Dukung Industri Halal, Tokopedia Gelar Festival Produk Muslim

Pemerintah Indonesia saat ini tengah gencar mengembangkan industri produk halal. Mendukung hal tersebut, Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam mengadakan Halal & Goodness Festival hingga 5 Desember 2020 mendatang. Dalam event ini, masyarakat bisa menemukan berbagai kurasi produk halal dan layanan yang baik, mulai dari makanan dan minuman, fesyen muslim, kecantikan hingga berdonasi.

Bicara mengenai produk halal, menurut laporan Global Islamic Economy 2020/2021, Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan perkembangan industri halal paling pesat di dunia. Dengan kata lain, Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai produsen produk halal, baik di skala nasional maupun di kancah globak.

“Halal & Goodness Festival merupakan inisiatif Tokopedia bersama para mitra strategis untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mendorong para pegiat usaha, terutama UMKM lokal, meningkatkan daya saing bisnis mereka di industri halal. Upaya bersama ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia, khususnya di tengah pandemi,” ujar Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda dalam keterangan pers.

Baca Juga: Pemprov Jawa Timur Dukung Pengembangan Kawasan Industri Halal

Inisiatif Tokopedia ini pun mendapat apresiasi dan dukungan dari Kementerian Agama (Kemenag) Menteri Agama RI Fachrul Razi mengatakan bahwa event tersebut dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk halal. “Kami menyambut gembira gagasan Tokopedia Salam dalam membuat kampanye Halal & Goodness Festival, karena hal ini akan meningkatkan minat masyarakat dalam mengembangkan industri halal di Tanah Air,” tuturnya.

Kemudahan untuk menemukan produk berlabel halal dihadirkan oleh Tokopedia lewat kolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai salah satu Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Selama kampanye berlangsung, masyarakat bisa menikmati berbagai penawaran menarik, termasuk diskon hingga 75%. Pada 5 Desember 2020, masyarakat juga bisa menyaksikan webinar #NgulikBerkah secara langsung di Instagram Live (@tokopediasalam) yang akan membahas berbagai topik termasuk keuangan, bisnis dan motivasi.

“Tokopedia Salam merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, hingga pembayaran, untuk masyarakat yang memiliki kebutuhan akan produk dan layanan yang baik. Kami akan terus berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis lainnya demi mendorong perekonomian syariah di Indonesia,” tutup Garri.

Baca Juga: Sulap Hadiah Referral TikTok Jadi Saldo Dana

Selain menemukan berbagai kurasi produk halal, masyarakat juga bisa berbagi kebaikan dengan sesama yang membutuhkan lewat sederet pilihan kampanye donasi di Halal & Goodness Festival.

Seperti diketahui, ide untuk mengembangkan industri halal di Indonesia sendiri muncul karena melihat jumlah pemeluk agama Islam yang besar di Indonesia, yakni 87,17 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Hal ini yang menjadikan Indonesia sebagai negara muslim kedua terbesar di dunia.

Pengembangan Kawasan Industri Halal juga dilakukan sejalan dengan populasi umat Islam di dunia yang semakin meningkat. Akan tetapi, jumlah penduduk muslim yang besar itu tidak sejalan dengan produksi produk halal. Indonesia justru menjadi importer produk halal terbesar di dunia yang nilainya mencapai USD 167,9 miliar.

“Padahal peluang pasar dan investasi sektor halal di Indonesia cukup besar. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki populasi penduduk muslim terbesar di dunia, tingkat konsumsi produk-produk halal di Indonesia setiap tahunnya meningkat. Terlebih banyak UMKM yang potensial menghasilkan produk-produk halal di Indonesia belum terkelola dengan baik,” ujar Pengembang Kawasan Industri Halal di Sidoarjo, Adi Saputra Tedja belum lama ini.

Baca Juga: Tokopedia Jual Mobil Listrik Tesla, Diskon Sampai Rp 50 Juta

Exit mobile version