Panduan Lengkap Check-In Online Pesawat untuk Pemula

Kemudahan perjalanan menggunakan pesawat tak hanya dapat dirasakan saat pemesanan tiket pesawat. Kini, banyak platform perjalanan hingga situs resmi maskapai penerbangan yang memudahkan check in online pesawat sehingga penumpang tidak perlu terburu-buru ke bandara.

Bagi kamu yang terbiasa melakukan check in pesawat di bandara, beberapa syarat dan ketentuan perlu menjadi perhatian. Sebab, cara melakukan check-in online pesawat memiliki perbedaan dengan prosedur konvensional.

Sistem check in online memungkinkan penumpang untuk melakukan check-in di mana pun. Umumnya, maskapai akan membuka waktu check-in 24 jam dan 75 menit sebelum keberangkatan. Selain itu, ini juga merupakan kontribusi positif dalam mengurangi penggunaan kertas (paperless).

Setelah melakukan check in online, kamu akan memiliki boarding pass untuk akses naik ke pesawat. Pendekatan online lebih efisien karena menghilangkan antrean panjang, dengan hanya memerlukan pemindaian barcode sekali saja.

Cara Check In Online Pesawat

Cara Mengecek Tiket Pesawat Internasional

Berikut ini panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan check-in online, termasuk tip untuk menghindari kesalahan umum melalui website atau aplikasi.

1. Kunjungi Website atau Aplikasi Maskapai

Ada berbagai platform yang menyediakan layanan check in online, mulai dari website dan aplikasi maskapai penerbangan hingga aplikasi agen perjalanan seperti Traveloka ataupun tiket.com.

Untuk itu, kamu dapat memilih platform yang diandalkan. Kunjungi website resmi maskapai penerbangan atau instal aplikasi resmi dari penyedia layanan tersebut. Sejatinya, cara check in online pesawat melalui beberapa platform itu cukup serupa.

Baca juga: 5 Cara Beli Tiket Pesawat Online dan Offline Termudah

2. Login atau Buat Akun

Jika belum memiliki akun, maka buat akun dengan informasi yang diperlukan seperti nama, alamat email, password. Jika sudah memiliki, masuklah ke akunmu. Jangan lupa persiapkan kode tiket pesawat yang sudah kamu beli sebelumnya.

3. Pilih Check-in Online

Setelah itu, cari opsi “Check-in Online” atau sejenisnya di menu utama. Umumnya, saat ini setiap makapai penerbangan memiliki fitur “Web Check In” di masing-masing situs. Layanan ini pun berlaku untuk penerbangan domestik maupun internasional.

4. Isi Informasi Diperlukan

Jika telah menemukan fitur check in online pesawat, kamu akan diminta memasukkan data penumpang dan informasi lain yang diminta, seperti nomor pemesanan atau kode penerbangan. Pastikan kamu mengisi data tersebut dengan tepat agar tidak terjadi kesalahan.

5. Pilih Kursi jika Ada Opsi

Setelah mengisi data booking saat check-in online pesawat, penumpang biasanya bisa memilih tempat duduk yang diinginkan. Beberapa maskapai memberikan opsi untuk memilih tempat duduk pada saat check-in. Namun, tak sedikit maskapai yang secara otomatis menentukan kursi penumpang.

6. Verifikasi Informasi

Periksa kembali semua informasi yang telah dimasukkan untuk memastikan keakuratannya. Pastikan nama, nomor penerbangan, dan detail lainnya sesuai dengan tiket. Konfirmasikan proses check-in setelah memastikan bahwa semua informasi benar.

7. Dapatkan Boarding Pass

Setelah berhasil check-in, unduh atau terima boarding pass digital. Boarding pass ini akan mencantumkan informasi penerbangan berupa lokasi boarding, tempat duduk, dan akses barcode untuk masuk pesawat. Simpan boarding pass secara elektronik di ponsel atau cetak jika diperlukan.

Kesalahan Umum Check In Online dan Solusinya

Beberapa kesalahan umum saat melakukan check-in online pesawat yang perlu kamu perhatikan dan cara menghindarinya adalah sebagai berikut.

1. Salah Memasukkan Data

Kesalahan dalam memasukkan data seperti nama, nomor penerbangan, atau tanggal keberangkatan dapat menyebabkan masalah. Untuk itu, kamu harus teliti dan memeriksa kembali informasi yang dimasukkan sebelum mengonfirmasi check-in.

Dalam hal ini, masalah yang dimaksud yaitu kamu harus melakukan cek uang, di mana setiap maskapai tentu memiliki kebijakan tersendiri terkait hal tersebut. Lebih baik menghindari masalah kecil tersebut ketimbang harus menerima risiko nantinya.

2. Terlambat Melakukan Check-in

Menunda check-in online dapat mengakibatkan ketersediaan atau opsi tempat duduk yang diinginkan menjadi terbatas. Jadi, lakukan check-in sesegera mungkin setelah waktu yang diizinkan oleh maskapai.

Setiap maskapai memiliki kebijakan waktu check in online masing-masing. Misalnya, Garuda Indonesia yang memberikan layanan check in untuk periode 48-2 jam sebelum keberangkatan domestik dan 48 jam – 4 jam sebelum keberangkatan domestik.

Sedangkan, Citilink menerapkan check-in 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik atau 45 menit sebelum waktu keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta, dan 1 jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan Internasional.

Untuk itu, periksalah syarat dan ketentuan dari maskapai penerbangan yang akan kamu tumpangi.

3. Tidak Menyimpan Boarding Pass Dengan Benar

Jika menggunakan boarding pass digital, pastikan untuk menyimpannya dengan benar dan di file penyimpanan yang mudah ditemukan. Kehilangan atau tidak dapat menunjukkan boarding pass dapat menyebabkan kendala saat masuk ke bandara.

Baca juga: Cara Mengecek Tiket Pesawat Internasional: Persyaratan dan Tip Tambahan

Nah, dari beberapa kendala di atas, kita jadi tahu bahwa adalah penting bagi calon penumpang pesawat untuk membaca petunjuk dengan saksama, memeriksa ulang informasi yang dimasukkan, dan melakukan check-in dengan cukup waktu sebelum keberangkatan. Hal ini dimaksudkan agar kesalahan-kesalahan tersebut bisa dihindarkan. Kalau semua sudah lengkap, maka sudah siap untuk berangkat.

Exit mobile version