Cara Mengecek Tiket Pesawat Internasional: Persyaratan dan Tip Tambahan

Liburan akhir tahun tinggal dua bulan lagi. Merencanakan liburan pasti akan sangat menyenangkan. Bagi yang akan berlibur ke luar negeri, perlu tahu cara mengecek tiket pesawat internasional mulai dari harga, syarat dan berbagai tip yang diperlukan agar liburan bisa berjalan aman dan lancar.

Berlibur ke luar negeri tentunya memiliki sensasi tersendiri karena ada banyak hal baru yang bisa ditemukan. Mulai dari perbedaan budaya, kuliner hingga mengunjungi wisata menarik yang berbeda dengan negeri kita.

Selain destinasi wisata, tiket maskapai penerbangan menjadi faktor esensial karena akan menentukan berapa banyak bujet yang akan dikeluarkan nantinya. Tak hanya itu saja, bisa membeli tiket dengan harga promo tentu akan meringankan biaya perjalanan. ‘Kelebihan’ dari biaya tersebut bisa dialokasikan untuk hal lain, misalnya membeli oleh-oleh.

Cara Mengecek Tiket Pesawat Internasional

berburu tiket pesawat

Dalam membeli tiket pesawat dibutuhkan beberapa langkah agar bisa membeli dengan harga terbaik. Berikut ini cara cek tiket pesawat melalui aplikasi online travel agent (OTA) yaitu:

Baca juga:  5 Cara Beli Tiket Pesawat Online dan Offline Termudah

Setelah melakukan pembayaran, umumnya dari aplikasi OTA akan mengirimkan e-mail pemberitahuan yang berisi invoice dan kode booking. Sayangnya, sebagian masyarakat sering kali tidak melakukan pengecekan kembali setelah pembelian. Karena, apabila terjadi kesalahan data penumpang, maka petugas tidak akan mengizinkan penumpang terbang.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengecek ulang tiket pesawat yang di pesan. Beberapa syarat di bawah ini harus diperhatikan antara lain saat akan melakukan pengecekan yaitu:

Data-data penumpang yang ada di kode booking disebut juga dengan passenger name record (PNR). PNR merupakan sebuah kode unik yang menyimpan informasi penting terkait penerbangan yang digunakan untuk kebutuhan website check-in online.

Dengan PNR tersebut penumpang bisa melakukan pengecekan terkait data dan juga check in online. Berikut ini cara mengecek tiket pesawat internasional di beberapa maskapai penerbangan yang memiliki rute internasional.

1. Garuda Indonesia

2. Lion Group (Batik Air, Lion Air, Thai Lion, Malindo Air)

3. Jet Star

4. Air Asia

Tip Mendapatkan Tiket Pesawat Internasional Murah

1. Memilih Jadwal Beli yang Tepat

Dari berbagai informasi yang beredar di kalangan wisatawan yang akan berlibur ke luar negeri, waktu terbaik untuk booking penerbangan internasional adalah Minggu. Hari ini berlaku sama dengan seluruh negara Asia lainnya. Kecuali Thailand dan Singapura, waktu terbaik booking tiket di hari Sabtu.

Sebaliknya, di Indonesia tiket termahal ada di booking hari Selasa. Tren tiket mahal di Indonesia akan berbeda dengan negara Asia lainnya yang mendapatkan tiket termahal di hari Jumat.

2. Memilih Jadwal Penerbangan

Apabila membeli tiket di hari Minggu,maka untuk jadwal penerbangan sebaiknya di antara Senin-Jumat. Tiket di hari biasa cenderung murah. Jam penerbangan juga sangat berpengaruh. Bisanya penerbangan di subuh hari harganya lebih terjangkau.

3. Hindari Peak Season dan Bulan Juni

Sudah rahasia umum bahwa di saat liburan atau peak season, harga tiket dan akomodasi akan naik dua kali lipat. Ini disebabkan karena banyak orang yang akan melakukan perjalanan bertepatan dengan libur panjang sekolah dan kampus. Peak season yang paling mahal adalah di bulan Juni.

4. Beli Saat Promo Online atau Travel Fair

Travel Fair rutin diadakan di berbagai kota, manfaatkan momen ini untuk mendapatkan tiket murah. Biasanya tiap maskapai akan berlomba-lomba memberikan diskon dan paket perjalanan dengan harga terjangkau. Selain itu, kerja sama antara travel dengan bank penyedia pembayaran pun sering memberikan cashback yang menarik.

Begitu juga promo online di berbagai aplikasi OTA. Biasanya di beberapa aplikasi rutin memberikan promo setiap bulannya.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Check In Online Pesawat

Demikian pembahasan tentang cara mengecek tiket pesawat internasional yang bermanfaat untuk bisa cek kembali data pribadi hingga website check-in. Selain itu, dengan menerapkan tips di atas, calon penumpang bisa mendapatkan harga tiket yang ramah di kantong. Selamat berlibur!

Exit mobile version