Cocok untuk Pelaku UMKM, Ini 7 Cara untuk Mengembangkan Usaha

Cara Pertamina Antarkan 455 UMKM Binaan Go Global

Pelaku usaha yang sukses mengembangkan bisnisnya ke dunia internasional. Foto: Istimewa.

Dalam membangun dan mengembangkan usaha tak semudah membalikkan telapak tangan. Selain modal yang cukup, kesuksesan bisnis juga ditentukan oleh strategi yang dilakukan.

Bila strategi yang dipilih kurang tepat, maka berisiko pada kelancaran berbisnis, begitupun sebaliknya. Begitu pentingnya strategi untuk mengembangkan usaha, maka pelaku bisnis harus memberinya perhatian yang khusus.

Nah, agar UMKM kamu dapat berkembang dan meningkat, berikut 7 tips yang bisa dilakukan untuk itu.

Baca juga: Profesi Kreatif di Era Digital yang Wajib Kamu Coba!

1. Riset dan observasi target pasar

Membuka cabang usaha di tempat potensial menjadi salah satu langkah untuk mengembangkan UMKM. Karena itu, awali strategi kamu dengan meneliti berbagai tempat dengan pasar potensial.

Survey dan observasi lokasi yang ingin kamu jadikan cabang usaha. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui apakah wilayah tersebut membutuhkan produk yang kamu jual. Pastikan juga kemudahan akses logistik dalam wilayah tersebut.

Data observasi yang berhasil dikumpulkan dapat menjadi pertimbangan apakah lokasi tersebut layak untuk tempat membuka usaha kamu.

2. Aktif ikut acara pameran dan festival

Mengikuti acara pameran atau festival menjadi salah satu cara mendukung eksistensi produk kamu. Artinya produk kamu akan dikenal masyarakat bila rajin mengikuti pameran dan festival.

Selain itu, kamu juga akan memperluas jaringan dengan mengenal vendor-vendor baru, mengetahui kompetitor bisnis, hingga target pasar baru dan pelanggan setia.

Pastikan juga untuk mengikuti pameran atau festival yang cocok dengan produk kamu.

3. Bangun jaringan sesama pelaku usaha

Memperbanyak jaringan adalah langkah ampuh untuk mengembangkan dan memperluas wilayah bisnis kamu. Selain itu, makin banyak relasi maka makin gampang untuk mencari vendor terverifikasi.

Baca juga: Ikuti 4 Tips Promosi Low Budget Ini

Coba untuk bergabung dengan komunitas dengan jenis usaha yang sama. Cara ini bisa mempermudah kamu mendapatkan informasi seputar usaha yang ditekuni.

4. Meningkatkan mutu layanan

Meningkatkan mutu layanan menjadi bagian yang tak kalah penting untuk mengembangkan bisnis kamu. Saat pelanggan memberikan saran dan kritik, kamu dapat memperbaiki layanan sehingga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Tapi pastikan kamu memenuhi saran dan kritis yang membangun. Dengan kata lain, tidak sembarangan memenuhi permintaan dari pelanggan.

5. Ikuti perkembangan digital dalam berbisnis

Saat ini, teknologi tidak bisa dipisahkan dari segala aspek, termasuk berbisnis. Karena itu untuk dapat mengembangkan bisnis, maka terus update pengetahuan kamu tentang teknologi yang berkaitan dengan bisnis.

Teknologi juga dapat mendekatkan kamu dengan pelanggan. Misalnya dengan memaksimalkan aplikasi messenger, mengirimkan video dan foto produk, video call dan lain-lain.

Baca juga: Hati-hati Krim Racikan Abal-abal, Kenali Perbedaannya

6. Manfaatkan media sosial untuk pemasaran

Setiap pelaku UMKM tentu ingin meningkatkan penjualan produknya. Salah satu cara efektif adalah dengan memasang strategi pemasaran yang tepat.

Di era digital ini, internet memberi peluang bagi penggunanya untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin. Kebanyakan dari mereka menggunakannya untuk mengakses media sosial.

Karena itu penting untuk membuat pemasaran secara digital dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, line, whatsapp, dan BBM.

7. Manfaatkan e-commerce

Kemajuan teknologi di era digital menghadirkan perilaku belanja baru, yaitu secara daring atau online. Kebiasaan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

Belanja online bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Salah satu cara orang untuk berbelanja online adalah dengan mengakses e-commerce.

E-commerce adalah situs dimana orang jual beli segala jenis barang dan semuanya dilakukan menggunakan internet atau secara online.

Baca juga: Cerita UMK Pawon Pengsong Tembus Pasar Global Berkat Pembinaan

Melalui e-commerce, kamu dapat menjual produk dan memperluas target pasar. Manfaatkan fitur yang ditawarkan oleh e-commerce tersebut untuk memudahkan anda mengatur semua penjualan.

 

Exit mobile version