Dukung UKM, Google Kucurkan Dana Pinjaman 2 Juta Dollar AS

UMKM go online

 

Sebagi bentuk komitmen untuk mendukung kemajuan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia, Google mengumumkan untuk menyalurkan pinjaman sebenar 2 juta Dollar Amerika Serikat.

Tak sampai itu saja, selain pinjaman dana Google juga memberikan beasiswa berupa pelatihan untuk 10.000 orang di Indonesia melalui program Google Career Certificate.

“Google berkomitmen untuk terus mendukung UKM, pencari kerja, dan pelajar Indonesia guna meningkatkan partisipasi mereka dalam ekonomi digital serta mempercepat pemulihan ekonomi,” kata Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia.

BACA JUGA : Agar Lebih Dipercaya Ajukan Pinjaman, UMKM Disarankan Gunakan QRIS

Randy menjelaskan, program sertifikasi profesional dirancang untuk pekerjaan tingkat pemula sebagai analis data (data analyst). Dalam program ini, lanjut Randy, parap sertanya akan diberikan pengetahuan dan diajarkan cara mengumpulkan, mengubah, dan menyusun data untuk memberikan wawasan dan analisis baru kepada bisnis/perusahaan.

Langkah ini pun menjadi salah satu cara Google untuk menekan angka pengangguran di Indonesia, khususnya bagi usia muda yang saat ini secara persentase dalam kisarannya yang lumaya.

“Dengan tingkat pengangguran hampir mencapai 18 persen di antara penduduk Indonesia yang berusia 20 hingga 24 tahun, kami harap dengan memberikan kursus gratis dalam program Google Certificates di bidang Data Analytics, kami dapat membantu ribuan orang Indonesia menemukan pekerjaan yang bergaji cukup tinggi dalam ekonomi digital yang sedang berkembang pesat saat ini,” tambah Randy.

Google akan memberikan setengah beasiswa melalui Kementerian Komunikasi dan Informaitikan guna mendukung Digital Talent Scholarship.

Kepala Badan Litbang SDM, Kementerian Komunikasi dan Infomatika Hary Budiarto mengatakan, pada 2022 Kominfo dengan sangat senang hati menyambut kembali tawaran kerja sama dari Google dalam pelaksanaan DTS yaitu program Profesional Academy – PROA (Android, Cloud dan Google Career Certificates), dan program FGA (Fresh Graduate Academy).

BACA JUGA : Riset dan Kenal Karakter Pelanggan, Jadi Kunci UMKM Sukses

Hary mengatakan, program FGA ibertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional. S

Muria Batik Kudus/ Pertamina

elain itu, para profesional yang ingin menambah skill mereka dan berkesempatan memiliki sertifikasi global serta dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri Google juga menyampaikan informasi terbaru terkait Dana Ketahanan Usaha Kecil yang diluncurkan pada 2020 dengan bermitra bersama Kiva.

Dari total 10 juta dollar Amerika Serikat, modal pinjaman yang dialokasikan untuk memberikan pinjaman bagi usaha kecil di seluruh Indonesia, tahap kedua sebesar 2 juta dollar Amerika Serikat akan disalurkan melalui mitra keuangan mikro – Nusa Ummat Sejahtera (NUS).

 

Exit mobile version