Catat! Ini Tanggal Pemesanan iPhone 13 di Indonesia

tanggal pemesanan iPhone 13

Hayo ngaku, siapa di antara kamu di sini yang udah nggak tahan mau beli iPhone 13? Sebagian dari kamu pasti ada yang menunggu kapan ponsel tersebut diluncurkan di Indonesia. Ada kabar menarik nih, tanggal pemesanan iPhone 13 di Indonesia akan terjadi dalam waktu dekat.

Lebih tepatnya sih, ponsel terbaru Apple itu sudah mulai bisa dipesan pada tanggal 12 November 2021. Nggak cuma satu, tapi ada juga tiga varian lainnnya, seperti iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Informasi ini beredar dari akun Instagram @iboxindonesia dan @digimap_id. “Pre-Order Dimulai Pada 12 November 2021, Pukul 00.01 WIB,” tulis kedua akun tersebut.

Baca Juga: HUAWEI MatePad 11 Dukung Aktivitas Virtual Meeting di Rumah

Perlu diketahui bahwa tanggal tersebut merupakan tanggal pemesanan iPhone 13. Bukan tanggal dijual. Dengan kata lain, kamu hanya baru bisa memesan dengan proses pemesanan yang memakan waktu biasanya sekitar satu minggu.

Nah, dengan demikian, kira-kira smartphone tersebut akan tiba di Indonesia sekitar tanggal 19 November atau sesuai dengan rumor yang beredar sebelumnya.

Pun mencantumkan tanggal pemesanan, pihak Ibox Indonesia maupun Digimap belum memberikan informasi berapa harganya. Tapi, berikut gambaran perkiraan harga iPhone 13 bila mengacu dari informasi bahwa harganya tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.

Harga iPhone 13

iPhone 13 Mini

iPhone 13

iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro Max

Baca Juga: Daftar Ponsel Android yang Bakal Ditinggalkan WhatsApp Mulai 1 November 2020

Dapat Izin dari Kemenperin dan Kominfo

Seperti biasa, semua produsen smartphone yang hendak menjual produknya di Indonesia harus lebih dulu mendapat izin dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Tak ketinggalan untuk smartphone terbaru Apple tersebut.

Hal tersebut ditandai dengan adanya nomor sertifikat 10422/SJ-IND.8/TKDN/9/2021 untuk sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) iPhone 13 atas nama PT Apple Indonesia di situs resmi Kemenperin. Mengacu dari informasi di dalam situs, sertifikat tersebut telah dikeluarkan pada 30 September 2021.

Sekadar informasi, TKDN merupakan syarat mutlak yang wajib dipenuhi oleh produsen asing yang ingin menjual produknya di Indonesia. TKDN bisa berupa perakitan dilakukan di dalam negeri, terdapat muatan software lokal di dalam smartphone, hingga bekerja sama dengan provider lokal.

Tak hanya itu, ada juga sertifikat TKDN iPad dengan nomor 10423/SJ-IND.8/TKDN/9/2021 dan sertifikat TKDN Apple Watch 7 dengan nomor10424/SJ-IND.8/TKDN/9/2021 yang juga diterbitkan pada 30 September 2021. Ada dua model iPad yang didaftarkan oleh PT Apple Indonesia, di antaranya Model A2568 (iPad Mini) dan Model A2604 (iPad). Sementara untuk Apple Watch 7 ada dua model juga, yakni Model A2476 dan Model A2478.

Selain lolos pengujian di Kemenperin, perangkat Apple terbaru itu juga sudah mendapat restu dari Kominfo yang ditandai dengan lolosnya pengujian oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI).

Baca Juga: Begini Cara Nikmati Galaxy M52 5G dengan Pengalaman Flagship yang Megang Banget

Exit mobile version