yang mendukung layanan ini. Karena itu, dari pihak penjual bisa lebih cermat mematuhi syarat dan cara kirim paket COD JNE supaya tidak terjadi kekeliruan saat pengiriman dan barang tiba dengan aman.

Exit mobile version