Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Pakai KTP

Cek Nomor BPJS Kesehatan

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan – Apakah kamu termasuk orang yang lupa dengan nomor BPJS Kesehatan? Mengingat nomor BPJS Kesehatan termasuk hal yang penting, terlebih jika kamu ingin berobat ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang melayani program BPJS Kesehatan.

Bukan cuma itu, nomor BPJS Kesehatan juga dipakai ketika kamu akan membayarkan iuran bulanan, memeriksa saldo, hingga memeriksa keaktifan keanggotan kamu. Jangan sampai, gara-gara lupa nomor, kamu malah jadi tidak membayar iuran kartu hingga nantinya iuran menjadi tertunggak dan dikenai denda.

Kalau kamu lupa berapa nomor BPJS Kesehatan, jangan khawatir. Berikut akan kami beri tahu cara mengecek nomor kartu BPJS melalui KTP.

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Mudah

Cara Cek Nomor Kartu BPJS Pakai KTP

1. Cek nomor BPJS Kesehatan pakai NIK KTP dari aplikasi

Di era internet seperti ini, memeriksa informasi apapun bisa dilakukan melalui aplikasi. Yang kamu butuhkan adalah aplikasi Mobile JKN yang bisa kamu download secara gratis melalui toko aplikasi digital, seperti Google Play Store. Cara memeriksanya adalah sebagai berikut:

2. Cek nomor BPJS Kesehatan melalui website

Berikutnya adalah memeriksa nomor melalui situs resmi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Cek Nomor Telkomsel dan Layanan Lainnya

3. Cek Nomor pakai KTP melalui SMS

Ada juga cara mengecek nomor dengan mengirimkan pesan SMS ke nomor resmi. Caranya mudah, yakni sebagai berikut:

4. Hubungi Call Center

Kalau cara di atas masih membuat kamu bingung, kamu bisa bertanya ke call center resmi dengan menghubbungi 1500400. Nantinya customer service yang akan melayani kamu dan meminta menyebutkan NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir. Jika data sudah benar, pihak customer service akan memberikan informasi mengenai nomor kartu BPJS.

5. Bertanya melalui akun media sosial resmi BPJS Kesehatan

Kalau kamu masih malas dengan dua metode di atas, kamu bisa mencari informasi dengan menghubungi dua akun media sosial resmi BPJS Kesehatan, yakni Facebook dan Twiiter. Untuk akun Twitter bisa menghubungi @BPJSKesehatanRI. Di situ kamu bisa mengirimkan pesan DM.

Selain sebagai sarana bertanya mengenai nomor, akun Twitter tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan aduan atau saran terkait pelayanan.

Baca Juga: Begini Lho Caranya Cek Tagihan Listrik Online

Exit mobile version