Cara Melacak No HP Tak Dikenal dengan Aplikasi

Mendapat panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal sering membuat kita tidak nyaman. Apalagi sekarang ini banyak penipuan yang terjadi melalui telepon. Demi keamanan dan kenyamanan, kita pun perlu mengetahui cara melacak no HP yang tidak dikenal.

Maraknya jual beli dan pembobolan data, membuat nomor kita sering mendapatkan panggilan telepon tidak dikenal baik dari nomor lokal maupun luar negeri. Tidak hanya itu saja, ada segudang promosi, penawaran pinjol ilegal, judi online, penipuan berkedok menang undian, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, masyarakat wajib waspada untuk menghindari jebakan penipuan, phising, dan scam. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menginstal aplikasi sebagai cara melacak no HP yang tidak dikenal.

Penggunaan aplikasi ini sangat berguna untuk mengenali nomor yang tidak tersimpan di ponsel. Apakah ini teman, keluarga, atau penipuan. Cara kerja dari aplikasi ini akan mendeteksi secara otomatis semua panggilan masuk walaupun nomornya belum disimpan. Nantinya, di layar ponsel akan muncul nama pemilik nomor tersebut.

Berikut ini rekomendasi aplikasi yang bisa diunduh baik di Android maupun iOS yang bisa menjadi cara melacak no HP tidak dikenal.

9 Cara Melacak No HP Tidak Dikenal dengan Aplikasi

Cara Melacak No HP Tak Dikenal dengan Aplikasi

1. GetContact

Ini adalah aplikasi melacak nomor HP yang paling populer dan banyak diunduh. GetContact bisa diunduh baik di Android maupun iOS. Melalui aplikasi ini, bisa mengetahui nama kontak kamu yang tersimpan di ponsel orang lain. Setiap ada orang yang menyimpan nomor HP kamu, akan ada notifikasi yang masuk melalui e-mail.

Salah satu fitur unggulan dari GetContact adalah perlindungan terhadap panggilan telepon spam atau nomor HP yang terindikasi penipuan. Untuk bisa menikmati fitur ini, harus upgrade ke premium.

Baca juga: Cara Mudah Melacak HP dengan Fitur Temukan Perangkat Saya dari Google

2. Showcaller

Cara melacak no HP berikutnya adalah dengan mengunduh aplikasi Showcaller. Cara kerja dari aplikasi ini bisa mengidentifikasi nomor HP yang tidak dikenal hingga memblokirnya pada saat terjadi panggilan masuk. Menariknya, aplikasi ini juga bisa menunjukkan detail lokasi penelepon dan komentar tentang nomor telepon.

Komentar tersebut merupakan ‘testimoni’ dari pengguna lainnya yang pernah dihubungi oleh nomor tersebut. Jadi, tanpa perlu repot mengangkat cukup membaca terlebih dulu komentar dan langsung memblokir nomornya.

3. Truecaller

Aplikasi pelacakan nomor HP yang satu ini berasal dari Swedia. Aplikasi ini termasuk yang populer dan banyak diunduh baik di iOS maupun Android. Hingga saat ini pengguna aktifnya telah menembus angka 200 juta orang.

Aplikasi Truecaller sama seperti aplikasi lainnya yang bisa mengidentifikasi nomor asing. Jika ada panggilan masuk dari nomor asing dan teridentifikasi spam, aplikasi ini akan menampilkan warna merah. Ini tandanya bahwa nomor tersebut masuk ke kategori bahaya. Selain bisa memblokir panggilan, Truecaller juga bisa memblokir SMS.

4. Whoscall

Whoscall dikembangkan oleh developer Gogolook. Namun, di tahun 2013, aplikasi ini diakuisisi oleh Naver dan kemudian menjadi satu atap dengan aplikasi komunikasi LINE. Kelebihan dari aplikasi ini cepat mengidentifikasi informasi dari yang menelepon. Database mereka pun lebih dari 1,6 miliar nomor HP.

Aplikasi ini juga bisa mendeteksi berbagai panggilan dengan label spam, bisa menyaring panggilan yang dicurigai sebagai penipuan. Jadi, pengguna pun bisa menghindari panggilan dan pesan yang berpotensi terjadinya penipuan.

5. Mobile Number Locator

Aplikasi Mobile Number Locator dikembangkan oleh developer Sri Apps. Selain bisa mendeteksi panggilan yang masuk apakah spam atau bukan, aplikasi ini juga bisa menemukan lokasi dari perangkat.

Dengan Mobile Number Locator, pengguna akan dibantu menemukan ID asli penelepon dengan detail seperti nama, informasi lokasi, nama operator, negara hingga kota. Jadi, aplikasi ini bisa mendeteksi panggilan dan mencari penelepon yang berasal dari luar negeri.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga memungkinkan cara melacak no HP dengan mode offline. Tak hanya itu saja, ketika ada panggilan masuk maka di layar akan ditampilkan peta lengkap dengan lokasi penelepon dan jarak dengan pengguna saat ini.

6. Kaspersky Who Calls

Nama Kaspersky sangat populer dengan produk antivirusnya. Kaspersky melakukan ekspansi dengan meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan sebagai cara melacak no HP. Di tahun 2023, Kaspersky resmi dirilis di Indonesia. Jadi masyarakat sudah bisa mengunduh aplikasi ini baik versi Android maupun iOS.

Aplikasi ini bisa mengidentifikasi spammer dan scammer. Pengguna juga bisa menambahkan sendiri nomor telepon yang mencurigakan ke basis data spammer. Agar bisa mengidentifikasi panggilan tidak dikenal, pengguna bisa mengaktifkan aplikasi tanpa perlu menambahkan informasi privasi seperti nomor telepon dan data lainnya. Kaspersky Who Calls tersedia dalam tiga versi yakni gratis, berlangganan bulanan, atau berlangganan tahunan.

7. Mr. Number – Caller ID & Spam Protection

Cara kerja dari aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi seperti Truecaller. Pengguna bisa gunakan untuk memblokir panggilan yang tidak dikenal atau terindikasi penipuan. Sayangnya, kekurangan dari aplikasi ini, nomor HP yang sudah diblokir masih bisa menelepon kembali.

8. Eyecon

Keunggulan dari aplikasi Eyecon adalah bebas dari iklan dan bisa diunduh gratis. Secara umum, aplikasi ini bisa mengidentifikasi nomor asing yang menelepon dan memblokirnya. Menariknya, di aplikasi ini pengguna bisa mengunggah foto di nomor asing yang masuk ke dalam database mereka. Selain itu, pengguna juga bisa memilih apakah mau menghubungkan aplikasi dengan media sosial atau tidak.

Baca juga: Dark Web: Apa Itu dan Apa yang Bisa Kita Temukan di Sana?

9. CallApp

Cara melacak no HP lokal dan seluruh dunia, bisa mengunduh aplikasi CallApp. Tidak perlu repot mencari secara manual, karena aplikasi ini akan menampilkan seluruh informasinya bagi pengguna. Fitur utama sama seperti lainnya yaitu bisa memblokir panggilan spam. Kelebihan dari aplikasi ini bisa merekam obrolan yang terjadi, database mereka termasuk lengkap. Sayangnya, beberapa fitur harus diakses secara premium.

Penipuan sekarang ini semakin canggih, maka masyarakat pun harus bisa lebih waspada dan update pengetahuan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Sekarang, bisa mendeteksi panggilan tidak dikenal dengan cara melacak no HP dengan berbagai aplikasi di atas.

Exit mobile version