ECF dari EdenFarm Ciptakan Ekosistem Pangan Berkelanjutan

Perusahaan rintisan agritech, EdenFarm meluncurkan Eden Collection Facility (ECF) Caringin, Sabtu (5/3) lalu. ECF hadir sebagai sentra komoditas untuk memaksimalkan rantai pasok dan pendampingan petani.

CEO EdenFarm David Setyadi mengatakan menciptakan ekosistem pangan yang berkelanjutan memiliki tantangan terbesar dalam hal pasokan dari produsen ke konsumen.

Baca juga: Kembangkan UMKM, Pemerintah Kembali Tingkatkan Akses Pembiayaan

“Melalui ECF tim EdenFarm akan memberikan pembinaan kepada petani dengan skema pola tanam yang terstruktur serta edukasi rutin, sebagai upaya pengembangan pertanian berkelanjutan,” jelas David.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi program yang dijalani EdenFarm yang menampung hasil pertanian bukan hanya di Bogor, Garut, dan Sumedang.

“EdenFarm membayar hanya dengan selisih 1 hari dari barang diterima, sehingga sangat membantu petani khususnya di Jawa Barat,” ujar Uu.

Saat ini ECF Caringin merupakan salah satu jalur distribusi untuk pemenuhan demand dari pasar seluruh Jawa. Ke depan EdenFarm akan menambah beberapa ECF di Jawa Barat untuk menjaga kestabilan supply dan demand serta pemberdayaan petani lokal, antara lain di Cianjur, Sumedang, Sukabumi, Garut dan Brebes.

Baca juga: ShopeePay Ajak Masyarakat Berani Eksplorasi Hal Baru di Tengah Keterbatasan

Dalam kesempatan tersebut, EdenFarm menandatangani kerjasama dengan Pemprov Jabar untuk mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian melalui program Petani Milenial.

Kerjasama tersebut menjelaskan komitmen EdenFarm untuk melakukan penyerapan hasil panen pertanian yang dihasilkan oleh Petani Milenial yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat, serta meningkatkan kesejahteraan petani melalui pendampingan dalam proses budidaya dan kepastian pasar terhadap hasil pertanian dari Petani Milenial.

Kolaborasi EdenFarm dengan Petani Milenial telah berjalan sejak April 2021, dan hingga saat ini telah menyerap lebih dari 70.000 kg hasil panen dari mitra Petani Milenial di Garut dan Sukaraja, sementara EdenFarm sendiri mendistribusikan rerata 1000 ton hasil komoditas pertanian per bulannya ke berbagai
segmen customer.

Sebagai bentuk apresiasi bagi para petani binaan, EdenFarm mengeluarkan Kartu Petani EdenFarm yang memiliki berbagai manfaat bagi para petani, antara lain mempermudah akses petani dalam mendapatkan pendanaan untuk budidaya, hingga program loyalitas seperti beasiswa untuk anak petani dan umroh.

Selain itu, petani yang juga dapat mengakses Farmers Apps, aplikasi petani dengan fitur-fitur seperti ensiklopedia pertanian, konsultasi, prediksi harga serta data supply dan demand untuk meningkatkan produktivitas.

Baca juga: UMKM, Dongkrak Penjualanmu dengan Tips SEO Berikut

Kartu Petani EdenFarm diserahkan langsung oleh Wagub Uu kepada perwakilan kelompok tani Petani Milenial yaitu Petani Eptilu (Garut), Tani Makmur Millennial (Sumedang) dan Tani
Mandiri Sejahtera (Bogor).

Exit mobile version