Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Harus Bongkar Pasang

cara membersihkan kipas angin

Siapa di sini yang merasa kesal kalau ada banyak debu yang ngumpul di kipas angin? Selain nggak bagus buat kesehatan, debu-debu yang nempel di kipas angin juga pastinya akan bikin hembusan angin tidak begitu terasa.

Sudah menjadi hal yang lumrah apabila debu-debu berkumpul di kipas angin. Sebagai pemiliki kipas angin, kamu harusnya aware dengan hal tersebut. Karenanya, minimal setiap sebulan sekali kamu wajib membersihkan kipas angin agar aliran udara lancar kembali.

Baca Juga: Tips Memilih Rice Cooker, Jangan Asal Pilih!

Kami pun paham sebagian dari kamu mungkin malas membersihkan kipas angin. Hal ini karena kamu mungkin malas untuk membongkar kipas angin, bukan? Tapi, membersihkan kipas angin nggak harus dibongkar kok. Ada cara membersihkan kipas angin tanpa harus dibongkar.

Lalu bagaimana cara membersihkan kipas angin tanpa harus bongkar pasang? Simak artikelnya berikut!

Cara Bersihkan Kipas Angin Nggak Pakai Bongkar

1. Bersihkan kipas angin pakai blower

Kamu tahu blower kan? Itu lho alat yang bisa mengeluarkan hembusan angin kencang. Nah, kalau kamu ada blower di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan kipas angin tanpa harus dibongkar. Tapi, pastikan untuk membersihkannya di luar ruangan ya agar debunya tidak berterbangan.

GUnakan juga plastik untuk menutupi agar debu tidak terlalu berserakan. Dengan blower, kamu bisa merontokkan debu-debu yang menempel di rangka hingga baling-baling. Namun, jika debunya sudah kadung tebal, kamu mungkin agak kesulitan menggunakan cara ini.

2. Menggunakan pasir atau garam

Ternyata ada lho metode membersihkan kipas angin dengan menggunakan pasir atau garam. Menurut informasi, metode ini cocok untuk membersihkan kipas angin yang berbentuk kotak, kipas jendela, atau kipas alas.

Caranya mudah, pertama ambil selembar kipas dan letakkan kipas di atas lembaran tersebut dengan mengarah ke atas atau bawah. Selanjutnya kamu tinggal tuangkan pasir bersih dan kering atau garam melalui panggangan kipas. Nantinya pasir atau garam itu akan melewati bilah kipas dan membersihkannya.

3. Pakai kompresor udara

Cara yang satu ini juga hampir mirip dengan menggunakan blower. Malahan wajib dilakukan di tempat terbuka karena kompresor udara tentu akan menghasilkan tekanan udara yang lebih kencang ketimbang blower.

Metode membersihkan kipas angin ini dinilai efektif 95% dalam menghilangkan debu dan kotoran. Namun, jika ingin benar-benar bersih kamu bisa menambahkannya dengan menggunakan tongkat yang dilapisi kain mikrofiber untuk dapat menjangkau ke bagian dalam.

Baca Juga: Tips Hemat Listik Bagi Rumah yang Gunakan AC

4. Menggunakan carian pembersih

Tips membersihkan kipas angin berikutnya adalah menggunakan cairan pembersih yang mengandung natrium hipoklorit. Cara yang satu ini memang agak ribet, yakni dengan membawanya ke luar rumah dan meletakkannya di tanah. GFunakankain untuk menutupi motor kipas.

Lalu kemudian semprotkan cairan tersebut di kipas dan diamkan beberapa menu di bawah sinar matahari. Oh iya, kamu tahu nggak cairan natrium hipoklorit itu apa? Salah satu contohnya adalah cairan pemutih rumah tangga. Nah, nantinya setelah benar-benar kering, sisanya tinggal kamu semprot menggunakan air bersih.

5. Menggunakan penyedot debu

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan penyedot debu. Hampir sama metodenya dengan menggunakan blower atau kompresor udara. Hanya saja ini sifatnya dihisap, bukan dihembuskan. Kamu bisa melakukannya di dalam rumah atau di luar rumah apabila ingin aman.

Baca Juga: Tips Bertransaksi Digital yang Aman

Exit mobile version