Resmi Dirilis! Begini Cara Update Windows 11

Cara Update Windows 11 – Kabar baik buat kamu pengguna PC atau laptop dengan sistem operasi Windows. Microsoft secara resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya, yakni Windows 11. Melalui blog resminya, Windows 11 sejatinya baru akan diluncurkan pada musim libur akhir tahun atau sekitar bulan November dan Desember.

Seperti diketahui, Windows 11 merupakan sistem operasi penerus dari Windows 10 yang sudah hadir selama 6 tahun. Meski baru akan meluncur pada akhir tahun, Microsoft berencana untuk menggulirkan sistem operasi Windows 11 ini kepada pengguna yang mengikuti program Windows Insider awal pekan depan untuk keperluan pengujian dan mendapatkan feedback.

Baca Juga: HP Terjun Bebas Masuk Air, Segera Lakukan Hal Ini

Baru nantinya, setelah versi final sudah tersedia, pengguna Windows 10 bisa dengan cuma-cuma meng-upgrade sistem operasinya ke yang terbaru. Nah, lalu apa saja sih syarat yang musti dimiliki oleh pengguna PC untuk bisa mendapatkan Windows 11? Berikut syarat Windows 11:

Lalu, apa saja sih yang ditawarkan oleh Windows 11? Apa yang membuat kamu harus upgrade dari Windows 10 ke yang terbaru? Daripada penasaran, simak aja informasinya berikut!

Fitur Windows 11

1. Tampilan Lebih Segar

Namanya sistem operasi terbaru, pastinya Microsoft ingin ada yang beda. Salah satunya adalah tampilan yang lebih segar. Perubahan ini memang tidak begitu terasa, namun bisa terlihat dari sudut jendela yang melengkung, tidak seperti Windows 10. Lalu ada juga pencayahaan yang lebih natural, tampilan dark mode, dan lain-lainnya.

2. Tombol Start Geser ke Tengah

fitur Windows 11

Bila pada sistem operasi sebelum-sebelumnya kamu menemukan tombol atau menu Start yang ada di samping kiri, maka di Windows 11 ini Microsoft menggeser tombol Start ke tengah bersama dengan menu lainnya. Pergeseran menu Start ini membuatnya terlihat seperti tampilan pada MacOS. Meski demikian, menu seperti jam, konektivitas, baterai, dan lainya masih sama lokasinya, yakni di sisi kanan taskbar.

3. Hadirnya Fitur Snap Layout

Fitur Windows 11 juga menyediakan fitur baru bernama Snap Layout. Melalui Snap Layout, Microsoft memberikan kemudahan bagi pengguna yang biasa bekerja dengan beberapa jendela secara bersamaan. Dengan menggunakan fitur Snap Layout, akmu bisa menampilkan 2 hingga 4 jendela sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Mudah

4. Vertical Tab di Edge Browser

Kamu tahu Edge Browser kan? Peramban buatan Microsoft ini juga kebagian fitur baru dengan adanya Windows 11, yakni Vertical Tab. Melalui fitur ini, kamu bisa menyusun tab secara vertikal, bukan horizontal seperti biasanya.

5. Lebih Mudah Dipakai di Tablet

Tak hanya untuk PC atau laptop, Microsoft juga merancang sistem operasi terbarunya ini untuk lebih ramah dipakai di perangkat tablet. Jadi, ketika detachable keyboard dilepas dari tablet, nantinya icon dan menu otomatis akan menyesuaikan dengan mengubah bentuk menjadi lebih besar. Tujuannya agar pengguna lebih mudah mengoperasikannya, baik dengan jari maupun stylus.

6. Bisa Install Aplikasi Android

Kecanggihan berikutnya yang ditawarkan di sistem operasi ke-11 dari Windows ini adalah bisa dipakai untuk menginstal aplikasi Android. Caranya adalah dengan menggunakan Amazon Appstore yang ada di Windows Store. Cukup install aplikasi Amazon Appstore dan kamu bisa install aplikasi Android melalui Amazon Appstore.

Cara Update Windows 11

Ketika nanti versi beta sudah tersedia, kalian bisa mengunduhnya seperti update software biasanya. Caranya:

Baca Juga: Tips Keluar Group WhatsApp Tanpa Diketahui

Exit mobile version