Panduan Lengkap Cara Cek Ongkir JNE YES: Simak Biaya dan Waktu Pengiriman

Mengirimkan atau membeli barang tentunya membutuhkan jasa ekspedisi agar bisa tiba tepat waktu. Namun, kadang kala kita membutuhkan jenis pengiriman yang cepat sesuai permintaan konsumen atau penerima. JNE sebagai jasa ekspedisi terbesar di Indonesia, menyediakan layanan JNE YES untuk mengakomodasi hal tersebut. Oleh karena itu, pengirim wajib tahu cara cek ongkir JNE YES agar bisa menyesuaikan bujet yang dimiliki.

Seiring bertambahnya kebutuhan konsumen, maka pihak JNE pun melakukan inovasi dengan menambahkan beragam pilihan layanan. Sehingga dengan menyediakan ragam pilihan pengiriman, masyarakat pun bisa terbantu agar barang yang dipesan bisa diterima tepat waktu dan sesuai bujet.

Kelebihan dari ekspedisi JNE adalah jenis layanannya banyak, harga relatif bersahabat dan memiliki banyak area yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu pengiriman yang sangat membantu adalah JNE YES.

Baca juga: Safari ke Sekolah-sekolah, JNE Medan Tumbuhkan Minat Wirausaha pada Siswa

Tidak hanya belanja online, pengiriman paket cepat sangat dibutuhkan oleh anak rantau yang menunggu kiriman makanan dari orang tua, maupun perusahaan dalam mengirimkan dokumen ke perusahaan lain misalnya.

Jenis Pengiriman JNE

Panduan Lengkap Cara Kirim Surat lewat JNE

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal sebagai JNE adalah salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia. Dengan jaringan dan jangkauan area distribusinya yang luas, kini JNE telah mencakup lebih dari 83.000 kota (termasuk kabupaten, desa dan pulau terluar), 8.000 titik gerai penjualan dan mempekerjakan lebih dari 50.000 karyawan di seluruh Indonesia.

Untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan jasa ekspedisi, maka JNE menyediakan berbagai jenis pengiriman yang bisa dipilih. Berikut ada tiga jenis pengiriman yang paling sering digunakan baik di berbagai e-commerce, individu maupun perusahaan.

JNE YES

Yang pertama ada JNE YES. Kelebihan utama dari jenis pengiriman ini, pihak JNE menjamin bahwa barang yang dikirimkan akan tiba langsung keesokan harinya. Ini seperti akronim dari YES yaitu Yakin Esok Sampai. Dengan demikian, hal ini tentu saja akan memudahkan masyarakat yang ingin menerima barang lebih cepat.

Barang yang dikirim dengan JNE YES akan mendapat skala prioritas baik saat diproses oleh staf JNE maupun kurir. Walaupun dikirimkan saat hari libur, paket akan tetap dikirimkan.

JNE REG

Berikutnya adalah sering yang digunakan oleh masyarakat baik untuk belanja online maupun pengiriman pribadi, JNE REG atau Reguler. Harga JNE REG lebih murah daripada JNE YES dan mencakup seluruh wilayah Indonesia.

Untuk waktu perkiraan waktu barang tiba ke penerima adalah 1-7 hari kerja. Ini pun bergantung pada zona daerah alamat pengiriman.

JNE OKE

Layanan ekspedisi JNE berikutnya adalah JNE Ongkos Kirim Ekonomis (OKE). Dengan melihat nama jenis pengiriman ini memiliki keunggulan dari segi biaya yang lebih ekonomis dan terjangkau dibandingkan dua pengiriman sebelumnya.

Namun estimasi waktu pengiriman paket sampai di tangan penerima lebih lama dari JNE REG sekitar 1-3 hari. Untuk jenis pengiriman ini tidak berlaku garansi pengembalian uang.

Dari ketiga jenis pengiriman di atas, dengan mempertimbangkan kebutuhan misalnya mengirim makan harus cepat agar tidak cepat basi atau mengirimkan dokumen agar cepat diproses, pengirim bisa menggunakan JNE YES. Bagi yang akan menggunakan layanan ini perlu tahu cara cek ongkir JNE YES.

Cara Cek Ongkir JNE YES

Ada dua cara cek ongkir JNE YES yang bisa digunakan yakni melalui website dan juga aplikasi. Berikut langkah-langkah untuk mengeceknya.

1. Melalui Website

2. Aplikasi

Cara cek ongkir JNE YES bisa juga dilakukan dengan aplikasi My JNE. Caranya sangat mudah, berikut penjelasannya.

Selain dengan dua cara resmi di atas, bisa juga menggunakan jasa pihak ketiga seperti di website cekresi.com atau everpro.id. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan klik menu cek ongkir, masukkan: kota asal-kota tujuan-berat, berikutnya akan muncul semua layanan ekspedisi termasuk JNE YES.

Biaya dan Waktu Pengiriman JNE YES

Terkait biaya untuk layanan JNE YES ini pastinya berbeda-beda disesuaikan dengan kota tujuan. Berikut ini beberapa contoh ongkos kirim dari kota-kota besar, yaitu:

Bagaimana dengan waktu pengiriman?

Sesuai dengan namanya Yakin Esok Sampai, cut off pengiriman pukul 11.00 WIB (berbeda di setiap area) dan tiba di tujuan hari berikutnya (paling lambat pukul 23.59 waktu setempat).

Untuk menggunakan layanan ini hanya berlaku di kota-kota yang telah ditentukan. Ada juga peraturan garansi uang kembali apabila terjadi keterlambatan yang disebabkan oleh pihak JNE. Pengirim bisa melacak status pengiriman melalui airwaybill number di website resmi JNE.

Jadi, bagi pengirim yang akan menggunakan layanan ini, ulasan tentang cara cek ongkir JNE YES beserta harga dan waktu pengiriman di atas perlu diperhatikan dengan saksama.

Exit mobile version