Dari Jual HP untuk Modal, Kini Z&B Store Pekerjakan Puluhan Karyawan

Azis Bajrie, Pemilik Z&B Store yang Sukses di Bisnis Fashion (Foto diambil sebelum Pandemi Covid-19)

Z&B Store adalah pelaku UKM sukses di Purwakarta, Jawa Barat yang sejak 2015 bermitra dengan JNE Cabang Utama Purwakarta. Kini, Z&B Store yang dimiliki dan dimotori oleh Azis Bajrie banyak membina dan melahirkan UKM maupun reseller yang kemudian menjalin kerjasama dengan JNE Purwakarta.

Nama Z&B store dan pendirinya Azis Bajrie sudah sangat populer di kota Sate Maranggi Purwakarta, Jawa Barat. Selain karena produk-produk fashion-nya banyak disukai masyarakat, Azis juga merupakan pembina dan mentor pelaku UKM maupun reseller baru yang ingin meraih sukses dalam penjualannya.

Kepada JNEWS, Senin (12/10/2020), Azis berkisah bagaimana awal mula merintis usahanya dari mulai menjadi reseller, dropshipper, hingga kemudian mempunyai 6 brand produk yang telah dikenal luas dan miliki banyak pelanggan. Dari awal merintis usaha Aziz sudah menjalin kerjasama dengan JNE Purwakarta.

Baca juga : Berangkat dari Hobi, UKM Ikal House Tuai Untung Puluhan Juta

“Tahun 2012, di mana aplikasi chat Blackberry Mesengger (BBM) tengah hits, saya memulai usaha sebagai reseller dan dropshipper dari orang lain, yang secara profit keuntungannya sangat kecil karena hanya bermodalkan gadget dan paket kuota internet saja.

“Dua tahun kemudian, tepatnya 2014, saya mulai memberanikan diri untuk produksi, khususnya produk batik, dengan menggunakan 1 mesin jahit dan dikerjakan oleh ibu saya, dengan modal awal hanya Rp 600 ribu, itu pun uangnya hasil menjual HP ibu saya,” ujar Azis, mengenang awal merintis usahanya.

JNE Dukung Kiriman dan Bimbingan

Azis Bajrie (kanan) dalam sebuah acara. Sumber : Facebook Aziz Bajrie

Menurut pria yang memiliki motto hidup ‘Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan’ tersebut sejak menjadi reseller, ia sudah mengirimkan paket kepada para customer-nya via JNE

Seiring berjalannya waktu yang dibarengi kerja keras, pada 2016 usaha yang dirintisnya mulai membuahkan hasil positif, sehingga ia pun memberanikan diri untuk menyewa sebuah gudang dan merekrut 4 orang karyawan untuk membantu penjualan, yang semuanya melalui aplikasi atau platform media digital. Terlebih saat itu e-commerce mulai berkembang pesat. Untuk proses pengiriman tetap dipercayakan kepada JNE Purwakarta.

Baca juga : Essential Oil Dari Darjeeling Yang Meroket!

Alhamdulillah transaksi melalui online terus meningkat tajam. Kesuksesan tersebut salah satunya berkat kerjasama dengan JNE, yang tidak hanya dalam pengiriman tetapi memberikan bimbingan, bagaimana cara berbisnis melalui pasar digital,” ujar Azis.

Lebarkan Sayap

Pada 2019, Z&B Store kemudian melebarkan sayap dengan banyaknya distributor, reseller dan agen yang bergabung. Mengingat gudang yang terdahulu tidak mampu lagi menampung barang-barang hasil produksinya, Azis pun memutuskan untuk mencari 3 tempat tambahan, yang berfungsi sebagai  kantor utama, gudang dan tempat produksi.

“Sekarang karyawan back office ada 11 orang, mulai dari bagian konsultan bisnis, pemasaran, content creator dan lain-lain. Untuk di bagian produksi ada 30 orang karyawan, mulai dari tukang jahit, tukang pola, tukang obras hingga bagian finishing,” bebernya.

Adapun produk yang dibuat dan dijual, baik secara offline maupun online  terdiri dari fashion pria maupun wanita. Semua produknya dilabeli dengan brand yang berbeda-beda, hal itu agar produknya mudah dikenal dan diingat masyarakat luas.

“Ada 6 brand yang sudah kita buat untuk usaha kami di bidang fashion, di mana semuanya mempunyai filosofi yang berbeda. Misalnya, produk batik diberi nama brand “BATHIX” secara filosofi nama “BATHIX” akan lebih mudah diingat karena berkorelasi dengan produk batik, dan produk batiknya  menyasar generasi milenial sehingga pelestarian budaya Indonesia tetap terjaga,” jelas Azis.

Beberapa produk Z&B Store.

Baca juga : Banting Setir Wariskan Budaya Kuliner, Jimmy Otodidak Rintis UKM Pempek

 

Kunci Sukses

Azis bersama dengan tim Z&B Store.

Menurut Aziz, kunci sukses dalam berbisnis adalah sabar dan tekun. Ia menambahkan, bahwa proses tidak akan membohongi hasil, proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik, begitu pula sebaliknya. “Tentu sebuah proses tidak akan berjalan begitu saja tanpa ilmu yang melatarbelakanginya, oleh karenanya sangat penting adanya edukasi bagi sebuah bisnis agar berkembang,” ujarnya.

Keuletan Azis dalam menggeluti bisnis, dan kini membina para UKM dan reseller baru, diakui oleh Ridwan Zuhud, Branch Manager JNE Purwakarta. Menurutnya Z&B Store bukan hanya sebagai mitra JNE, tetapi penggerak dan pembina UKM serta reseller baru di Purwakarta, yang kemudian semuanya mengirimkan paketnya via JNE.

“Z&B store di Purwakarta merupakan leader-nya para UKM dan reseller. Saat mulai membuka usahanya merupakan UKM binaan JNE Purwakarta, dan sekarang sudah menularkan ilmu keberhasilan bisnisnya ke orang lain. Alhamdulillah menjadi berkah bagi JNE Purwakarta, karena semua pengiriman barangnya ditangani oleh JNE Purwakarta,” tandas Ridwan. *

Baca juga : Bisnis Bibit Tanaman Via Online, UKM Ini Raup Untung di Tengah Pandemi

Exit mobile version