Cara Melacak Nomor HP Agar Terhindar dari Penipuan

nomor tidak dikenal

Penipuan melalui panggilan spam marak terjadi di era digital seperti saat ini. Bisa saja panggilan telepon yang masuk itu akan mengaku sebagai teman, sodara, atau bahkan bermodus menawarkan asuransi. Hal tersebut bisa kita atasi dengan aplikasi yang bisa melacak nomor HP.

Baca Juga: 5 Aplikasi Bisnis Tanpa Modal untuk Pengembangan Bisnis UMKM

Ya, seiring dengan kemajuan teknologi kini panggilan telepon dengan nomor tidak diketahui bisa dilacak dengan mudah. Melalui aplikasi ini, kamu jadi bisa tahu siapa yang meneleponmu. Siap-siap, berikut cara melacak nomor HP yang tidak dikenal menggunakan sejumlah aplikasi dan situs yang direkomendasikan.

Cara Mudah Melacak Nomor HP

1. GetContact

 

Aplikasi untuk melacak nomor HP yang pertama datang dari GetContact. Aplikasi ini biasanya dipakai untuk mengetahui nomor telepon atau nomor HP yang tidak kamu kenal. Caranya adalah dengan memasukkan nomor lalu klik ‘Search’. Nantinya GetContact akan memberi tahu nama yang muncul dari nomor tersebut.

Nama yang muncul ini biasanya diambil nama yang disimpan oleh orang-orang pada nomor tersebut. Selain bisa mengecek nomor orang lain, kamu juga bisa mengecek nomor kamu sendiri untuk mengetahui deretan nama apa saja yang muncul. Di samping itu, kamu juga bisa memberikan tag kepada nomor yang diinginkan agar memberikan informasi kepada orang lain.

2. Kredibel

Kalau GetContact berbentuk aplikasi, maka yang satu ini berbentuk situs, yakni Kredibel.co.id. Aplikasi ini akan menyediakan database berisi nomor HP yang pernah dipakai untuk melakukan penipuan. Nah, penting banget kan? Soalnya kamu jadi bisa tahu nih nomor yang dimaksud benar atau tidak.

Selain nomor HP, situs ini juga menyediakan nomor rekening yang pernah dipakai untuk modus kejahatan penipuan, sehingga kamu bisa terhindar dari penipuan.

3. Truecaller

Mirip GetContact, Truecaller juga merupakan aplikasi yang bisa kita pakai untuk melacak nomor HP. Data yang dipakai juga berasal dari tag, baik yang disimpan dari HP orang, maupun tag yang diberikan melalui aplikasi.

Menariknya Truecaller juga menawarkan fungsi untuk menjadikannya sebagai default pada panggilan telepon maupun SMS. Jadi, sebelum kamu mencari secara manual, Truecaller akan menampilkan nama dari nomor yang masuk lewat panggilan telepon. Biasanya jika terindentifikasi sebagai spam, maka Truecaller akan menandainya dengan warna merah.

Baca Juga: Coba SIGNAL, Aplikasi Bayar Pajak Kendaraan Nasional

4. Sync.ME

Aplikasi berikutnya untuk melacak nomor HP adalah Sync.ME. Aplikasi ini sejatinya mirip-mirip seperti Getcontact maupun Truecaller, dimana dapat mengidentifikasi nomor HP berbasis laporan pengguna lain.

Ada juga fitur untuk menolak panggilan yang teridentifikasi spam, telemarketer, dan robocal tanpa kamu harus repot-repot menekan tombol reject. Caranya adalah dengan mendaftarkan nomor tertentu ke daftar hitam.

Nah, itu dia tadi beberapa aplikasi dan situs yang kami rekomendasikan untuk melacak nomor HP. Semoga bermanfaat yah gaes!

Baca Juga: JNE Luncurkan Aplikasi Digital Untuk Kurir

Exit mobile version