Bagaimana Cara Melihat Kata Sandi Email?

Cara melihat kata sandi email atau password ini penting untuk diketahui supaya tidak panik ketika membutuhkannya. Ada orang yang lupa sandi email karena lama tidak membukanya. Ada yang sebaliknya, yaitu tidak pernah logout dari email. Begitu ada masalah dengan  ponsel dan harus login lagi jadi kelabakan. Sementara untuk menggunakan fitur “Lupa Password” belum sempat memasukkan email lain atau nomor HP untuk pengiriman sandi baru.

Kata sandi memang sengaja sulit ditebak atau dibongkar. Karena itu, ikuti aturan pengelolaan email dari Google, agar jika lupa kata sandi tidak panik. Namun jika sudah telanjur lupa kata sandi sebelum sempat mengikuti aturan Google, maka harus sedikit berusaha untuk membukanya. Itu pun ada beberapa syarat kondisi untuk memudahkan mengetahui kata sandi tersebut.

Cara Melihat Kata Sandi Email

Canva Web: Cara Daftar, Login, dan Penggunaannya untuk Digital Marketing

Cara di bawah ini diperuntukkan melihat kata sandi email milik sendiri, bukan kata sandi milik orang lain. Untuk melihat kata sandi email, bisa melalui ponsel maupun desktop. Pilihlah perangkat yang paling sering digunakan lebih dulu karena memiliki peluang paling banyak menyimpan kata sandi email yang dicari tersebut. Berikut 3 cara melihat kata sandi email.

Baca juga: Begini Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus dengan Mudah

1. Cara Melihat Kata Sandi Email dari Akun Google di HP Android

Saat ini HP dimanfaatkan untuk hampir semua keperluan komunikasi, termasuk mengirim dan menerima email. Semua aplikasi keluaran Google umumnya saling terkoneksi di HP. Karena itu, cara ini merupakan pilihan cara yang harus dicoba dulu karena memiliki peluang menyimpan kata sandi email yang sedang dicari. Berikut caranya:

  1. Buka layar utama, lalu ketuk “Setelan” atau “Settings”.
  2. Gulir ke bawah, lalu ketuk Google. Di HP lain ada yang harus masuk ke “Pengaturan Aplikasi” atau “Application Manager” lebih dulu, baru kemudian ketuk Google. Jadi disesuasikan saja dengan tipe HP yang dimiliki.
  3. Ketuk “Kelola Akun Google”.
  4. Gulir ke samping kanan, lalu ketuk “Keamanan”.
  5. Gulir ke bawah, lalu ketuk “Pengelola Sandi”.
  6. Gulir ke bawah, lalu ketuk “Google.com”.
  7. Pemilik akun akan diminta memasukkan kata sandi pengunci layar. Pengunci layar merupakan pengaman yang penting agar tetap aman ketika HP jatuh atau hilang. Jika layar tidak dikunci, langkah ini akan dilewati atau tidak ada.
  8. Kata kunci akan muncul dalam bentuk titik-titik atau tak terlihat. Ketuk simbol mata di sebelah kanan kata sandi untuk melihat kata kunci tersebut.

2. Cara Melihat Kata Sandi Email dari Google Chrome di HP

Umumnya HP Android sudah dilengkapi dengan aplikasi Chrome dari Google. Karena itu, cara ini juga termasuk mudah dan memiliki peluang menyimpan kata sandi email. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Chrome di HP Android, yang diwakili dengan ikon dan tulisan “Chrome”.
  2. Ketuk tiga titik vertikal di bagian kanan atas.
  3. Ketik “Setelan” atau “Settings”.
  4. Gulir ke bawah dan ketuk “Sandi” atau “Password” atau “Password Manager”. HP lain mungkin menggunakan kata atau frasa yang berbeda lagi. Pilih yang berhubungan dengan kata sandi atau password.
  5. Kata sandi akan langsung ketemu di bagian bawah. Ada juga yang harus masuk “Check Password” lebih dulu atau memasukkan verifikasi. Namun jika pemilik HP sudah melakukan setelan untuk tidak menyimpan kata sandi, maka kata sandi tidak akan muncul.

3. Cara Melihat Password Email dari Google Chrome di Komputer

Buat yang sering membuka email menggunakan desktop, baik laptop ataupun personal computer (PC), bisa mencoba cara di bawah ini:

  1. Ini hanya dapat dilakukan jika sudah menambahkan akun Gmail di Chrome. Buka Google Chrome di browser komputer.
  2. Klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas, pilih “Setelan” atau “Settings”.
  3. Klik “Autofill” atau “Isi Otomatis”.
  4. Klik “Pengelola Sandi” atau “Passwords” atau semacamnya, tergantung versi Chrome.
  5. Semua kata sandi, baik media sosial maupun email, akan tampak. Pilih email. Jika sebelumnya Chrome disetel untuk tidak menyimpan kata sandi, maka kata sandi tidak akan muncul.
  6. Klik simbol mata untuk melihat kata sandi.

Cara melihat kata sandi email melalui Chrome di komputer di atas mungkin berbeda di Chrome versi lain. Yang penting cari kata setelan atau settings dan kata sandi atau passwords.

Baca juga: 11 Hacks untuk Keyboard Laptop yang Perlu Diketahui

Demikianlah cara melihat kata sandi email yang bisa dilakukan buat yang sering lupa password email sendiri. Jika sudah ketemu, kelola ulang kata sandi email tersebut sesuai petunjuk Google agar tidak mudah lupa dan tidak mudah diketahui orang lain.

Exit mobile version