Ditolak Pinjam Modal, UMK Garam Asal Klungkung Ini Justru Mendunia

 

Perjalanan sulit yang dialami UMK CV Natural Bali Kulkul, kini berujung manis. Setelah usahanya banyak ditolak oleh Bank ketika akan mengajukan pinjaman, kini justru melesat dengan pessat.

Hal ini tak lain berkat dukungan Pertamina yang membantu UMK di bidang garam milik Ni Putu Ayu Wilasmini tersebut. Berkat program pendanaan, UMK asal Klungkung, Bali, ini kini bisa meningkatkan produksi dua kali lipat, bahkan sampai tembus ke pasar ekspor.

Menurut Ni Putu, UMK garam yang dilakukannya mulai mengalami perkembangan dengan pesat usai bergabun menjadi mitra Pertamina pada 2020 lalu. Kini garam olahan CV Natual Bali Kulkul tersebut sudah terbang ke banyak negara, mulai dari Singapura, Perancis, Thailand, bahkan sampai 10 ton untuk California.

BACA JUGA : UMKM Ini Sukses Populerkan Sulam Usus Hingga ke Kancah Global

Permodalan yang diberikan Pertamina dimanfaatkan Ni Putu untuk membuat rumah kaca tempat produksi garam.

Garam CV Natural Bali Kulkul

Sebelumnya, dengan 1 rumah kaca yang sudah ada, dia mampu memproduksi 2-3 ton garam tiap bulan, dan kini produksinya meningkat 2 kali lipat menjadi 4-6 ton garam/ bulan.

“Dahulu kami berusaha pinjam modal ke bank namun kerap ditolak dan dibilang untuk apa produksi garam pinjam ratusan juta. Akhirnya dapat bantuan dari Pertamina, dan usaha saya berkembang sekarang pihak bank yang kejar menawarkan pinjaman, di sinilah upaya saya dalam menyelamatkan garam rakyat yang terlupakan,” papar Wilas.

Mendapat penjelasan tersebut, Vice President CSR and SMEPP Management Pertamina, Arya Dwi Paramita yang turun langsung kelapangan merasa bangga dengan usaha yang dijalani Wilas. Menurutnya, usaha tersebut dapat menyelamatkan hasil garam rakyat yang banyak tergeser garam impor agar bisa berjaya kembali.

“Beragam jenis garam dengan kualitas yang prima dihasilkan di Natural Bali Kulkul ini. Tujuan Ibu Wilas yaitu membangun pertumbuhan ekonomi masyarakat, tidak hanya perekonomian untuk diri sendiri tapi juga lingkungan sekitarnya. Usaha seperti inilah yang harus senantiasa kita dukung,” tutur Arya.

BACA JUGA : Pemilik UMKM, Begini Lho Cara Daftar BPOM

Arya berharap, usaha Natural Bali Kulkul dapat terus berkembang dan melebarkan sayapnya lebih luas lagi dalam hal ekspor produk. Serta memberi kesempatan kepada warga sekitar, terutama wanita di Bali untuk penyediaan lapangan pekerjaan.

Menurut Arya, melalui Program Pendanaan UMK, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.

Exit mobile version