6 Tips Dekorasi Kamar Tidur yang Nyaman, Estetik, dan Kekinian

Menata kamar tidur sendiri dengan tampilan estetik adalah impian banyak orang sekarang ini dan memberikan nilai kepuasan tersendiri. Memiliki dekorasi kamar estetik selain bisa membuat betah berada di dalamnya, bisa juga untuk dibagikan ke media sosial.

Sementara itu, kualitas tidur yang baik sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Untuk menciptakan hal tersebut tentunya ada beberapa faktor yang memengaruhi, salah satunya adalah dekorasi kamar. Berada di kamar dengan penataan ruangan yang rapi, bersih, nuansa warna yang teduh pastinya akan mampu membuat pemilik rumah betah di dalamnya.

Kamar adalah tempat privasi yang tidak boleh diganggu oleh penghuni rumah lainnya. Itulah mengapa dekorasi kamar ‘dituntut’ untuk bisa menciptakan suasana yang nyaman. Standar kenyamanan setiap orang pasti berbeda, ada yang cukup dengan kondisi yang rapi dan bersih, minimalis, ada juga yang menginginkan kamar yang estetik juga instagramable.

Kata kunci estetik, kekinian dan Instagramable menjadi paling banyak yang dicari ketika membicarakan dekorasi kamar. Tidak mengherankan, munculnya media sosial, kehadiran influencer yang sering mengulik home decor ditambah budaya Korea yang meroket sejak awal tahun 2000 turut andil menciptakan konsep baru dalam penataan kamar.

Sayangnya, masih banyak yang bingung cara memulai dekorasi kamar yang estetik dan kekinian. Ini adalah hal yang wajar, karena mendekor kamar membutuhkan biaya, tenaga, waktu dan juga keahlian. Sebagai inspirasi, berikut ini tips dekorasi kamar yang bisa diterapkan untuk tampilan yang estetik dan kekinian.

6 Tips Dekorasi Kamar Tidur yang Nyaman, Estetik dan Kekinian

1.    Gunakan palet warna natural dan cerah

Ciri khas dekorasi kamar estetik dan kekinian adalah penggunaan palet warna natural dan cerah. Yang mau mengadopsi gaya minimalis pun sering memakai palet warna ini.

Warna natural didominasi dengan warna earth tone dan pastel. Contohnya pemilihan warna merah bata, cokelat dan putih. Ini akan memunculkan kesan hangat dan bikin bersemangat. Biasanya warna ini digunakan untuk konsep retro, scandinavian. Dipadankan dengan selimut kotak-kotak, bantal beludru dan perabotan berwarna dusty pink, maka kesan pertama kali yang akan muncul adalah vintage.

Menggunakan warna cenderung terang akan membuat kamar nampak lebih lapang dan pencahayaan lebih terang juga. Menerapkan palet warna natural bisa dengan dua cara yaitu:

Misalkan warna dinding menggunakan warna cokelat muda, untuk furniture bisa memakai warna palet. Begitu sebaliknya.

Baca juga: Mau Punya Rumah di BSD? Ketahui 7 Persiapan Sebelum Membeli

2.    Tambahkan dekorasi dinding

Walaupun mengusung gaya minimalis tapi agar tampak lebih estetik, bisa menambahkan dekorasi dinding berupa lukisan, galeri foto dan lain-lain. Ini akan membuat kamar tampak lebih ‘hidup’ dan tidak membosankan.

Pemilihan pigura bisa memakai model yang minimalis agar tidak berlebihan, apalagi jika kamar tidur tidaklah luas. Jika ingin menggunakan beberapa lukisan, bisa disusun menyesuaikan ukuran. Jika tidak ada lukisan, foto-foto yang ada di galeri kamera bisa dicetak dan disusun rapi dengan desain unik.

3.    Elemen kayu

Elemen kayu baik di furniture atau perabotan menjadi pilihan banyak orang untuk dekorasi kamar. Tapi, pemilihan furniture bahan kayu ini sebaiknya yang minimalis tidak terlalu banyak aksen untuk menciptakan kesan nuansa natural yang kental, estetik dan kekinian.

Dalam pemilihan bahan kayu harus jeli kalau tidak furniture atau perabotan akan sering ganti. Untuk yang menginginkan bahan berkualitas ada oak, jati, walnut, mahoni, maple, cherry hingga birch. Bahan tersebut bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Bagaimana dengan warna?

Pilihan tepat untuk warna perabotan atau furniture kayu adalah cokelat muda. Apabila kamar dengan luas terbatas, sebaiknya memilih furniture kayu yang desain ramping serta tidak banyak lengkungannya. Sebagai referensi, bisa melihat konsep dekor ala Korea, Japanese atau Scandinavian untuk penempatan maupun desain kayu baik perabotan atau furniture.

Contoh perabotan kayu estetik untuk dekorasi kamar seperti, nakas, meja rias, meja kerja, meja dinding, lemari, jam dinding kayu dan sebagainya.

4.    Tirai tipis dan cermin besar di dinding

Salah dua dekorasi kamar yang sering digunakan untuk kesan estetik, kekinian dan nyaman adalah penggunaan tirai tipis dan adanya cermin berukuran besar yang bersandar di dinding. Inspirasi dekorasi seperti ini muncul dari interior drama Korea.

Menggunakan tirai putih transparan di kamar membuat cahaya alami yang masuk lebih melimpah dan tentunya ini sangat baik. Ini akan memberikan nuansa hangat dan nyaman di kamar tidur sehingga membuat penghuninya lebih betah. Mau foto-foto ala Pinterest? Dengan cahaya alami di pagi hari akan lebih estetik.

Perabotan lain yang hits sekarang ini dan menjadi incaran home décor lovers adalah cermin berukuran setinggi badan dengan bingkai kayu. Standing mirror ini akan lebih menambah kesan estetik di ruangan kamar dan sangat cocok bagi yang menyukai foto OOTD (outfit of the day).

5.    Pencahayaan adalah kunci

Jika di pagi atau siang hari ada cahaya alami yang masuk dari sela tirai tipis, bagaimana dengan malam hari?

Tempatkan lampu utama di tengah langit-langit kamar. Tapi untuk pencahayaan yang lebih memadai gunakan lebih dari satu lampu. Salah satu cara terbaik adalah dengan menambahkan lampu meja di atas nakas di samping tempat tidur, lampu berdiri di salah satu sudut ruangan atau bisa dengan lampu dinding yang dipasang di atas tempat tidur.

Mau berapa banyak kembali lagi ke pemilik kamar. Yang pasti, tambahkan lampu hias untuk membuat suasana lebih hangat dan dramatis di malam hari.

6.    Rapi dan bersih

Walaupun sudah menempatkan berbagai furniture idaman, perabotan kekinian dan estetik di sudut kamar tapi kalau berantakan ya tidak ada gunanya. Pastikan selalu membersihkan kamar sekali sehari, lap meja maupun jendela, atur posisi furniture juga perabotan sesuai posisi masing-masing. Dan jangan lupa mengorganisir barang-barang kecil yang sering bertebaran di seluruh penjuru ruangan. Belilah wadah penyimpanan tertutup agar kamar lebih bersih dan teratur.

Pakaian kalau sudah kotor tempatkan di wadah khusus pakaian kotor, kabel-kabel yang menghalangi pandangan bisa di rapikan dan hindari meletakkan handuk basah di atas tempat tidur karena nantinya akan lembab serta menimbulkan bau tidak sedap.

Baca juga: Sulap Ruang Tamu Lebih Nyaman dengan Perabotan Asal Swedia

Membuat dekorasi kamar yang nyaman, estetik dan kekinian tidak selamanya membutuhkan modal besar. Gunakan perabotan yang ada di rumah atau didaur ulang untuk menghemat bujet. Kalau pun ingin mengganti banyak furniture bisa dilakukan secara bertahap. Selamat mendekor!

Exit mobile version