Panduan Cek Paket JNE dengan Nomor Telepon dengan Mudah

Cek paket JNE dengan nomor telepon penting diketahui oleh pengirim dan penerima paket. Sebenarnya cek paket JNE itu mudah sekali jika resi sudah disimpan atau difoto. Pengecekan bisa dilakukan melalui website JNE atau aplikasi-aplikasi pengecekan bersama lainnya. Namun, kadang peristiwa tak diharapkan terjadi, misalnya resi sudah raib sebelum difoto, ataupun kondisi-kondisi lainnya.

Jika hal itu terjadi, tak perlu khawatir paket menyasar karena sudah berada di dalam sistem yang akan berjalan dengan sendirinya. Namun, yang jadi masalah adalah jika penasaran ingin memantau perjalanan paket tersebut. Tak perlu membuat surat keterangan di kepolisian, cukup mengikuti cara-cara di bawah ini.

Cek Paket JNE dengan Nomor Telepon

Cek Paket JNE sebelum Pengiriman: Ceklis agar Kiriman Aman

Salah satu cara untuk mengecek paket JNE adalah datang ke kantor JNE. Pelanggan akan diberi beberapa pertanyaan terkait identitas pribadi dan nomor telepon untuk memastikan bahwa pelanggan tersebut benar-benar berhak untuk bertanya. Ini untuk menjaga keamanan data pelanggan.

Pelanggan juga bisa menelepon customer service JNE di nomor (021) 29278888. Petugas juga akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk pengecekan identitas.

Cek paket JNE dengan nomor telepon melalui website tanpa login tidak bisa dilakukan. Pengecekan melalui website hanya bisa dilakukan menggunakan nomor resi. Ini untuk menjaga keamanan pelanggan agar tidak sembarang orang bisa mengecek alamat orang lain hanya berbekal nomor telepon yang bersangkutan.

Pengecekan paling mudah dan murah tanpa biaya bensin dan pulsa telepon adalah cek paket JNE dengan nomor telepon melalui MyJNE. MyJNE adalah aplikasi berbasis Android dan iOS yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun penerima. Cara ini dapat dipilih oleh pelanggan JNE yang memiliki toko online atau konsumen yang sering belanja online.

Ini berarti, pelanggan harus menginstal aplikasi MyJNE, lalu membuat akun di aplikasi tersebut. Isi data-data yang diminta selengkapnya, terutama nomor telepon. Ketika pelanggan login menggunakan nomor telepon, di dalam aplikasi tersebut akan terdaftar paket yang berhubungan dengan nomor telepon tersebut, baik sebagai pengirim maupun penerima. Jadi, pastikan nomor telepon di aplikasi sama dengan yang tertulis di paket.

Baca juga: Mengenal Status Pengiriman Paket JNE dari Awal Hingga Akhir

Cara Membuat Akun di MyJNE

Jika belum memiliki akun di MyJNE, maka harus membuat akun baru di aplikasi tersebut. Langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu sebagai berikut.

  1. Instal aplikasi MyJNE di Appstore maupun Playstore.
  2. Buka aplikasi MyJNE.
  3. Isi nomor telepon yang belum pernah digunakan di aplikasi MyJNE. Jika sudah pernah menggunakan nomor telepon tersebut di MyJNE, tidak perlu membuat akun baru. Cukup klik “Lupa PIN” untuk mengubah PIN. Jika kesulitan, bisa menghubungi customer service.
  4. Klik “Mulai”.
  5. Buat PIN yang tidak mudah ditebak.
  6. Isi nama dan alamat email yang aktif untuk keperluan verifikasi.
  7. Setujui kebijakan privasi serta syarat dan ketentuannya.
  8. Klik Submit.
  9. Muncul kotak untuk meminta OTP sebagai verifikasi. OTP dikirim melalui email, maka segera cek kotak masuk email. Jika tidak ada atau gagal, ulangi atau minta kirim ulang.
  10. Tampilan akan kembali ke depan untuk login sesuai dengan nomor telepon dan PIN yang sudah terdaftar. Dengan demikian MyJNE siap digunakan.

Pada halaman muka aplikasi MyJNE terdapat fitur Top Up, Scan, Cek Resi, Cek Tarif, My JOB, JNE Nearby, Pusat Data, Token Listrik, Dompet Digital, PDAM dan Lainnya. Di bagian bawah ada fitur Riwayat dan Profil. Jadi, MyJNE tidak hanya dapat digunakan untuk pengiriman paket melalui JNE Express tetapi juga untuk keperluan sehari-hari lainnya.

Baca juga: Cara Menulis Alamat dengan Benar agar Paket Aman Sampai di Tujuan

Cara Cek Paket JNE di MyJNE

Setelah memiliki akun di aplikasi MyJNE, maka pelanggan dapat melakukan cek paket JNE dengan nomor telepon. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi MyJNE yang telah diinstal.
  2. Masukkan nomor telepon.
  3. Masukkan PIN.
  4. Klik Riwayat.

Keuntungan melakukan cek paket JNE dengan nomor telepon ini adalah bisa memantau barang-barang yang dibeli secara online apakah benar-benar sudah dikirim oleh penjual atau belum. Jika penjual mengatakan barang sudah dikirim tetapi tanpa memperlihatkan resi, pembeli bisa mengecek sendiri melalui MyJNE.

Demikianlah panduan untuk cek paket JNE dengan nomor telepon yang mudah dilakukan oleh pengirim dan penerima paket. Zaman sudah modern, mengecek paket melalui aplikasi sudah merupakan hal yang normal dilakukan. Tidak perlu repot.

Exit mobile version