Daftar Maskapai yang Gelar Vaksin Gratis

Pemerintah saat ini tengah gencar menekan angka penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia, salah satunya menggelar program vaksinasi nasional Covid-19 di berbagai wilayah. Nah, kalau kamu belum kebagian vaksin, jangan khawatir karena sejumlah maskapai penerbangan menyediakan fasilitas vaksin gratis bagi calon penumpang.

Pemerintah secara resmi menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021. Di samping penerapan PPKM darurat, pemerintah juga memberlakukan ketentuan wajib vaksin jika ingin bepergian dalam negeri, entah itu pesawat, bus, maupun kereta api.

Jika kamu sudah vaksin, maka kamu cukup menunjukkan kartu vaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Selain itu, kamu juga wajib membawa hasil tes negatif Covid-19. Khusus untuk penerbangan pesawat, hasil tes yang dibawa adalah swap antigen atau PCR yang dilakukan maksimal H-2 sebelum berangkat.

Baca Juga: PT KAI Menyediakan Vaksin Gratis Bagi Calon Penumpang Kereta Api Jarak Jauh

Cara Mendapatkan Kartu Vaksin

Kamu sudah ikut vaksinasi nasional tapi belum dapat kartu vaksin? Gampang kok, kamu kunjungi situs https://pedulilindungi.id atau lewat aplikasi Peduli Lindungi yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Lalu ikuti langkah berikut:

  1. BUka aplikasi, masuk atau register dengan nomor ponsel
  2. Masukan kode OTP yang dikirim ke ponsel
  3. Nantinya kalau sudah berhasil di pojok kanan akan muncul nama pemilik akun
  4. Pilih Sertifikat Vaksin
  5. Buka sertifikat dengan memasukan NIK, lalu submit
  6. Jika sudah dua kali dosis vaksin, sertifikat ada dua. Tapi kalau baru sekali hanya ada satu sertifikat
  7. Pilih sertifikat tersebut dan unduh

Baca Juga: Tips Memilih Kursi Ternyaman di Dalam Pesawat

Daftar Maskapai yang Menyediakan Vaksin Gratis

vaksinasi nasional covid-19

Kembali lagi ke permasalahan di awal, kalau kamu kebetulan belum kebagian vaksinask nasional dan ada rencana untuk bepergian dengan moda pesawat terbang, berikut daftar vaksin gratis maskapai yang menyediakannya.

1. Garuda Indonesia

Sebagai maskapai penerbangan pelat merah ini menyediakan vaksin gratis untuk mempercepat program vaksinasi nasional dengan syarat berusia 18 tahun ke atas. Lokasi vaksin gratis Garuda Indonesia terdapat di area customer service Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

2. Citilink

Anak perusahaan Garuda Indonesia juga mengadakan vaksin gratis bagi penumpang dengan syarat usia 12 tahun ke atas. Calon penumpang bisa registrasi di lokasi pendaftaran yang terletak di area kedatangan domestik (East Lobby) Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan membawa dokumen berupa tiket penerbangan dan KTP asli bagi penumpang 18 tahun ke atas.

Sementara bagi penumpang 12-17 tahun membawa KK. Untuk lokasi vaksinnya sendiri berada di Lounge Umroh domestik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dari pukul 08.00-17.00 WIB.

3. Lion Air

Bagi calon penumpang Lion Air, maskapai ini juga menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 di area kedatangan Terminal 2 D-E dari pukul 08.00-19.00 WIB terhitung 3 Juli kemarin. Buat yang mau vaksin, wajib menunjukkan tiket atau boarding pass yang berlaku.

Diharapkan calon penumpang datang empat jam sebelum jadwal keberangkatan. Jika sudah melakukan vaksin pertama, wajib menunjukan sertifikat vaksin dosis pertama.

Baca Juga: Terbang dengan Garuda Dapat Vaksin Sinovac Gratis, Begini Caranya

Exit mobile version