Begini Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus dengan Mudah

Hal yang paling dihindari ketika melakukan percakapan di WhatsApp adalah chat yang terhapus. Entah itu salah pencet atau tiba-tiba lupa ada pesan penting saat sudah menekan tombol clear all chats. Jangan dulu panik, ada cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus baik menggunakan aplikasi atau cadangan di smartphone.

WhatsApp menjadi aplikasi percakapan dan telepon yang populer di seluruh dunia. Menurut data Business of Apps, jumlah pengguna WhatsApp secara global menembus angka 2,45 miliar orang hingga kuartal 1 tahun 2023. Indonesia sendiri menempati urutan ketiga sebagai negara dengan pengguna terbesar di dunia setelah India dan Brasil.

Selain kemudahan dalam penggunaan, beragam fitur rutin dikembangkan oleh tim Mark Zuckerberg membuat aplikasi ini banyak disukai oleh berbagai kalangan.

Di beberapa smartphone, karena keterbatasan memori penyimpanan ditambah history chat pun sudah banyak akan menyebabkan penggunaan HP tidak optimal. Umumnya, jika memori sudah penuh dan tidak bisa mengunduh gambar, pengguna sering menggunakan pilihan clear all chats. Sayangnya, kadang ada yang lupa percakapan penting yang belum dibintangi jadi terhapus semuanya.

Kasus lain lagi terkait chat yang terhapus adalah smartphone tidak sengaja kereset, rusak atau ganti baru. Berbagai kasus ini membuat pengguna mesti tahu cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Tidak perlu panik dan khawatir, karena ada berbagai cara untuk bisa mengembalikan. Di bawah ini akan diulas langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Cara Menggunakan WhatsApp for Business untuk Berjualan

1. Gunakan File Backup Bawaan WhatsApp

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus pertama dengan menggunakan file backup yang sudah menjadi bawaan dari aplikasi ini.

Dari WhatsApp menyediakan berbagai pilihan untuk backup mulai dari hari, minggu, bulan atau tidak sama sekali. Bagaimana dengan tempat backup? Untuk smartphone berbasis Android biasanya WhatsApp akan menyetor seluruh file ke Google Drive. Sedangkan iPhone, akan dibackup ke iCloud.

Cara cek pengaturan backup : setting > chats > chat backup.

Apabila chat yang sudah terhapus masuk ke dalam backup terakhir, artinya seluruh history percakapan bisa dikembalikan dengan mudah.

Baca juga: 5 Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri, Bisa Pakai Fotomu

2. File Manager untuk yang Tidak Backup Chat

Pilihan tidak backup sering diambil pengguna karena tidak tahu cara backup atau untuk iPhone, tempat penyimpanan iCloud sudah penuh.

Jangan khawatir, karena WhatsApp secara otomatis akan mencadangkan seluruh data chat ke file manager di pukul 02.00 dini hari, seminggu sekali dan hanya disimpan dalam rentang waktu seminggu saja. Jadi, pengguna hanya memiliki tujuh hari untuk mengembalikan chat yang terhapus.

Untuk mengakses chat WhatsApp yang terhapus di file manager lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Buka File Manager di smartphone, lalu pilih menu penyimpanan handphone atau penyimpanan internal.
  2. Kemudian buka folder ‘WhatsApp’, lalu pilih folder ‘Database’.
  3. Nantinya, akan muncul beberapa file chat WhatsApp yang dicadangkan.
  4. Di dalam folder akan muncul banyak file backup dengan nama : mgstore-tahun-bulan-tanggal.1.db.crypt12. Pilihlah yang paling baru dan ubah nama file menjadi : mgstore.db.crypt12.
  5. Selanjutnya buka Google Drive lalu hapus file backup WhatsApp yang tersimpan. Dengan cara penghapusan tersebut, aplikasi akan dipaksa memulihkan file backup di penyimpanan lokal.
  6. Uninstall WhatsApp lalu install lagi.
  7. Ketika muncul perintah ‘Restore’, aplikasi akan mengambil seluruh file yang disimpan tadi.
  8. Klik next atau Restore maka chat yang terhapus akan kembali.

Sebagai info tambahan, cara ini tidak bisa dilakukan oleh pengguna iPhone.

3. Google Drive untuk Pengguna Android

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus khusus pengguna Android, bisa melalui Google Drive. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Uninstall aplikasi WhatsApp
  2. Download ulang
  3. Log in seperti biasa dan verifikasi nomor ponsel
  4. Lalu, akan muncul notifikasi untuk Restore melalui Google Drive, silakan diklik dan pilih next
  5. Setelah itu, WhatsApp akan mengembalikan history chat yang ada di file backup termasuk yang terhapus.

4. iCloud bagi Pengguna iPhone

Menggunakan Google Drive dikhususkan untuk pengguna Android, berbeda halnya dengan iPhone atau perangkat iOS lainnya. Untuk perangkat berbasis iOS, tempat penyimpanannya di iCloud. Berikut cara memulihkan chat yang terhapus.

  1. Uninstall WhatsApp
  2. Instal ulang melalui App Store
  3. Log in dan verifikasi seperti biasa
  4. Akan muncul perintah Restore chat, klik Next
  5. WhatsApp akan mengembalikan chat terhapus dari file backup yang tersimpan di iCloud

5. Menggunakan aplikasi pihak ketiga: iMyFone ChatsBack

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti iMyFone ChatsBack. Walaupun namanya identik dengan iOS tapi aplikasi ini bisa digunakan untuk smartphone Android juga. Untuk menggunakan aplikasi ini, mesti terhubung dulu melalui laptop lalu disambungkan ke smartphone.

Langkah memulihkan chat di Android:

Untuk pengguna iPhone, mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus melalui aplikasi ini bisa dengan cara:

Baca juga: Cara Login dan Menggunakan WhatsApp Web dengan Mudah untuk Pemula

Berbagai cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di atas bisa dipilih dengan menyesuaikan tipe smartphone. Apabila tidak ingin ribet, jangan lupa lakukan backup secara berkala agar bisa menggunakan opsi yang termudah untuk mengembalikan chat yang sudah terhapus.

Exit mobile version